Tempat Wisata

Pantai Angsana Tanah Bumbu – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Rp 8.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab.Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan; map: Cek lokasi

Pantai Angsana awalnya merupakan kawasan yang kotor dan tidak terawat di Tanah Bumbu. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai memperhatikan pantai-pantai yang berpotensi sebagai destinasi wisata bahari. Sekarang pantai ini menjadi sangat populer, terutama karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Pantai ini memang indah dengan hamparan pasir yang luas hingga ujung tempat parkir. Keindahan pantainya juga sangat memanjakan mata. Pantai ini, meski baru dibuka untuk umum, langsung ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan ini kemudian menjadi lebih populer setelah menyediakan akomodasi untuk kegiatan menyelam atau snorkeling.

Kawasan ini juga cocok sebagai tempat liburan keluarga. Airnya yang tenang memungkinkan anak-anak untuk bermain air di pantai. Tak hanya itu, Pantai Angsana juga sangat populer di kalangan anak muda. Ada banyak spot foto menarik, sehingga para pemilik media sosial berbondong-bondong ke area ini untuk hunting foto.

Atraksi Pantai Angsana

Atraksi Pantai AngsanaSumber gambar: Twitter Radio SKY 89,3 FM

Pantai ini baru saja dibuka tetapi sangat populer dengan berbagai atraksinya. Berikut beberapa hal menarik tentang Pantai Angsana yang membuatnya semakin ramai dikunjungi pengunjung.

1. Bawah air

Pantai ini sangat terkenal dengan terumbu karangnya. Keindahannya sangat menarik banyak pengunjung, terutama pecinta snorkeling dan diving. Selain terumbu karang yang beragam, juga terdapat ekosistem laut yang sangat beragam yang dapat dinikmati oleh para penyelam baik di perairan dangkal maupun dalam.

Makhluk laut yang akan Anda temui juga beragam. Beberapa di antaranya adalah hewan langka. Penyelam sering melihat lionfish, clownfish, ikan karang, kuda laut dan banyak hewan lainnya. Pantai ini juga menjadi tempat penyu bertelur. Jika beruntung Anda juga bisa melihat hewan langka ini bertelur di area pantai.

2. Matahari terbit dan terbenam

Pantai Angsana berada di kawasan yang strategis untuk menikmati keindahan matahari baik saat matahari terbit maupun terbenam. Jika Anda ingin melihat matahari terbit, Anda harus bisa datang sebelum fajar. Menikmati secangkir kopi bersama orang tersayang semakin menyenangkan.

Begitu juga saat matahari terbenam. Banyak pengunjung yang mengejar momen sunset. Biasanya anak muda mencari foto siluet dengan latar belakang laut dengan langit jingga dan matahari terbenam. Hasil tidak pernah mengecewakan. Apalagi saat langit cerah, warnanya terlihat sangat indah berpadu dengan pantai yang eksotis.

3. Tempat foto

Ada banyak spot foto yang sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Titik foto paling khas dari pantai ini adalah jembatan panjang yang menjorok ke laut. Dari jembatan ini Anda bisa menikmati keindahan birunya air laut lebih dekat dan berfoto disana. Saat matahari terbit atau terbenam, jembatan ini menjadi spot foto terbaik.

Masih banyak spot foto lainnya yang dibangun oleh pengelola. Tempat-tempat seperti ayunan di pantai, jembatan cinta dan papan dengan Pantai Angsana banyak menjadi tempat para pengunjung bisa berfoto. Taman-taman yang tampak bagus juga telah ditata di sekitar pantai. Kedepannya, taman ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto bagi pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai AngsanaSumber Gambar: Google Maps Rian Albanjary

Pantai Angsana terletak di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jl. Trans Kalimantan, hanya berjarak sekitar 8 kilometer. Untuk itu pengunjung dari luar kota tidak perlu bingung untuk mengakses destinasi wisata ini, mereka hanya perlu menyeberang jalan.

Jika Anda melakukan perjalanan sendiri dari Banjarmasin, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Banjarbaru. Setelah itu, berkendara ke Plaihari dan kemudian ke Asem-asem dan selanjutnya ke Sungai Danau. Yang terakhir adalah pergi ke Desa Angsana. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 5 jam.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai AngsanaKredit foto: Google Maps Wong Yew Leong

Pantai Angsana merupakan wisata murah untuk dicoba sebagai pilihan liburan keluarga. Harga tiket yang akan ditarik adalah Rp 8.000 untuk segala usia. Biaya parkir hanya Rp 5.000. Wahana juga disewakan untuk pengunjung dengan biaya yang cukup berbeda.

Jika ingin menyewa perahu, Anda hanya perlu membayar biaya sewa sebesar Rp 350.000, sedangkan untuk menyewa kursi pantai dikenakan biaya Rp. 25.000 untuk disewakan. Jika ingin memanfaatkan wahana yang tersedia, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling seharga Rp30.000-50.000 atau banana boat seharga Rp25.000 per orang.

