Tempat Wisata

Rich Indonesian Park, taman dengan pentas seni yang luar biasa di Semarang

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Sebuah taman umum di tengah hiruk pikuk kota tentu bisa menjadi pembeda. Baik bagi masyarakat setempat maupun bagi para wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

Hal ini disadari oleh Pemerintah Kota Semarang. Bekerja sama dengan Djarum Foundation, Pemerintah Kota Semarang berhasil menciptakan ruang publik yang indah bagi masyarakat.

Taman Indonesia Kaya merupakan hasil rancangan canggih Pemkot Semarang. Agar setiap orang yang datang berkunjung merasa lebih nyaman.

Daya tarik taman Indonesia yang kaya

Daya tarik taman Indonesia yang kayaKredit foto: Google Maps Indonesia Kaya

Taman ini berhasil menarik minat masyarakat untuk berbondong-bondong berkunjung. Either way, karena tempat ini telah menjadi sangat populer di kalangan masyarakat akhir-akhir ini.

1. Kerajinan panggung yang luar biasa

Fitur utama dari taman ini adalah tersedianya panggung seni budaya. Pertunjukan wayang kulit dan pertunjukan seni tradisional diadakan di panggung ini pada hari-hari tertentu.

Pengunjung dapat menikmati keindahan teatrikal yang ditampilkan oleh para seniman seni. Di panggung seni ini, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan opera khas Eropa.

2. Tingkat karakter boneka yang mulia

Di sekeliling, pengunjung akan melihat patung-patung tokoh wayang berdiri dengan bangga di taman. Pengunjung dapat menemukan beberapa tokoh wayang seperti Petruk, Gareng dan Semar di area taman.

Pada malam hari, patung boneka dihiasi dengan lampu. Membuat pemandangan lebih mudah dilihat.

3. Taman bunga yang indah

Selain patung wayang yang mengelilingi taman, kawasan ini juga terkenal dengan taman bunganya yang indah. Pengunjung dimanjakan dengan bunga-bunga yang bermekaran.

Taman bunga menyambut pengunjung dari pintu masuk hingga depan panggung teater. Nuansa hijau yang dihadirkan tanaman tentu bisa membuat pengunjung lebih rileks.

4. Lukisan dinding yang indah

Daya tarik taman Indonesia yang kayaKredit foto: Google Maps maulana shidiq

Saat pengunjung memasuki bagian Kaya Taman Indonesia, pengunjung akan disambut oleh dinding bergambar. Mural di kawasan ini dirancang untuk melengkapi kekayaan seni agar lebih padat.

Tidak banyak taman yang memiliki mural sebagai bagian dari sebuah situs. Dan taman ini bisa menonjol dari banyak taman lain di negara ini.

5. Air mancur berwarna-warni berkilau

Saat malam tiba, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari air mancur yang memancarkan cahaya. Lampu dipasang di beberapa tempat air mancur, yang membuatnya begitu elegan.

Pengunjung bisa bersantai di samping air mancur sambil menikmati lampu warna-warni. Pengunjung juga bisa bersantai dengan melihat air mancur dari jauh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Indonesia RayaKredit foto: Google Maps Primakarya Timurmas

Karena tidak jauh dari pusat kota Semarang, pengunjung tidak perlu bersusah payah untuk sampai ke Taman Indonesia Kaya. Pengunjung bisa naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Terletak di Jalan Menteri Supeno, taman ini masih terhubung dengan Jalan Kota Semarang di Jawa Tengah. Jika pengunjung datang dengan kendaraan umum, pengunjung dapat memberitahu pengemudi untuk menuju ke Jalan Menteri Supeno nomor 11.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa langsung menuju ke alamat taman ini tanpa khawatir. Lokasinya yang strategis tentu memudahkan pengunjung untuk langsung menuju kesana.

Untuk mengetahui apakah pengunjung sudah pada jalur yang benar atau tidak. Pengunjung dapat melihat mural wall yang merupakan bangunan selamat datang untuk menyambut pengunjung.

Setelah melihat tembok yang dimaksud, pengunjung sudah sampai di taman dengan selamat. Selain itu, pengunjung bisa bertanya kepada warga sekitar tentang lokasi taman ini.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk Greater Indonesia ParkKredit Foto: Google Maps Kayla Zidan Harvie

Untuk menikmati keindahan Taman Indonesia Kaya, pengunjung tidak dipungut biaya apapun. Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung adalah untuk keperluan akomodasi.

Mengingat taman ini masih berada di kawasan perkotaan Semarang, maka biaya akomodasi tidak terlalu tinggi. Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti bus dengan biaya hanya Rp5.000.

Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan jasa ojek online dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000 untuk kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp25.000,00 hanya untuk masuk ke dalam taman.

Ketika pengunjung tidak ingin menghabiskan lebih banyak untuk akomodasi. Pengunjung dapat memilih berjalan kaki dari pusat kota Semarang.

Hal ini dimungkinkan karena letak taman ini tidak jauh dari pusat kota. Dan juga karena taman ini berada di jalan utama yang membuatnya mudah untuk ditemukan.

