Berita Wisata

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Pandeglang yang Wajib Anda Kunjungi Factbanten.co.id

Sankyu HSP

PANDEGLANG – Berikut Tempat Wisata di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang Indah dan Menyenangkan untuk Dikunjungi.

Di Kabupaten Pandeglang, Anda bisa menentukan tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan Anda.

HSP Pemerintah Kota

Tempat wisata Kabupaten Pandeglang yang indah dan mengasyikkan ini tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta. Sehingga Anda tidak membuang banyak waktu di perjalanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata indah dan seru di Kabupaten Pandeglang yang wajib Anda kunjungi.

1. Pulau Handeuleum

Menyusuri sungai seperti Sungai Amazon dengan perahu sambil menikmati rindangnya pepohonan di sepanjang sungai merupakan salah satu pesona yang bisa dinikmati di pulau ini.

Pulau yang seluruh pesisirnya dikelilingi hutan bakau ini merupakan habitat alami bagi beberapa satwa.

Letak pulau ini berada di kawasan hutan mangrove, atau tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon.

Anda dapat menikmati keindahan Pulau Handeuleum dengan menjelajahi hutan yang melintasi pulau, melewati rumah kera dan rusa atau dengan perahu dari Pelabuhan Sumur atau dari Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur.

2. Pulau Peucang

Jika anda ingin berlibur di pantai pasir putih, jernih dan indah seperti pantai di Indonesia timur tapi masih dekat dengan ibu kota? Maka Pulau Peucang mungkin bisa menjadi pilihan.

Tidak hanya memamerkan pesona pantai, Anda akan menemukan keindahan alam yang menawan. Suasana yang menenangkan dan pemandangan alam yang eksotis membuat semua orang betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasinya sendiri berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Anda bisa naik perahu dari Pelabuhan Sumur untuk sampai ke tempat ini.

3. Pulau Badul

Pulau mini yang terletak di Pandeglang, Banten ini sangat populer di kalangan wisatawan karena hanya berupa hamparan pasir putih yang lembut dengan kejernihan kristal.

Masih di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon atau tepatnya di kabupaten Sumur. Di sini Anda hanya akan menemukan beberapa tanaman yang tidak bisa digunakan untuk berteduh dari terik matahari.

4. Pulau Umang

Pulau Umang memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang biru jernih serta ombak yang relatif kecil, sehingga aman dan nyaman untuk wisata keluarga.

Selain itu, terumbu karang di sekitarnya masih asri dan masih sangat alami. Anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang mempesona dan mengabadikannya dengan kamera bawah air.

5. Pulau Panaitan

Keistimewaan pulau ini adalah pantainya, belum lagi pulau ini juga diberkahi dengan berbagai jenis keindahan alam seperti pepohonan dan makhluk hidup lainnya.

Lingkungannya bersih dan santai, pulau ini sangat cocok untuk menghilangkan stres dengan ketenangan yang berasal dari lebih dekat dengan alam.

Keistimewaan lain dari Pulau Panaitan adalah memiliki spot ombak yang disukai banyak peselancar kelas dunia.

Tak heran, banyak turis asing lebih memilih datang ke pulau ini untuk pengalaman berselancar yang memuaskan.

6. Saung Biru

Saung Biru merupakan objek wisata alam yang sangat populer di Kabupaten Pandeglang. Wisata alam ini memiliki keindahan alam yang begitu mempesona yang tentunya dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Dengan suasana pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan, tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berduyun-duyun ke tempat wisata ini.

Di sini Anda bisa menikmati udara segar sekaligus menikmati keindahan kota Pandeglang di atas Gunung Karang yang megah.

7. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari hanyalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian 1346 MDPL, dianggap sebagai gunung yang tidak terlalu tinggi.

Namun tentunya sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula. Bahkan untuk mencapai puncak Gunung Pulosari hanya membutuhkan perjalanan sekitar 5-6 jam.

Meski begitu, pesona yang ditawarkan di puncak sangat mencengangkan dengan kubah kawah besar yang mengeluarkan asap menjadi sajian utama gunung ini.

8. Saung Karuhun

Lokasinya yang berada di tengah Gunung Karang dan Pulosari membuat Saung Karuhun terasa megah.

Pengunjung bisa menikmati kesejukan ditemani pemandangan alam yang bisa menyejukkan jiwa.

Saung Karuhun dibangun pada tahun 2018 secara bertahap dengan konsep wisata kuliner outdoor. Dimana terdapat sejumlah gazebo yang menjulang di atas kolam untuk budidaya ikan nila dan nila.