Aktivitas Seru di Pantai Angsana

Aktivitas pantai AngsanaSumber gambar: Google Maps Eliza Ardika

Saat berada di Pantai Angsana, Anda tidak perlu lagi khawatir bosan. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat pergi ke kawasan ini bersama teman atau keluarga. Misalnya, beberapa kegiatan yang sangat menarik dilakukan sebagai berikut.

1. Berenang

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga Anda bisa berenang di lepas pantai atau sekedar bermain air. Jika Anda membawa anak-anak, Anda juga bisa mengajak mereka ke kegiatan menyenangkan ini. Anda tidak perlu khawatir anak-anak tersapu ombak karena cukup aman. Meskipun demikian, orang tua harus mengawasi aktivitas anak-anaknya.

2. Snorkeling/Menyelam

Bagi pecinta olahraga air, aktivitas yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Aktivitas seru ini sendiri membuat Pantai Angsana mendapat julukan Bunaken di Sulawesi. Lokasi menyelam agak jauh dari pantai, pengunjung dapat mengaksesnya dengan perahu atau perahu nelayan. Perlengkapan selam dapat disewa tetapi biasanya perlu dipesan terlebih dahulu.

3. Main banana boat

Kegiatan rekreasi Pantai AngsanaSumber gambar: Google Maps Jamaludin Zaini

Pantai ini memiliki berbagai wahana yang bisa Anda coba, termasuk banana boat. Anda bisa merasakan keseruan berenang melawan arus untuk menguji adrenalin Anda. Anda juga dapat mengalami permainan yang sangat menghibur ini tanpa menghabiskan banyak uang.

4. Ambil foto

Ada banyak spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan yang digemari anak muda untuk diunggah ke media sosial. Anda bisa berfoto dengan latar belakang alam seperti Pantai Mauon dan air laut yang biru. Jika tidak, Anda juga bisa berfoto di spot yang disediakan pengelola yang tak kalah indahnya.

5. Menikmati keindahan pantai

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas, Anda bisa beristirahat sambil menikmati keindahan pantai. Aktivitas yang satu ini akan membantu Anda pulih dari kelelahan sehingga tubuh dan pikiran Anda akan segar kembali. Kemudian Anda dapat kembali ke kehidupan sehari-hari Anda setelah liburan.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai AngsanaKredit foto: Google Maps Saya AJA

1.MP Resort Pantai Angsana

Merupakan penginapan yang banyak direkomendasikan pengunjung untuk bermalam. Tarif sewa mulai dari Rp 650.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan cukup memadai dengan AC, TV, WiFi dan juga kamar mandi di setiap kamar dengan air panas atau dingin. Selain itu, ada juga restoran, paviliun dan banyak fasilitas lainnya.

2. Keluarga angkat

Penginapan ini tidak jauh dari Pantai Angsana. Hanya sekitar 100 meter. Dengan peralatan yang memadai, harga sewa per malam juga sangat terjangkau. Setiap kamar dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, AC atau kipas angin, kamar mandi dan fasilitas lainnya. Pengunjung umumnya puas dengan pengalaman menginap di penginapan ini.

3. Wisma Willsaning Tata Asri

Homestay ini sangat terjangkau dengan kamar yang nyaman untuk Anda dan keluarga. Fasilitas yang disediakan cukup memadai, termasuk WiFi gratis untuk pengunjung. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, anda juga akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Menginap di homestay ini juga aman.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai AngasanaKredit foto: Instagram oleh Tony Iskandar

Pantai Angsana telah menyiapkan berbagai fasilitas yang cocok untuk pengunjung. Fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir dan mushola sudah ada. Pengunjung dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya. Bagi yang ingin mengisi perut juga bisa membeli makanan atau minuman dari warung-warung terdekat.

Ada juga kursi pantai untuk bersantai. Ada juga gazebo sebagai tempat berteduh. Anda juga dapat membeli oleh-oleh karena ada toko-toko suvenir di sekitar pantai. Peralatan untuk berbagai permainan drive juga tersedia, seperti banana boat, ATV, speedboard, dan juga persewaan peralatan snorkeling atau scuba.

Jika Anda ingin bermalam, Anda juga memiliki beberapa pilihan. Tempat termurah untuk menginap jika Anda mendirikan tenda. Namun, ada juga hotel dan keluarga angkat dengan harga berbeda. Anda bisa memilih akomodasi berdasarkan isi tas Anda.

Pantai Angsana merupakan destinasi baru namun telah menjadi sangat populer di Tanah Bumbu. Popularitasnya tak lepas dari keindahan bawah lautnya yang sangat terkenal. Dengan beragam wahana yang bisa dinikmati, liburan di pantai ini tidak akan pernah terasa membosankan. Anda juga bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat menghabiskan liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button