Berita Wisata

7 rekomendasi wisata Boyolali, mulai dari waduk, pura hingga air terjun

Suara.com – Boyolali, salah satu kabupaten di Jawa Tengah, ternyata juga memiliki berbagai destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan Semarang atau Yogyakarta. Butuh rekomendasi wisata Boyolali?

Tidak hanya wisata alam, di sini Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah. Penasaran apa saja yang ada di Boyolali?

Rekomendasi Tempat Wisata di Boyolali

Bukit Gancik

Baca juga: Perjalanan ke Java Tempo Doeloe di Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Melihat keindahan alam dari ketinggian memang tidak pernah mengecewakan. Jika ingin merasakannya di Boyolali, kunjungi Bukit Gancik.

Di tempat ini, Anda bisa melihat hamparan persawahan, perbukitan, hingga Gunung Merapi. Jika Anda cukup beruntung datang pada sore hari, Anda juga bisa menikmati sunset yang sangat indah. Udara sejuk dan dingin juga bisa kamu rasakan di sini.

ngarai coklat

Rekomendasi tempat wisata di Boyolali selanjutnya adalah Brown Canyon. Meski terbentuk akibat galian tambang tua yang tidak disengaja, tempat ini kini menjadi salah satu spot foto Instagrammable bagi warga sekitar.

Deretan bukit dan pepohonan hijau menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi di sini Anda bisa masuk tanpa membayar sepeser pun.

Baca juga: 4 Wisata Instagrammable di Jogja, Ada Pantai hingga Lokasi Syuting

Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Tidak hanya Bogor, Boyolali juga memiliki kebun raya yang tak kalah indahnya. Terletak di distrik Mojosongo, tempat ini tidak pernah sepi, apalagi saat musim liburan.

Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan, tetapi Anda juga bisa berfoto dengan tempat-tempat legendaris seperti air terjun mini Niagara, sangkar burung dan masih banyak lagi.

Candi Lawang

Tak hanya wisata alam, Boyolali juga menyimpan cerita sejarah di beberapa tempat. Salah satu tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi di sini adalah Candi Lawang. Candi bergaya Hindu ini sudah ada sejak abad ke-9.

Uniknya, di sini tidak terdapat arca atau relief seperti candi kebanyakan. Namun, ada batu dengan ornamen dan beberapa batu berserakan yang belum tertata.

Waduk Kedung Ombo

Tempat selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Boyolali adalah Waduk Kedung Ombo.

Selain menikmati tenangnya air waduk dan semilir angin yang menyejukkan, Anda bisa bermalam di bumi perkemahan atau memancing di area yang telah disediakan.

Air Terjun Kedung Kayang

Meski perjalanan untuk mencapai Air Terjun Kedung Kayang tidak mudah, namun pemandangan di sana akan membayar semua rasa lelah Anda.

Namun, tenang. Jika Anda tidak bisa berjalan jauh, di sini disediakan titik pandang untuk melihat keindahan air terjun ini. Tidak hanya itu, melalui pos pengamatan Anda juga bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu.

Lembah Gunung Madu

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya adalah Lembah Gunung Madu. Anda dapat melihat pemandangan lembah yang menenangkan.

Selain itu, ada juga gua-gua indah yang siap untuk dijelajahi. Jangan lupa untuk berfoto-foto Instagramable di sini, ya!

Kontributor: Hillary Sekar Pawestri

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button