Anda juga bisa memesan makanan berupa ikan bakar dan sejenisnya serta menikmati gazebo yang disediakan.

9. Air Terjun Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi merupakan salah satu tempat wisata alam yang unik di kabupaten Pandeglang.

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berlibur bersama mantan atau teman anda.

Tempatnya yang nyaman dan memiliki pemandangan yang indah akan memanjakan mata setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Apalagi panorama air terjun di sepanjang bantaran sungai akan membuat liburan Anda semakin santai.

10. DM Tirta Persada

Salah satu daya tarik dari kolam renang ini adalah lokasinya yang berada di kaki gunung. Untuk itu, suasana yang dihadirkan di sana sejuk dan asri.

Perlu diketahui bahwa air di kolam ini sangat jernih karena berasal langsung dari mata air pegunungan, tentunya sudah bisa dibayangkan betapa segarnya saat berenang disana.

11. Tur Lembur Kula

Lembur Kula merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep wisata alam pegunungan dengan kafe di dalamnya.

Wisatawan bisa menikmati secangkir kopi dari biji kopi asli dan berkualitas. Apalagi dilengkapi dengan berbagai area foto yang instagramable.

Kawasan di sekitar Lembur Kula menawarkan pemandangan pegunungan hijau nan asri dengan udara sejuk dan segar, destinasi sempurna untuk menjernihkan pikiran.

Selain kafe, di sini juga ada area camping seru yang bisa dijadikan tempat menghabiskan hari-hari seru bersama teman atau keluarga.

12. Air Terjun Putri Tahura Carita

Salah satu daya tarik Curug Putri adalah air terjun yang memiliki kolam dan mengalir seperti sungai.

Uniknya, aliran air di sungai dan kolam Curug Putri mengalir melalui celah-celah di tebing batu yang tinggi, sehingga karakter Curug Putri di Pandeglang Banten mirip dengan Green Canyon di Pangandaran.

13. Pantai Carita

Pantai Carita merupakan salah satu pantai terindah dan populer di Pandeglang Banten dan selalu menjadi pilihan wisatawan selain Pantai Anyer.

Objek wisata pantai ini sudah terkenal sampai mancanegara terbukti dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai Carita ini.

Pantai ini memiliki banyak pesona, diantaranya pasir pantainya yang putih lembut dan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini ideal untuk wisata bahari keluarga.

14. Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai eksotis milik Indonesia tepatnya milik provinsi Banten.

Pantai yang terletak di ujung barat pulau Jawa ini memang luar biasa indah.

Meski beberapa waktu lalu diterjang tsunami, Pantai Tanjung Lesung kini telah bangkit kembali tanpa meninggalkan keindahan alamnya.

15. Pulau Liwungan

Pulau Liwungan adalah sebuah pulau di lepas pantai Kawasan Tanjung Lesung dan terletak di wilayah Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pulau ini menawarkan suasana hutan pantai yang asri dengan alam bawah laut yang masih terjaga sehingga layak dijadikan destinasi wisata bersama keluarga atau mantan.

16. Kolam Alam Citaman

Jika ingin menguji ketahanan tubuh saat mandi di udara dingin, Anda bisa mengunjungi pemandian Citaman yang terletak di Kecamatan Jiput yang wajib dikunjungi di kaki Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pemandian alami Citaman dikenal masyarakat sekitar sebagai pemandian air es atau pemandian air yang sangat dingin.

Pemandian Citaman diambil dari nama desa yaitu Desa Citaman. Sesuai dengan namanya “taman”, Desa Citaman merupakan desa di kaki gunung dengan pemandangan pedesaan yang indah dan udara yang sangat sejuk.

Pemandian Citaman terbagi menjadi dua kolam. Keduanya hanya berbeda secara mendalam. Kolam yang lebih dalam untuk orang dewasa dan lebih dangkal untuk anak-anak.

17. Kolam renang Cikonomy

Kunjungan ke kolam pemandian memang menarik untuk dikunjungi, dan umumnya berada di kaki gunung.

Seperti kolam renang Cikonomy yang terletak di ujung barat pulau Jawa ini. Tepatnya di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kolam renang Cikonomy adalah kolam renang besar. Dimana menjadi tujuan wisata bagi banyak pengunjung terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Selain suasananya yang menyenangkan, biaya untuk masuk ke objek wisata ini juga relatif murah.

Bagaimana Anda memutuskan tempat wisata di Kabupaten Pandeglang mana yang akan Anda kunjungi? Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan ketertiban.

Jadi itulah tempat wisata alam terindah di Kabupaten Pandeglang untuk referensi anda menghabiskan liburan bersama teman atau keluarga. (*/YS)

pegawai negeri

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button