Tempat Wisata

Goa Rangko NTT Review Harga Tiket Masuk, Atraksi, Fasilitas dan Lokasi

Kalaupun kamu belum pernah ke sana secara langsung, kamu pasti sudah sangat familiar dengan nama Labuan Bajo kan? ya memang, Labuan Bajo memang menjadi destinasi wisata yang sangat populer karena keindahannya. Nah, ada lagi di sini, destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Labuan Bajo. Namanya Goa Rangko, yang sering disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di pulau Timor karena keindahannya. Tertarik untuk berkunjung ke sana? ayoPertama, simak informasi lengkapnya tentang Gua Rangko di bawah ini.

Nikmati keindahan stalaktit dan stalagmit yang Instagramable di Gua RangkoNikmati keindahan stalaktit dan stalagmit Goa Rangko yang Instagramable, gambar dari @backpackertapan

Pemandangan Gua Rangko

Tidak semua gua adalah tempat yang gelap dan seram. Salah satunya adalah Goa Rangko. Sebuah tujuan wisata yang populer, Goa Rangko menawarkan keindahan alam dan ketenangan yang luar biasa. Di dalam gua Anda akan menemukan “kolam” indah yang terbuat dari air laut. Perairan biru dan suasana tenang menciptakan rasa tenang dan kegembiraan yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Goa Rangko:

  • Berenang dan menyelam di “kolam” di dalam gua
  • Nikmati keindahan stalaktit dan stalagmitnya Instagramable
  • Berjemur, bermain air, atau berfoto di Pantai Pulau Gusung. Anda juga bisa menikmati makanan dan minuman di sini. Karena di tempat “kolam” gua itu tidak diperbolehkan makan dan minum. Sehingga tidak ada sampah yang mengotori “kolam”.

Berenang di tengah stalaktit dan stalagmit Gua RangkoBerenang di antara stalaktit dan stalagmit Gua Rangko, gambar oleh @backpackertapan

Fasilitas Wisata di Gua Rangko

Goa Rangko cukup terpencil, sehingga tidak banyak wisatawan yang datang. Belum banyak fasilitas yang disediakan pemerintah di sini. Oleh karena itu, jika Anda berniat berlibur ke Goa Rangko, Anda harus berinisiatif menyiapkan perbekalan. Misalnya menyediakan makanan, minuman/air bersih dan obat-obatan untuk menunjang musim liburan.

Gua Rangko sangat terkenal dengan keindahannyaGua Rangko sangat terkenal dengan keindahannya, foto oleh @luluzhuang80

Ingin menikmati pesona Goa Rangko yang sesungguhnya? ayo 12.00 – 14.00, ketika sinar matahari memasuki “kolam” melalui celah-celah di dalam gua. Keheningan dan keindahan telah menyatu menjadi satu kesatuan yang pantas untuk diabadikan.

Lebih tertarik liburan di Goa RangkoLebih tertarik liburan di Goa Rangko, gambar oleh @lukasguntur

Lokasi dan rute menuju Goa Rangko

Secara geografis, Goa Rangko terletak di Desa Rangko, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan menuju Goa Rangko bisa dimulai dari Labuan Bajo hingga Desa Rangko. Setibanya di Desa Rangko, Anda bisa menyewa perahu/boat menuju goa, perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit. Begitu sampai, Anda tinggal menyusuri pantai desa Rangko hingga tiba di tepi goa.

Baca informasi selengkapnya tentang Gua RangkoLihat informasi selengkapnya tentang Gua Rangko, gambar dari @fajarnasution

Biaya masuk

Meski belum ada fasilitas yang memadai, Goa Rangko sudah memiliki tiket masuk. Berikut rinciannya:

  • tiket masuk = Rp 10.000
  • Sewa perahu ke pintu masuk goa = Rp 300.000 (PP)

jam buka

Belum ada jam buka resmi di Goa Rangko. Namun Anda bisa mengunjunginya setiap hari pada waktu yang tepat, yaitu pada siang hari. Kemudian keindahan gua dan “kolam” Goa Rangko diterangi oleh sinar matahari.

Surga tersembunyi di pulau TimorSurga tersembunyi di pulau Timor, gambar oleh @bclsinclair

keamanan dan kenyamanan

Demi keamanan wisata Goa Rangko, setiap wisatawan yang datang harus peka. Meski demikian, Dinas Pariwisata setempat mewajibkan pejabat pariwisata dan pengunjung Goa Rangko untuk tetap menggunakan protokol kesehatan. Ini berarti selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan hati-hati di tempat-tempat turis. Sehingga semua wisatawan dapat menikmati kenyamanan yang sama. Sekarang bagaimana? Apakah Anda lebih tertarik untuk berlibur di Goa Rangko?

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button