Tempat Wisata

Pantai Lakeba, pesona pantai yang asri dan asri sedang dibangun

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Katobenke, Kec. Betoambari, Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Pantai Lakeba merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Destinasi ini menjadi tuan rumah berbagai tempat menarik yang memiliki keunikan tersendiri. Keberadaan jembatan besi di tengah air laut menghiasi wisata tersebut, yang dilengkapi dengan bangunan menyerupai paviliun kecil. Orang-orang yang datang akan tercengang ketika melihatnya.

Aktivitas nelayan mencari ikan menjadikan pantai sebagai tempat berlabuh. Pemandangan perahu-perahu kecil ditampilkan saat Anda berada di area tersebut. Adanya dermaga kayu yang dibangun pengelola juga menambah estetika Lakeba. Bangunan tersebut seolah menyampaikan pesan bahwa pengunjung lebih dekat dengan laut sehingga bisa merasakan nuansanya.

Pantai Lakeba dikatakan sebagai tempat liburan akhir pekan bagi warga kota yang membangun-bangun yang berduyun-duyun di pagi hari. Namun seiring berjalannya waktu, tempat rekreasi ini mulai banyak dikenal orang luar karena hawanya yang sejuk dengan nuansa alam. Sasaran dilindungi dan lingkungan tetap terjaga kebersihannya untuk mempertahankan keberadaannya.

Atraksi yang dimiliki Pantai Lakeba

Atraksi Pantai LakebaKredit foto: Instagram like_button

1. Apakah Anda memiliki dermaga?

Akan ada dermaga tepat di pantai, dibangun seperti paviliun. Namun, pengunjung harus menyeberangi jembatan terlebih dahulu untuk masuk ke kawasan tersebut. Dermaga ini dibangun tepat di tengahnya yang menjorok ke laut. Uniknya adalah tiang penyangga yang terbuat dari kayu yang sangat kuat yang menancap di bawah laut.

Menurut laporan, gedung tersebut dibangun agar para tamu yang sedang berlibur bisa melihat kejernihan air laut dari dekat. Apalagi di sore menjelang malam hari, banyak yang menjadikannya tempat untuk melihat indahnya matahari terbenam. Jembatan ini juga akan terlihat ramai dengan banyak orang yang lewat.

2. Dikelilingi pohon kelapa

Udara yang sejuk dan sejuk di sekitar obyek wisata Pantai Lakeba disebabkan oleh banyaknya pohon kelapa. Penghijauan ini dilakukan oleh pengelola setempat untuk melengkapi keindahan situs dan untuk mencegah erosi air laut di pantai. Wisatawan akan merasa tenang duduk di bawah pohon kelapa dengan angin sepoi-sepoi.

Terkadang warga sekitar mengambil kelapa muda dari pohon ini untuk dijual di daerah tersebut. Namun, ekstraksi tidak dilakukan dalam jumlah besar untuk memastikan keberlanjutan. Pada siang hari, pengunjung Lakeba tidak akan merasakan panas karena hijaunya pepohonan. Manajer akan menyebarkan tanaman lain di dekatnya.

3. Air laut pirus

Keberadaan Pantai Lakeba yang terjaga kebersihannya memastikan pantai ini memiliki air yang sangat jernih. Ombaknya juga hanya ombak kecil, tidak begitu ganas. Saat difoto melalui kamera Anda akan melihat warna awan putih, langit biru dan air laut berwarna biru kehijauan yang sangat kontras dan sesuai. Ada juga beberapa batu karang yang tersusun di sudut pantai.

Tak hanya itu, wisata ini dikenal memiliki pasir putih yang begitu halus saat digelar. Banyak wisatawan yang bermain-main tidak menggunakan sepatu untuk menikmatinya. Pantainya juga cukup luas, tak heran pengunjung ingin mengelilinginya. Pengunjung dapat menghabiskan waktu di berbagai tempat wisata yang menenangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai LakebaSumber Gambar: Facebook Anwar Lolibu

Lokasi Pantai Lakeba berada tepat di Katobengke, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Jika pengunjung datang dari Kendari, pemberhentiannya di Pulau Muna, kemudian naik feri ke Pulau Buton. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 13 jam untuk sampai ke Bau-Bau dan langsung ke Lakeba.

Bandara di dekat pantai ini adalah Betomari Bau yang biasanya tersedia untuk persewaan travel ke daerah Kendari. Pengunjung juga bisa membawa kendaraan pribadi, baik sepeda maupun mobil. Liburan di wisata ini memang akan menyenangkan karena Anda harus menyeberangi lautan terlebih dahulu sebelum mencapai kawasan tersebut.

Perjalanan panjang tidak menghalangi wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan wisatawan dari luar negeri pun tampak silih berganti mengenal Lakeba. Selama di atas kapal feri Anda akan melihat keindahan laut dan Anda akan bisa beristirahat di dalamnya. Pengalaman seru ini akan menjadi kenangan saat Anda kembali ke kampung halaman.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk ke Pantai LakebaKredit foto: Google Maps Restoe Ramli

Destinasi Pantai Lakeba bisa dinikmati wisatawan dengan harga terjangkau. Pada hari kerja, pengunjung tidak dikenakan harga tiket atau bisa dibilang gratis. Pada hari libur nasional seperti Sabtu dan Minggu, Coast Guard hanya mengenakan biaya Rp 2.000 per orang. Oleh karena itu, wisata ini cocok sebagai rekomendasi untuk liburan bersama keluarga.

