Tempat Wisata

Bukit Klangon, Bumi Perkemahan Seru dengan Panorama Gunung Merapi di Sleman

harga tiket: Rp50.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Bukit Klangon berdiri gagah di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut di Sleman. Meski namanya belum terlalu dikenal, pesona tempat ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pemandangan di kaki Gunung Merapi sungguh luar biasa. Selain itu, biaya masuk ke sini cukup murah dan bisa dijangkau oleh berbagai kalangan.

Dibandingkan dengan wisata sejenis di kawasan yang sama, bukit yang satu ini mungkin tidak sepopuler Bukit Indah Glagaharjo. Dalam hal lanskap, bagaimanapun, itu pasti bisa membuat perbedaan. Jika proses promosi dan jam buka kedua bukit itu sama, kemungkinan Bukit Klangon akan mendapat perhatian lebih.

Terlepas dari popularitasnya, bukit ini menjadi referensi liburan, baik di akhir tahun maupun di akhir pekan. Ada banyak aktivitas yang direkomendasikan untuk dilakukan saat menghabiskan waktu di sini. Mulai mendaki tebing, mengagumi keindahan Gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat, atau sekedar bersantai untuk melepas penat.

Atraksi Bukit Klangon

Atraksi Bukit KlangonKredit foto: Rekomendasi Instagram untuk tempat piknik yang menyenangkan

1. Jalur pendakian

Bukit Klangon berjarak sekitar 4 sampai 5 km dari Gunung Merapi, sehingga tidak jarang kawasan ini dijadikan sebagai jalur pendakian pemula. Medannya cukup bersahabat di mana Anda akan menemukan turis dari berbagai usia bahkan anak-anak berjalan di jalan setapak di destinasi yang satu ini.

Selain itu, Anda akan menemukan perpaduan pemandangan eksotis di sepanjang jalan. Berbagai satwa khas Gunung Merapi, seperti burung madu gunung, burung kepodang, kera dan musang, juga kerap melintas. Sebenarnya tidak heran, karena kawasan di sini ternyata sudah dialihfungsikan menjadi hutan konservasi.

Ditemani angin sepoi-sepoi dan suara alam, Anda bisa berpetualang seru saat menjelajah di sini. Jangan lupa siapkan perlengkapan foto terbaik untuk mengabadikan setiap momen dalam bingkai kamera.

2. Pemandangan Gunung Merapi

Mungkin daya tarik utama yang menggelitik rasa penasaran pengunjung adalah Gunung Merapi dengan keberaniannya. Pemandangan gunung aktif ini bisa Anda lihat dari jarak yang sangat dekat, bahkan kurang dari 10km.

Di sini Anda tidak perlu mendaki ke puncak Gunung Merapi untuk mengetahui betapa indahnya, karena Bukit Klangon sudah cukup mewakilinya. Selain itu, pemerintah memberikan sudut pandang yang dapat menunjukkan estetika alam di sekitar perbukitan. Sampai hari ini, titik pandang masih menjadi tempat paling populer di kalangan wisatawan.

3. Udara sejuk relatif dingin

Bagi penduduk kota yang kepanasan setiap hari, wisata alam merupakan peralihan sementara ke rekreasi. Anda akan dimanjakan dengan dinginnya perbukitan, dimana suasana umumnya sangat efektif membangkitkan mood.

Namun, bagi Anda yang memiliki alergi pilek atau yang tingkat ketahanannya relatif rendah, sebaiknya memiliki jaket atau mengenakan pakaian yang berat. Jenis tindakan ini adalah cara mudah untuk melindungi Anda dari efek negatif seperti B. penyakit yang harus dilindungi.

Udara sejuk di bukit ini juga dipengaruhi oleh letaknya yang relatif jauh dari perkotaan. Polusi udara dengan demikian hampir tidak ada, bahkan kebisingan yang terkadang menyebabkan sakit kepala. Jika Anda ingin petualangan yang lebih menyenangkan, cobalah menginap di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit KlangonKredit Foto: Google Maps Edy Bonsai Lover

Bukit Klangon terletak di Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kecamatan Cangkringan, di dekat lereng Gunung Merapi. Jika ingin ke sini, Anda bisa mengambil jalur Kaliurang menuju desa Glagaharjo. Dari Kaliurang, berkendara menuju Kaliadem di pertigaan lalu belok kanan.

