Tempat Wisata

Pantai Wedi Ireng, Pesona Pantai Indah dan Bersih di Banyuwangi

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumragung, Kec. Pesanggaran, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Memang Pantai Wedi Ireng tidak populer dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya seperti Pantai Pulau Merah atau Pantai Teluk Hijau yang mengapit pantai di Banyuwangi ini. Meski begitu, keindahan pantai dengan garis pantainya yang panjang tak kalah mempesona. Pantai ini memiliki dua garis samping namun dipisahkan oleh bebatuan di tengah pantai.

Ombak di pantai ini juga relatif tenang. Laut biru yang bersih berpadu dengan terumbu karang yang bisa dilihat langsung dari perairan dangkal. Di sekitar pantai ini berupa perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Sementara itu, pepohonan rindang di sekitarnya menjadikan tempat ini sebagai tempat yang rindang dan nyaman untuk bersantai.

Pantai ini dikelola oleh Pokmas Wisata Wedi Ireng. Dalam pengelolaan ini, fasilitas yang ada juga semakin diperhatikan guna meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Dimana sebelumnya pengunjung hanya bisa menikmati keindahan pantai, kini pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut.

Atraksi Pantai Wedi Ireng

Atraksi Pantai Wedi IrengKredit foto: Google Maps Bayu Catur Ultimate

Meski Pantai Wedi Ireng tidak terlalu populer, pesona yang ditawarkannya terlalu sayang untuk dilewatkan. Selain keunikannya, pantai ini juga memiliki daya tarik yang menjadikannya salah satu destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi. Berikut beberapa daya tarik pantai ini.

1. Pantai Unik

Pantai ini unik karena namanya yang berarti Pasir Hitam, namun sepintas pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecoklatan. Unsur pasir di pantai ini memang cukup unik dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Karena pasir di dalamnya berwarna hitam, sesuai dengan namanya. Pengunjung bisa melihatnya saat melakukan pengerukan pasir di sekitar pantai.

2. Pemandangan yang bagus

Pemandangan alam di sekitar Pantai Wedi Ireng sangat indah dan memanjakan mata. Hamparan pasir putih kecoklatan berpadu dengan birunya air laut membuatnya terlihat eksotis. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat area ini lebih segar sementara beberapa bagian lainnya terbuat dari bebatuan karang.

3. Tidak banyak pengunjung

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Wedi IrengKredit foto: Google Maps Dapur Dea Ogato

Pantai ini cukup sulit dijangkau, sehingga tidak sering dikunjungi banyak orang dan cukup sepi. Absennya banyak pengunjung, yang menjadi salah satu daya tarik utama. Liburan di pantai ini akan terasa seperti berada di pantai pribadi. Sangat cocok jika Anda ingin menenangkan diri sambil menikmati alam yang indah dan mendengarkan deburan ombak.

4. Termasuk pantai yang bersih

Kebersihan merupakan salah satu daya tarik yang menarik banyak pengunjung di setiap destinasi wisata. Salah satunya adalah Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Pantainya sangat bersih tanpa sampah berserakan. Pengunjung yang datang juga turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, khususnya melalui keberadaan tong sampah di beberapa sudut kawasan pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Wedi IrengKredit foto: Google Maps Ciptadi Chipz

Pantai Wedi Ireng terletak di Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan jalur darat dan laut. Pantai indah ini sangat dekat dengan Pantai Merah yang lebih terkenal. Jarak lokasi dari Kota Banyuwangi, Jawa Timur sekitar 65 kilometer, sekitar 3 sampai 4 jam dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Akses darat bisa melalui Pantai Pancer dengan mengikuti petunjuk arah Pancer yang terletak 3 meter dari Pantai Merah. Anda bisa memulai perjalanan menuju Muara Pancer. Selanjutnya Anda tinggal menyebrang dengan perahu nelayan. Setelah melewati ini, perjalanan Anda menjadi jauh lebih menantang.

Anda harus berjalan melewati bukit yang ditumbuhi banyak pohon pisang dan semak belukar. Anda harus berhati-hati karena akses jalan yang harus Anda lalui cukup terjal. Sebaiknya persiapkan perbekalan Anda sebelum memulai perjalanan ini. Ini karena Anda tidak akan menemukan warung makan saat mengemudi.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk bepergian, jalur laut bisa menjadi alternatif. Untuk naik perahu, Anda cukup pergi ke Dusun Pancer. Di sana Anda akan menemukan banyak perahu nelayan atau biasa disebut dengan perahu taksi yang akan membawa Anda ke tempat tersebut. Pelayaran sangat mengasyikkan, apalagi dengan pemandangan tebing terjal yang sangat indah.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk Pantai Wedi IrengSumber gambar: Google Maps Mora Gandi

Anda bisa mengunjungi Pantai Wedi Ireng setiap hari selama 24 jam. Tidak ada tiket masuk ke area pantai. Meskipun demikian, Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk perjalanan ke situs. Biaya akomodasi itu sendiri tergantung pada rute yang dipilih. Jika melalui jalur darat, Anda hanya perlu membayar 5.000 rupee untuk penyeberangan.

