Berita Wisata

Potensi desa wisata Gondang, mulai dari wisata alam hingga produksi…

LANGIT7.ID, Kendal – Desa Wisata Gondang di Kabupaten Kendal memiliki berbagai potensi wisata. Mulai dari wisata alam, adat istiadat, tradisi dan budaya hingga wisata edukasi pertanian tradisional dan kuliner.

Desa Gondang terletak di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Desa ini sering menjadi tujuan wisata, apalagi jika ditetapkan sebagai desa wisata. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal adalah Air Terjun Panglebur Gongso.

Tidak hanya Air Terjun Panglebur Gongso, di desa wisata ini juga terdapat wisata alam lainnya yaitu Air Terjun Kembar Cemara yang masih terjaga kelestariannya dan hutan pinus, dll. Selain itu, terdapat pula beberapa potensi wisata lainnya seperti kesenian Kuda Lumping dan kegiatan budaya kearifan lokal.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Curug Panglebur Gongso Kendal

Kegiatan budaya kearifan lokal dengan konsep melestarikan sumber air, berupa prosesi Grebeg Alas Susuk Wangan yang dilakukan warga sekitar setahun sekali. Sehingga dengan berbagai potensi yang ada, desa ini dijadikan sebagai tujuan kegiatan wisata berbagai instansi yang membutuhkan tempat peristirahatan.

Selain sebagai tempat peristirahatan, kawasan wisata ini juga menawarkan beberapa tempat bagi siapa saja yang ingin mengadakan acara atau kegiatan wisata seperti outing, camping dan lain-lain.

Untuk Desa Wisata Gondang, terang Yudhi Susanto, secara geografis Desa Wisata Gondang terletak di ujung selatan Kabupaten Kendal tepatnya di lereng barat Gunung Ungaran batas bawah sekitar 6.000 m dan batas atas 6.000 m sekitar 1180 m. .

“Disini terkenal sebagai tempat penghasil kabut, yang sering dibicarakan banyak kota, desa Gondang adalah tempat yang sejuk, dengan banyak air dan alam yang bagus,” kata Yudhi dalam siaran TouTube. Desa Wisata Gondang dikutip Minggu (6/06). 11/2022).

Menurutnya, desa wisata ini juga diberkahi dengan berbagai kekayaan alam dan budaya sehingga dinilai layak untuk disuguhkan kepada wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini.

Baca Juga: Desa Wisata Sikasur, Perpaduan Budaya dan Potensi Alam yang Menakjubkan

“Wisata edukatif merupakan cikal bakal pariwisata di desa Gondang. Jadi wisata edukasi ini sebenarnya berasal dari lembaga pendidikan. Anak-anak SD, SMP, SMA atau SMP yang kemudian wisatawan bisa belajar lebih banyak tentang pertanian, budidaya, peternakan atau lainnya,” dia berkata. .

Selain itu, Yudhi menjelaskan bahwa Desa Wisata Gindang dikenal sebagai desa dengan populasi pohon alpukat terbesar di Kabupaten Kendal dalam kapasitas desa, sehingga merupakan sesuatu yang patut dibanggakan.

“Jadi dari sini tinggal mengembangkan apa yang ingin kita lakukan, jadi saya branding langsung sebagai kampung pengacara. Fokus kami adalah bagaimana kampung pengacara benar-benar bisa mewakili bahwa kampung itu adalah kampung pengacara,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, di desa ini wisatawan bisa menemukan biji-bijian, pohon dan alpukat bahkan makanan olahan berbahan dasar alpukat.

“Dengan meredanya Covid-19, kami mulai semangat lagi, dan kami sangat berharap teman-teman bisa datang ke Desa Wisata Gondang untuk menyemangati dan mendukung kami,” harap Yudhi.

(lembut, lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button