Tempat Wisata

Sindu Kusuma Edupark, destinasi populer untuk taman hiburan keluarga di Jogja

Sindu Kusuma Edupark adalah salah satunya tempat pemulihan perjalanan Pendidikan menyenangkan di Yogyakarta. taman hiburan itu menawarkan berbagai wahana untuk anak-anak dan orang dewasa, seperti kincir ria, zipline, dan Segway.

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: JL Jambon Jl Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Nama Sindu Kusuma Edupark atau disingkat SKE seharusnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Ya, tempat wisata di Yogyakarta ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang puas dengan pendidikan.

Wisata Bandung ini diresmikan pada tahun 2014 dan dibuka untuk pertama kalinya. Objek wisata ini mengusung konsep rekreasi dan edukasi serta menawarkan berbagai wahana yang menarik. Di sini wisatawan akan menemukan bianglala setinggi 50 meter yang menjadi icon tempat wisata ini. Beragam wahana yang ditawarkan di tempat wisata ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

Selain berbagai wahana, dalam cuaca cerah di kawasan wisata ini, wisatawan bisa melihat panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pengelola tempat ini juga telah menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan.

Wahana tersedia di Sindu Kusuma Edupark

Wahana di Sindu Kusuma EduparkKredit foto: Google Maps zidni _nh

Objek wisata SKE ini merupakan destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri khususnya dalam bidang pendidikan. Memang lokasi ini menjadi tujuan para pelajar yang melakukan study tour, karena terdapat berbagai wahana edukasi yang menarik.

1. Cakra Manggilingan

Cakra Manggilingan (kincir rial) merupakan simbol utama dari Sindu Kusuma Edupark. Wahana dengan ketinggian 50 meter ini memiliki 28 kabin dengan kapasitas masing-masing kabin hingga 4 orang dewasa. Jika ke SKE, belum lengkap rasanya jika tidak mencoba wahana yang satu ini.

2. Taman Air Sindu Kusuma

Selain taman bermain, di kawasan wisata ini juga ada Taman air yang namanya Sindu Kusuma Taman air. Taman air Terdiri dari 3 area mengemudi, yaitu: Penggeser besarkolam arus dan kolam renang keluarga. Di daerah Taman air tersedia paviliun atau aula kosong, kue makanancounter gudang dan banyak lainnya.

3. Segway

segway adalah kendaraan mobilitas pribadi unik diimpor dari Amerika Serikat. Wisatawan akan memiliki perasaan yang berbeda saat mereka berkeliling Segway. Namun, sebelum digunakan segway Turis akan pindah pendidikan awalnya oleh tim SKE.

4. Kora Kora

Di tempat wisata ini terdapat kora-kora. Wahana hiburan dengan bentuk menyerupai kapal bajak laut (viking) cukup menantang dan dapat memacu adrenalin wisatawan yang menaikinya. Wahana ini menawarkan sensasi berayun di udara, dengan kemiringan hingga 90 derajat.

Festival Cahaya ke-5

Ada wisata yang menyuguhkan pesona lampu warna-warni yang didatangkan langsung dari Korea Festival Lampu. Festival Lampu merupakan salah satu wahana yang disukai oleh wisatawan yang datang. Malam yang gelap akan terasa lebih cerah dan lebih hidup. Selain itu, ia memiliki bintik-bintik menarik bagi wisatawan.

6. Miniatur Candi Borobudur

Di edupark ini, wisatawan akan menemukan miniatur Candi Borobudur. Dibangun pada abad ke-9, Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia Daftar Warisan Dunia diterbitkan oleh UNESCO. Meski hanya berupa miniatur, namun candi Borobudur di sini cukup menarik perhatian pengunjung.

7. Miniatur Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, di kawasan wisata ini juga terdapat miniatur Candi Prambanan yang tidak kalah menarik. Terkenal dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, candi ini juga bisa sangat menarik sebagai spot foto.