Sedangkan jika menggunakan jalur laut, Anda bisa menggunakan taksi perahu saja. Untuk kapal sekali jalan, nelayan biasanya mengenakan biaya Rp 25.000, sedangkan untuk ojek pulang pergi hanya Rp 40.000, jadi lebih murah. Anda juga bisa mencoba wisata perahu multi pulau dengan membayar Rp 550.000 untuk maksimal 6 orang.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Wedi Ireng

Aktivitas di Wedi IrengKredit foto: Google Maps Umm Raykhan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Wedi Ireng. Kegiatan ini tentunya sangat seru dan tidak kalah serunya dengan wisata di pantai lain yang lebih terkenal. Meski perjalanan yang harus ditempuh cukup melelahkan, namun aktivitas menarik yang bisa dilakukan tentunya akan menghilangkan rasa lelah Anda.

1. Nikmati pemandangannya

Saat Anda mengunjungi pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan sepuasnya dengan berjalan-jalan di pantai. Dengan keindahan yang ditawarkan pantai cantik ini, rasa lelah dan penat Anda pasti akan terbayar. Ada beberapa tempat terbaik untuk menikmati pemandangan ini, salah satunya adalah mendaki bebatuan agar lebih dekat dengan laut.

2. Snorkeling atau menyelam

Pemandangan bawah laut di sekitar Pantai Wedi Ireng begitu indah sehingga sayang untuk dilewatkan. Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut ini dengan snorkeling di perairan dangkal atau menyelam di perairan yang lebih dalam. Ada tempat yang bagus untuk menyelam.

3. Memancing

Kegiatan menarik di Wedi IrengSumber gambar: Google Maps Sasmudi Blora

Jika Anda suka memancing, Anda bisa membawa alat pancing saat berkunjung ke pantai ini. Airnya sangat cocok untuk aktivitas yang satu ini. Untuk mendapatkan spot mancing terbaik, Anda bisa bergabung dengan kapal nelayan. Hasil tangkapan juga bervariasi dalam jenis dan ukuran. Begitu sampai di pantai, Anda bisa langsung membakar dan menikmati hasil tangkapan Anda.

4. Berkemah

Anda juga bisa mendirikan tenda untuk merasakan suasana alam bebas saat berkunjung ke pantai ini. Dengan pasir yang landai sehingga kegiatan camping dapat dilakukan dengan lebih mudah. Jika Anda berkemah, Anda bisa melihat keindahan pantai ini bahkan di malam hari. Berkemah juga akan menjadi ciri liburan Anda.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Wedi IrengKredit foto: Google Maps Abdullah Hadiansyah

1. Rumah Gucci Syariah Kos

Properti ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman. Harga per malamnya juga relatif murah, hanya Rp 160.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan juga memadai, seperti resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis.

2. Villa dan Spa Kendi

Penginapan ini menawarkan teras pribadi di setiap kamar. Jika sudah lengkap, biaya sewa per malam hanya Rp 360.000 per malam. Pengunjung juga mendapatkan fasilitas lain berupa kolam renang outdoor dan WiFi gratis di seluruh area penginapan.

3. Hotel Surya Baru

Penginapan ini juga terletak sangat dekat dengan pantai. Dengan harga yang terjangkau, fasilitas yang ditawarkan juga masuk akal. Di setiap kamar, pengunjung mendapatkan fasilitas berupa AC dan Wi-Fi gratis. Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Resepsionis juga akan melayani selama 24 jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Wedi IrengSumber gambar: Google Maps nabilla firdaus

Fasilitas di Pantai Wedi Ireng cukup memadai, jika tidak seramai pantai-pantai di sekitarnya. Beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan tentunya menambah kenyamanan para pengunjung yang datang. Tempat parkir mobil yang luas dapat digunakan untuk kendaraan pribadi Anda sebelum melanjutkan perjalanan melintasi pantai.

Pantai hits ini juga menawarkan tempat penyewaan peralatan snorkeling atau scuba. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu membawa peralatan apapun untuk melihat keindahan bawah laut. Harga sewa yang ditawarkan juga tidak mahal dibandingkan dengan pengalaman menyelam yang sangat menyenangkan.

Usai bermain air, pengunjung bisa menggunakan kamar mandi yang ada untuk membersihkan diri. Pemandian ini tidak hanya tersedia sehingga pengunjung tidak perlu mengantri panjang untuk berkumur dan berganti pakaian. Jika lelah, Anda bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan. Di area pantai ini juga tersedia gazebo untuk bersantai.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat dan bersantai. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga sangat bersih dan indah, enak dipandang dan menyegarkan jiwa. Pantai ini juga patut dikunjungi dan tidak kalah dengan pantai-pantai sekitarnya yang lebih populer.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button