Tempat Wisata

Alun-Alun Kota Malang, tempat resor populer untuk liburan keluarga

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat yang sering ditemui masyarakat, baik pada saat musim liburan maupun setiap hari dalam seminggu. Ini adalah tempat wisata yang sangat sibuk karena Anda dapat dengan mudah menemukan warung makan, pedagang kaki lima, kendaraan, masjid, dan pasar. Karena alun-alun adalah kota utama kota Malang.

Orang-orang akan datang ke alun-alun pada hari Minggu di mana banyak orang berjalan-jalan dan mengambil foto. Uniknya, alun-alun ini dibangun oleh pemerintah setempat dengan desain yang menarik layaknya taman anak-anak. Begitu banyak orang yang menyempatkan diri untuk datang ke sana berlibur. Berwisata kuliner juga menyenangkan.

Di tempat ini Anda bisa menghilangkan segala rasa penat dan jenuh dari aktivitas sehari-hari. Tempat-tempat wisata terlihat lebih indah jika Anda mengunjunginya pada malam hari. Anda bisa naik bianglala atau mengagumi keindahan air mancur di sana. Lampu-lampu di taman alun-alun menambah keindahan suasana kota di malam hari.

Tempat Wisata Alun-Alun Kota Malang

Tengara Alun-Alun Kota MalangSumber gambar: Google Maps Datuk Ismail

1. Bianglala untuk melihat kota Malang

Malang Square memiliki konsep pengembangan yang berbeda dari biasanya. Tempat ini memiliki kincir ria yang bisa dikendarai oleh semua pengunjung. Saat roda mulai naik, Anda bisa melihat seluruh area Kota Malang dari atas. Keindahan kota semakin sempurna saat Anda menaiki kincir angin di malam hari.

2. Bangunan berbentuk apel dan stroberi

Perlu diketahui bahwa kota Malang sangat terkenal dengan buah apelnya sehingga menjadi ikon daerah tersebut. Sebuah bangunan unik berbentuk apel dan stroberi berdiri di atas alun-alun. Kedua bangunan ini memiliki fungsi yang berbeda, dengan citra apel sebagai kamar mandi sedangkan stroberi sebagai pusat informasi Kota Malang.

3. Ada tempat ibadah bersejarah

Daya Tarik Alun-Alun Kota MalangKredit foto: Google Maps Rini Juariah

Tidak hanya di area inti alun-alun, wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk melihat beberapa bangunan bersejarah. Kota Malang memiliki banyak peninggalan sejarah termasuk tempat ibadahnya. Anda bisa berdoa, berfoto dan mendapatkan informasi sejarah di Masjid Raya Malang yang sudah dibangun sejak abad ke-18.

Selain tempat ibadah umat Islam, ada dua gereja di sekitar alun-alun yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun. Kedua tempat ibadah tersebut bernama Gereja Kayutangan dan GPIB Immanuel. Sama halnya dengan Masjid Agung Malang, kedua gereja ini bisa memiliki fungsi ganda, yakni sebagai tempat ibadah dan studi sejarah pada masa kolonial.

4. Bangunan estetis

Alun-Alun Kota Malang memiliki beberapa bangunan estetis yang menjadi alasan wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. Ada Monumen Chairil Anwar yang biasa digunakan wisatawan sebagai tempat berfoto yang populer. Bahkan, beberapa pengunjung akan berfoto di depan Bank Indonesia yang terlihat estetis dan keren.

Kemudian para wisatawan mengunjungi Toko Oen yang sudah ada sejak tahun 1922. Selain memiliki sejarah, toko ini sangat unik dengan oleh-oleh yang sangat enak dan populer di kalangan wisatawan. Sebagian besar wisatawan tertarik untuk mencoba makanan di toko karena toko ini menampilkan makanan ringan lokal yang dipadukan dengan kue barat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Alun-alun Kota MalangSumber gambar: Google Maps Yopie Janitra

Alun-Alun Kota Malang terletak di Jalan Merdeka Selatan di desa Kidul Dalem. Wilayah tersebut merupakan bagian dari Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Karena alun-alun ini berada di pusat kota, pengunjung hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk sampai ke tempat wisata ini.

Bagi Anda yang datang dari luar daerah, Anda bisa naik kereta api ke Stasiun Malang Kotabaru atau bus ke halte Terminal Arjosari. Selain itu, Kota Malang memiliki Bandara Abdul Rachman Saleh yang memudahkan wisatawan asing untuk berkunjung.

Dari Terminal Arjosari, Anda bisa naik angkot biru yang melintasi Jalan Teluk Pacitan, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, dan Jalan Cokroaminoto. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Suropati yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Malang.

Anda berkendara sekitar setengah jam dari terminal ke alun-alun. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau taksi online untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan cepat.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Alun-Alun Kota MalangKredit foto: Google Maps Kholis X

Anda dapat mengunjungi Alun-Alun Kota Malang dengan harga yang sangat murah karena tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Anda dapat bermain sepuasnya 24 jam sehari di kursus ini. Hal ini tentunya menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Anda dapat mengambil foto atau berjalan-jalan tanpa membayar sepeser pun.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya akomodasi, makan dan transportasi. Meski gratis, wisatawan harus membayar 15.000 rupiah jika ingin menaiki bianglala di alun-alun. Hanya dengan harga standar kamu sudah bisa melihat pesona kota Malang di malam hari.