8. Ruang Bencana

Wisata edukasi menarik lainnya di Sindu Kusuma Edupark adalah: ruang bencana. Nama keluarga malapetaka sendiri berasal dari bahasa Inggris dan berarti catastrophe. Di sini wisatawan dapat mempelajari berbagai hal penting terkait bencana, dimulai dari tindakan pertama yang perlu dilakukan jika terjadi bencana alam. Wisatawan juga dididik tentang pertolongan pertama.

Disini kamu juga akan belajar tentang bencana seperti simulasi gempa bumi, simulasi badai, simulasi kebakaran, metode CPR, dan ada juga film bencana alam 3 dimensi.

9. Musik Omah

Bagi sebagian orang, musik sudah menjadi bagian dari kehidupan. Tanpa musik, hidup terasa hampa dan membosankan. Musik juga bisa menjadi cara bagi orang untuk mengekspresikan diri.

Di Omah Music, wisatawan bisa mendengarkan musik tahun 80-an sambil menikmati album-album musik nostalgia karya musisi Indonesia yang jarang ditemui wisatawan di pasar terbuka. Kehadiran musik Omah juga dimaksudkan untuk memuaskan para pecinta barang-barang unik dan langka.

10. Mainan Omah Batik dan Tempo Doeloe

Wahana Menarik Sindu Kusuma EduparkSumber gambar: Google Maps ditto Anggoro

Selain wahana rekreasi, ada juga wahana edukasi yaitu Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe. Di sini, wisatawan dapat belajar tentang berbagai gaya dasi dan bernostalgia dengan mainan kuno.

11. Pengemudi 4D

Untuk meningkatkan perhatian wisatawan, objek wisata ini juga memiliki driver 4D. Wisatawan bisa menonton film 4 dimensi plus efek menarik dengan sensasi seru.

12. 8 dimensi

Selain driver 4D, di sini juga tersedia Cinema 8D yang didukung oleh teknologi dari Korea. Kendaraan ini menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik, sehingga Anda bisa merasa lebih nyata.

13. Rumah Teror

Perjalanan ini menawarkan pengalaman kengerian apa yang membuat stres. Wisatawan naik kereta dan diundang untuk menjelajahi dunia lain. Kondisi gelap, suasana mencekam, suara gaduh dan hantu akan menemani wisatawan di wahana ini.

14. Kursi Mabur

Ada naik kursi Mabur atau kursi terbang yang dapat mengangkat wisatawan hingga ketinggian 4 meter. Wisatawan bisa berayun di udara sambil menikmati pemandangan di sekitar taman hiburan.

15. Gowes Otomatis

Hal menarik lainnya adalah menjelajahi Sindu Kusuma Edupark dengan skuter. Mobil gowes ini berkapasitas 4 orang. Asyiknya aktivitas mengayuh sepeda motor sambil menjelajah setiap sudut SKE bisa dilakukan bersama keluarga, sahabat, saudara bahkan kekasih tercinta.

16. Tempat foto yang bagus Instagramable dan estetika

Tempat wisata ini juga menawarkan banyak bintik-bintik foto ini Instagramable dan estetika yang bisa digunakan untuk selfie.

17. Wahana lain di Sindu Kusuma

Selain wahana yang disebutkan sebelumnya, ada berbagai wahana lain yang bisa dinikmati wisatawan. Wahana lainnya adalah Roti Puter, Kolam Terapi Ikan, Puter Komedi, Tumbur Montor, Kopi Puter dan lain-lain.

Alamat dan rute menuju situs Sindu Kusuma Edupark

Alamat Sindu Kusuma EduparkKredit foto: Google Maps C. Rifkie

Sindu Kusuma terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya Jalan Jambon Km 3 Sinduadi, Mlati, Sleman. Destinasi wisata ini buka mulai Selasa hingga Minggu. Atraksi ini tutup pada hari Senin.

Untuk waktu operasional, area ini mulai beroperasi antara pukul 02:00 hingga 21:00 WIB hari dalam seminggu dan selanjutnya akhir pekan Mulai beroperasi pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. sedangkan, Taman air buka setiap hari Sabtu dan Minggu dan buka dari jam 1 siang sampai jam 5 sore.

Untuk menuju objek wisata Sindu Kusuma Eudopark, wisatawan harus mengambil jalur barat dari Tugu Jogja hingga tiba di perempatan pertama pos polisi.