Aktivitas menarik di Kaya Indonesia Park

Aktivitas di Taman Kaya IndonesiaKredit foto: Google Maps Hadi Lestiyono

1. Nikmati panggung budaya

Di Taman Indonesia Kaya, pengunjung dapat menikmati pentas budaya yang disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang. Pengunjung dapat menonton pertunjukan wayang pada hari-hari tertentu.

Panggung teater di lokasi ini tidak selalu tersedia. Oleh karena itu, pengunjung wajib mencermati jadwal pentas teater agar tidak ketinggalan momen seru tersebut.

Seni pertunjukan biasanya menampilkan tokoh pewayangan dari daerah Jawa. Dan terkadang menampilkan kesenian tradisional seperti tari, jarang kepang, dan juga Reog Ponorogo.

2. Nikmati lampu taman

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari segala aktivitas sehari-hari, tempat ini cocok untuk pengunjung. Karena taman ini buka 24 jam sehari, 24 jam sehari.

Selain itu, lampu taman yang mengelilingi taman ini terlihat begitu indah dari sore hingga malam hari. Pengunjung dapat mengagumi lampu redup dan kerlap-kerlip di sekitar area tersebut.

Pengunjung juga bisa bersantai sejenak sambil menikmati secangkir kopi atau jajanan yang dibawa pengunjung. Pastikan sampah pengunjung dibuang pada tempatnya.

3. Nikmati air mancurnya

Lampu-lampu di antara air mancur yang mengalir bebas pasti akan membuat siapa pun terpana. Pengunjung bisa menikmati cahaya air mancur di malam hari.

Taman Indonesia Kaya juga terkenal dengan air mancur warna-warni yang menghiasi beberapa sudut taman. Pengunjung tidak akan menyesal melihat kerlap-kerlip lampu di air mancur.

Pengunjung juga bisa bersantai di sekitar air mancur. Karena di area sekitar air mancur terdapat beberapa tempat duduk dan tempat untuk pengunjung.

4. Ambil foto Ria

Aktivitas lain yang dapat dilakukan pengunjung di Taman Indonesia Kaya adalah fotografi. Ada banyak spot foto estetis yang tersedia di taman cantik ini.

Pengunjung bisa berfoto bersama orang tersayang di bawah tembok murah. Pengunjung juga bisa berfoto di depan air mancur yang bercahaya.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di sekitar panggung teater. Karena area di sekitar panggung dikenal sebagai spot foto yang indah.

5. Beli makanan ringan

Aktivitas menarik di Kaya Indonesia ParkKredit foto: Google Maps qwekkweq

Karena berada di tengah kota Semarang, yang membuat area sekitar taman penuh dengan pedagang kaki lima. Bagi pengunjung yang ingin menikmati cita rasa makanan lokal, inilah tempatnya.

Karena taman ini buka 24/7 dan banyak pedagang kaki lima yang berkeliaran di sekitar taman. Tujuannya tak lain untuk menjajakan dagangannya.

Di sini pengunjung bisa menikmati cita rasa lokal dan jajanan khas kota Semarang. Harga yang ditawarkan pedagang sama dengan harga sembako lain di kawasan yang sama.

6. Bersepeda di taman

Di kawasan Taman Indonesia Kaya, banyak warga yang menawarkan jasa sewa sepeda. Pengunjung dapat menyewa sepeda dari penduduk setempat dengan tarif per penggunaan atau per jam.

Pengunjung bisa menikmati keindahan taman sekaligus kota Semarang dengan bersepeda. Pengunjung juga dapat menikmati lampu-lampu kota yang menerangi area sekitarnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa sekaligus bersepeda. Fasilitas ini tentu tidak banyak ditemukan di taman dan ini bisa menjadi pembeda dari taman ini.

7. Berlari

Selain bersepeda, pengunjung juga bisa berlatih lari di area sekitar taman. Pengunjung hanya perlu membawa perlengkapan pribadi untuk berlatih di sini.

Ada beberapa fasilitas yang diberikan kepada pengunjung oleh Pemerintah Kota Semarang. Salah satunya adalah lintasan lari yang bisa diikuti pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di area parkir

Fasilitas di Kawasan Taman Indonesia RayaKredit foto: Google Maps maulana shidiq

Taman ini memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan pengunjung ketika datang ke sini. Di antaranya tersedianya tempat ibadah, toilet umum dan juga beberapa tempat untuk berfoto.

Pengunjung juga dimanjakan dengan kebersihan di taman ini. Pasalnya, Pemkot Semarang terus menjaga agar kondisi di sekitar taman tetap asri dan enak dipandang.

Fasilitas lain di taman ini adalah tempat sampah umum, kursi untuk menonton pertunjukan teater, dan lampu taman. Tentu akan sangat disayangkan jika pengunjung tidak memasukkan taman ini sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi.

Ini adalah rangkuman dari beberapa keindahan, fasilitas, wahana dan juga lingkungan sekitar Taman Indonesia Kaya. Sebagai tempat wisata murah yang buka 24/7, pengunjung bisa memanfaatkan taman ini untuk sekedar bersantai atau bersantai bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button