Kegiatan menarik di alun-alun

Aktivitas di Alun-Alun Kota MalangKredit foto: Instagram oleh Indra Iswanto

1. Ambil foto

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Alun-Alun Kota Malang adalah berfoto di sekitarnya. Anda dapat mengambil foto di beberapa tempat terbaik mis. B. di tengah taman atau di depan bangunan bersejarah. Foto yang dihasilkan terlihat cantik dan estetis, sehingga bisa Anda bagikan di media sosial.

Namun, ada dua tempat menarik yang sering dijadikan spot foto, yaitu air mancur dan taman. Sebaiknya Anda mengambil foto di sekitar air mancur di malam hari, yang terlihat lebih indah. Ini karena air mancurnya diterangi lampu warna-warni saat larut malam.

Selain itu, berfoto di taman bersama burung merpati akan terlihat menakjubkan, bahkan seolah-olah Anda sedang berlibur ke luar negeri. Para wisatawan akan mencoba mengejar banyak merpati sambil melakukan pemotretan keren. Namun, usahakan untuk tidak mengganggu merpati agar populasinya tetap berjalan.

2. Jalan-jalan dan naik bianglala

Selain berfoto, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri taman dengan pepohonan hijaunya yang asri. Kebersihan tempat wisata yang indah ini membuat nyaman pengunjung untuk berlibur ke sana. Tanaman bunga yang tertata rapi juga mempercantik kondisi taman yang banyak digunakan untuk fotografi.

Setelah berkeliling, Anda bisa naik bianglala di sore atau malam hari. Naik kincir sembari merenungkan taman yang penuh lampu dan keindahan kota Malang lainnya membuat liburan menjadi sangat menyenangkan. Bahkan, Anda bisa menikmati kenyamanan liburan ini secara gratis.

3. Makan snack di bangku taman dan di paviliun mini

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Alun-Alun Kota MalangKredit foto: Google Maps Ricky Ritonga

Anda bisa membeli jajanan dan duduk di bangku taman di Alun-Alun Kota Malang. Akan terasa lebih seru saat Anda duduk bersama teman atau keluarga yang akan berlibur bersama. Anda bisa duduk di bangku taman dan merenungkan keindahan payung yang dipasang di antara pepohonan.

Payung bersinar di siang hari karena pantulan matahari. Faktanya, payung jauh lebih cantik saat bersinar dalam cahaya di malam hari. Selain itu, Anda juga bisa bersantai sambil duduk rata di gazebo mini. Tempat ini sangat cocok untuk makan malam keluarga saat liburan.

4. Mainkan slide

Merencanakan liburan ke alun-alun ini akan menyenangkan jika Anda membawa serta anak-anak. Ada taman bermain atau taman bermain khusus anak-anak dengan beberapa perosotan. Anak-anak pasti akan senang jika Anda mengajaknya bermain.

Taman bermain telah menjadi tempat yang populer bagi anak-anak yang tinggal di sekitar alun-alun. Anak-anak juga dapat menikmati seluncuran secara gratis tanpa batasan biaya atau waktu. Hanya dengan mengunjungi tempat tersebut, Anda dan keluarga dapat menikmati liburan yang memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di area taman kota

Fasilitas di area Alun-Alun Kota MalangKredit foto: Google Maps Unero

Malang City Square memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, mushola dan toilet. Anda dapat berdoa dan menjaga ketenangan kendaraan Anda saat berada di alun-alun. Di sekitar alun-alun juga terdapat beberapa restoran yang menawarkan berbagai menu lezat khas kota Malang. Anda juga bisa berwisata kuliner saat berkunjung.

Fasilitas lainnya adalah taman bermain, yang merupakan tempat utama untuk bermain. Anak-anak akan betah berada di alun-alun ini selama liburan mereka, di mana mereka dapat berfoto, bermain dengan merpati dan bersenang-senang di taman bermain. Bahkan, Anda bisa bermain di alun-alun hingga sore hari untuk naik bianglala bersama anak-anak.

Selain itu, pemerintah setempat memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung dengan sistem WiFi gratis. Tentu saja, ini berarti alun-alun ini banyak dikunjungi oleh anak muda yang ingin pergi berlibur, berfoto selfie dan langsung membagikannya di internet. Fasilitas ini paling diminati di antara semua wisatawan yang berlibur.

Itulah beberapa informasi dari Alun-Alun Kota Malang dengan berbagai aktivitas menarik di dalamnya. Tempat ini harus menjadi tempat pertama yang Anda kunjungi ketika berlibur di Kota Malang. Taman ini memiliki pemandangan yang bagus, bersih dan mudah dijangkau. Siapapun yang mengunjungi tempat ini akan merasa nyaman dan ingin menikmatinya selama berhari-hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button