Selanjutnya, sesampainya di perempatan pertama pos polisi, belok kanan menuju Jalan Magelang. Setelah 3 km belok kiri. Kemudian ikuti petunjuknya hingga tiba di lokasi taman hiburan.

Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Tiket Sindu Kusuma EduparkSumber Gambar: Google Maps Gilang Primada

Biaya masuk untuk wisata ini dibagi menjadi beberapa kategori. Wisatawan dikenakan tarif Rp 20.000 untuk tiket masuk utama. Dengan satu tiket masuk, wisatawan bisa menikmati Omah Batik, Musik Omah, Kolam Terapi Ikan dan Spot Foto.

Memasuki Taman air Wisatawan akan dikenakan biaya Rp 50.000,-. Kategori tiket lainnya adalah Tiket masuk ditambah yang dikenakan tarif Rp 30.000. Dengan tiket ini, wisatawan bisa menikmati Wahana IX. Sedangkan tiket terusan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 60.000 dan tiket terusan dewasa Rp 65.000.

Kegiatan menarik di Sindu Kusuma Edupark

Aktivitas di Sindu Kusuma EduparkKredit foto: Google Maps MJC_GROUP

1. Cobalah berbagai wahana menarik

Wisatawan bisa mencoba berbagai jenis wahana seperti Cakra Manggilingan di edupark ini. Saat wisatawan menaiki Cakra Manggilingan, mereka bisa melihat keseluruhan SKE dan pemandangan Jogja dan sekitarnya.

Selain wahana tersebut, masih banyak lagi wahana seru dan asyik untuk dicoba agar para wisatawan tidak bosan di tempat wisata populer ini.

2. Potret Diri

SKE punya banyak Pekerjaan menarik untuk digunakan untuk berfoto selfie para wisatawan. Ada Pekerjaan Foto dengan gaya minimalis dan antik di SKE. Wisatawan juga bisa berfoto di wahana yang tersedia.

3. Mengunjungi Taman Air Sindu Kusuma

Tak hanya wisata edukasi, di sini juga ada waterpark yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan bisa berenang, melakukan permainan air dan aktivitas menarik lainnya yang berhubungan dengan air. Tentunya bagi wisatawan yang membawa anak-anak dan keluarga, wahana ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk dinikmati.

4. Kunjungi Rider 4D dan Cinema 8D

Wisatawan dapat mengunjungi 4D Rider untuk menonton film dengan efek seru. Pengalaman menonton 4D Rider tentunya jarang ditemukan di manapun. Di sini Anda bisa menikmatinya bersama teman atau keluarga.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Cinema 8D yang menampilkan teknologi dari Korea sehingga dapat memiliki pengalaman menonton yang berbeda dan lebih nyata.

Fasilitas yang tersedia di Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas Sindu Kusuma EduparkKredit foto: Google Maps Johan Subekti

Fasilitas yang tersedia di SKE bisa dibilang cukup lengkap. Sebagai objek wisata edukasi yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai latar belakang, tentunya peran lembaga juga sangat penting.

Fasilitas utama di sini antara lain toilet, pojok makan, waterpark, mushola, gazebo, dan lain sebagainya. Tempat wisata ini memiliki restoran berkonsep industrial dan fun cafe yang menawarkan spot foto terbaik di malam hari.

Food corner dan kafe memang bisa menjadi tempat menarik setelah seharian beraktivitas di tempat wisata ini. Di sini Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang nikmat untuk memuaskan rasa lapar Anda dengan tenang. Harga makanan dan minuman yang disajikan disini cukup terjangkau. Wisatawan tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Selain itu juga terdapat fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, tempat duduk pengunjung, tempat penyimpanan bagasi, dll. Tentunya keberadaan fasilitas tersebut sangat membantu wisatawan yang datang.

Itulah beberapa informasi menarik tentang Wisata Edupark Sindu Kusuma. Jika Anda tinggal di daerah istimewa Yogyakarta, jangan lewatkan kunjungan ke tempat wisata yang menawarkan informasi bermanfaat bagi para pengunjungnya. Tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button