Dari sini Anda harus pergi ke The Lost World Castle dan terus berjalan sampai Anda menemukan pertigaan berikutnya. Kemudian gunakan jalur kiri dan lurus ke depan, terus ikuti rambu-rambu jalan, yang akan semakin sering Anda temukan semakin pendek jarak dari tujuan wisata.

Perlu diingat bahwa perjalanan Anda menuju bukit ini akan sedikit terhambat oleh lereng negara yang cukup menantang, bebatuan kecil dan medan yang terjal. Jadi pastikan untuk berhati-hati dan tidak berakselerasi sembarangan, apalagi jika Anda bepergian sendirian.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk ke Bukit KlangonKredit foto: Google Maps mendukung Jogja

Manajemen Bukit Klangon menawarkan berbagai fasilitas dengan harga yang sangat berbeda. Dengan kata lain, jika Anda datang ke sini, sepertinya Anda harus merogoh kocek minimal Rp 50.000. Alasannya bukan hanya tiket masuk, tapi juga harga sewa untuk aktivitas seperti camping. Selain itu, tarif berbeda antara wisatawan domestik dan pengunjung asing.

Untuk wisatawan domestik cukup membayar Rp 5.000 sedangkan wisatawan asing harus merogoh kocek Rp 15.000. Di sisi lain, jika ingin melakukan aktivitas seru seperti camping, semua pengunjung harus membayar Rp 15.000.

Meski persentase pembayaran muncul berkali-kali, harga keseluruhan masih relatif murah, bahkan bagi yang belum bekerja. Belum lagi suasana estetis yang menanti dan siap memanjakan Anda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Klangon

Kegiatan Menarik Klangon HillsSumber foto: Info Instagram Bukit Klangon dan Merapi

1. Berkemah

Setiap wisatawan wajib mencoba aktivitas menarik yang satu ini. Berkemah di Bukit Klangon akan memberikan pengalaman tak terlupakan yang mungkin akan menjadi kenangan terbaik di masa depan.

Perlu diketahui bahwa pengelola membatasi jumlah pengunjung untuk wisata berkemah hanya 100 orang per malam. Itu berarti tidak akan terlalu keras sehingga mengganggu Anda. Singkatnya, berkemah di sini seperti pengalaman eksklusif yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang dalam jangka waktu tertentu.

Jika ingin merasakannya, bisa melakukan reservasi di nomor 081334940725 yang diberikan oleh pengelola. Setelah disetujui, Anda harus mendaftar ulang setibanya di lokasi wisata.

Namun, harap dicatat bahwa angka-angka di atas dapat berubah. Oleh karena itu, cara termudah jika Anda berniat untuk berkemah di Bukit Klangon adalah dengan melakukan survey langsung ke lokasi kemudian bertanya kepada pihak pengelola yang sesuai. Juga, jika Anda berencana untuk berkemah dalam kelompok yang cukup besar.

Ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi oleh para pekemah, antara lain berkemah hanya di wilayah sesuai aturan, dilarang sembarangan mengambil kayu bakar, memarkir kendaraan pada tempatnya dan melihat pintu keluar.

Selain itu, dilarang mengatur gangguan yang berlebihan, seperti B. Peluit, sirine, petasan, dll. Bukan berarti keasyikan anda dibatasi, hanya upaya agar peserta tidak mengganggu ketenangan. Dilarang juga merusak fasilitas umum dan meninggalkan sampah di lokasi perkemahan.

2. Uji keberanian Anda dengan sepeda downhill

Apakah Anda ingin menantang diri sendiri dengan mengendarai sepeda Anda menuruni bukit dan menanjak? Coba fasilitas downhill bike di Bukit Klangon. Di sini Anda akan menemukan medan terjal yang naik turun seperti jalur sepeda. Tidak jarang seseorang harus melintasi bagian yang landai untuk meningkatkan adrenalin secara drastis.

Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda penggemar sepeda. Bahkan, tidak jarang event bersepeda menuju ke pegunungan dengan Jogja sebagai titik awalnya. Jadi ada baiknya untuk selalu mengupdate berbagai informasi wisata lokal agar tidak ketinggalan momen-momen menyenangkan.

3. Menunggu senja

Aktivitas di perbukitan tidak lengkap tanpa panorama matahari terbenam, bermandikan rona jingga di ufuk barat. Carilah spot terbaik, terutama di puncak jika ingin melihat matahari terbenam.

Sambil menunggu, Anda bisa makan sesuatu atau hanya duduk dan menikmati angin sepoi-sepoi. Di lokasi yang tidak terlalu jauh, setiap pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Merapi. Bahkan, alangkah baiknya jika Anda bisa bernyanyi dan bermain gitar, salah satu dari dua aktivitas yang paling tepat untuk menemani penikmat senja.

Hanya saja agar bisa melihat sunset dengan pemandangan yang maksimal, kamu harus pintar-pintar mengatur jadwal kedatangan Bukit Klangon. Jangan sampai mereka datang begitu saja setelah hujan atau di musim hujan. Kunjungi pulau ini saat musim kemarau, saat langit berwarna biru cerah sehingga sinar matahari tidak terhalang awan gelap.

4. Piknik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit KlangonKredit foto: Google Maps Ya Va

Jika Anda tidak rela mengeluarkan uang ekstra untuk berkemah di Bukit Klangon, Anda bisa piknik sebagai alternatif cadangan. Piknik tidak mengharuskan pengunjung untuk bermalam, namun tetap memberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti makan, menata tikar, menyiapkan makanan sederhana, dan sebagainya.

Jadi persiapkan bekal terbaikmu sebelum memasuki kawasan wisata alam yang satu ini. Penyediaan ini dapat berupa makanan siap saji atau bahan baku. Ajak teman, keluarga, atau pasangan terdekat Anda untuk mengobrol bersama. Meski sajiannya cukup sederhana, namun akan lebih nikmat jika disiapkan bersama orang-orang terkasih.

5. Meditasi

Meditasi adalah pilihan terbaik jika Anda tidak ingin berjalan-jalan tetapi ingin berwisata alam. Cari saja lokasi yang relatif sepi dan jarang dilalui pengunjung lain, lalu nikmati kesendirian Anda.

Apalagi ditambah dengan iringan musik klasik atau obat penenang dimana suasana sekitar cukup mendukung. Anda hanya perlu memejamkan mata dan merasakan udara di sekitar Anda. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk menggunakan obat nyamuk agar Anda tetap nyaman saat bermeditasi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit KlangonKredit foto: Google Maps Let’s Dolan Indonesia

Pihak pengelola Bukit Klangon telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung dimana kebutuhan pokok dapat terpenuhi dengan baik. Di sini Anda akan menemukan warung makan yang menyajikan berbagai olahan lokal atau hidangan sederhana.

Jika ingin menghangatkan diri di perbukitan yang dingin, Anda bisa memesan secangkir teh atau kopi dengan mi instan. Juga, jika Anda ingin mandi saat berkemah atau hanya ingin buang air kecil, sudah tersedia kamar mandi yang memadai. Bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir karena destinasi ini dilengkapi dengan mushola.

Di sisi lain, jika Anda ingin beristirahat atau sekedar bersantai, ada sejumlah paviliun yang siap menampung Anda. Belum lagi fasilitas wisata lainnya seperti sepeda downhill, camping ground dan sejenisnya. Pada dasarnya, menginap di bukit kecil di kaki Gunung Merapi ini akan sangat menyenangkan.

Bukit Klangon menawarkan beragam wisata alam dengan sentuhan wisata modern. Dapat menghadirkan aktivitas seru dalam sebuah petualangan. Mulai dari mendaki gunung, camping, menikmati sunset, bersepeda hingga sekedar bersantai. Semuanya bisa Anda coba bersama orang-orang di sekitar Anda dengan harga yang relatif terjangkau.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button