Sebelum memasuki kawasan, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan tiket. Khusus untuk sepeda, Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan biaya ini Anda dapat melihat begitu banyak keindahan dalam tur.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Lakeba

Aktivitas di Pantai LakebaKredit Foto: Google Maps Wakanda Forever

1. Parasailing

Salah satu aktivitas yang menarik di Pantai Lakeba adalah parasailing. Satu sampai dua orang yang naik akan dipasangi rompi dan dipasangkan pada pengait parasut. Kemudian speedboat menarik peserta dengan gerakan melawan angin agar parasut bisa terbang. Cuaca cerah dan angin kencang mendukung kegiatan ini.

2. Sekitar pantai

Panorama alam yang sering dijumpai di sekitar kawasan wisata membuat banyak wisatawan ingin mengelilinginya. Anda akan takjub melihat setiap sudutnya. Bersantai dengan berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai di siang atau malam hari ditemani pasir putih di sepanjang jalan.

3. Main jet ski

Bagi semua orang yang menyukai olahraga air, akan merasa senang jika bertemu dengan jet ski. Kendaraan ini hanya berkapasitas 2 orang dan akan dipasangi jaket pelampung oleh petugas sebelum boarding. Angin sepoi-sepoi yang sejuk dan air laut yang jernih akan menemani Anda saat bermain jet ski. Ajak keluarga atau kerabat Anda untuk membuat kegiatan ini semakin seru.

4. Mengunjungi restoran

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai LakebaKredit foto: Instagram Fay

Tempat duduk yang tertata rapi di tepi Pantai Lakeba sangat cocok untuk menikmati makanan khas bau bau. Masakan yang terkenal enak dan memiliki ciri khas tersendiri yaitu ikan bakar dan ayam nasu walio. Ada juga minuman seperti es krim pisang hijau dan es krim kelapa muda untuk melepas dahaga sambil melihat keindahan di sekitar wisata.

5. Memancing

Perahu-perahu nelayan yang berjejer di sepanjang tepi pantai yang indah ini menandakan bahwa wisata ini sangat cocok untuk memancing. Biasanya, saat ombak sedang tenang, wisatawan bisa mengunjungi spot-spot pemancingan ditemani warga sekitar. Ada juga perahu-perahu kecil yang disewakan khusus dengan harga murah untuk memudahkan pengunjung menikmati aktivitas ini.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Akomodasi di dekat Pantai LakebaSumber gambar: Facebook Rizalafi Rizalafi

1. Vila Tombol Nirvana

Yang unik dari villa ini adalah sedang dibangun tepat di pinggir laut. Anda dapat menikmati fasilitas yang tersedia, mulai dari tempat tidur dengan AC, kulkas, dan kamar mandi pribadi. Area outdoor juga dikelilingi oleh pohon kelapa dan tanaman berbunga. Desain bangunannya juga terlihat klasik berwarna cokelat.

2. Sunset Resort Hotel Bau

Sunset Resort Inn hanya berjarak 50 meter dari Pantai Lakeba. Di dalamnya terdapat berbagai macam kamar dengan harga yang berbeda-beda mulai dari Rp 270.000. Tempat yang nyaman sangat cocok untuk tempat tinggal keluarga. Ada juga restoran yang menyajikan makanan khas lokal.

3. Hotel Pantai Calista

Hotel ini menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi karena letaknya yang dekat dengan pantai. Ada kolam renang, tempat parkir, dan WiFi gratis untuk digunakan pengunjung. Penginapan ini memiliki 3 lantai, namun tidak ada lift dan hanya ada tangga biasa. Lokasinya juga sangat strategis, di pusat kota dan tepat di pinggir pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai LakebaKredit Foto: Google Maps Muh Kenzie Sultan

Kawasan Pantai Lakeba dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh wisatawan. Ada berbagai fasilitas yang gratis dan berbayar, namun harganya sangat ramah kantong. Salah satunya adalah WC umum, yang dipungut petugas 2.000 rupee. Pengunjung diharapkan menjaga kebersihan sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi.

Ada juga banyak area tempat duduk atau gazebo kayu untuk bersantai dan menikmati suasana pantai. Tempat sampah juga banyak terdapat di sudut-sudut lokasi sehingga masyarakat yang datang tidak meninggalkan sampah terutama plastik. Namun, mushola dan tempat ibadah lainnya belum tersedia karena lokasi pantai yang terpencil.

Di dekat toko kelontong Anda akan menemukan taman bermain anak-anak seperti ayunan dan perosotan. Wahana ini dapat digunakan secara gratis bergantian dengan pengunjung lain. Parkir untuk kendaraan tamu tersedia 100 m dari gerbang utama.

Demikian gambaran lengkap tentang destinasi wisata bahari di Pantai Lakeba. Anda dapat membuat daftar tempat untuk dikunjungi ketika Anda pergi ke Bau-Bau. Yang terpenting jangan sampai merusak lingkungan sekitar, sehingga Lakeba menjadi salah satu tempat liburan yang paling nyaman untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button