Berita Wisata

Hanafiah Ajak Petani Rumput Laut Jaga Kebersihan Bibir Pantai Nunukan dan Sebatik – Benuanta

Continental.co.id, NUNUKAN – Garis pantai kawasan Nunukan terlihat kumuh karena banyaknya sampah dari botol plastik yang berserakan. Hal ini menjadi perhatian Camat Nunukan H. Hanafiah.

“Saya melihat kepedulian terhadap lingkungan masih kurang, makanya saya mengajak masyarakat untuk peduli, kalau bukan kita siapa lagi,” kata H. Hanafiah, Kamis (10/11/2022).

Hingga saat ini, garis pantai di kawasan ini sering dimanfaatkan oleh para nelayan dan petani rumput laut. Ia juga mengingatkan agar pelampung sampah plastik bisa dikumpulkan, agar tidak berserakan di mana-mana. Jika masyarakat mengumpulkan sampah, maka akan memudahkan pengangkutan sampah oleh Badan Lingkungan Hidup (DLH).

“Jika sudah mengumpulkan beberapa tas, hubungi kami, dalam hal ini DLH, untuk diangkut,” jelasnya.

Ia berharap masyarakat, khususnya para nelayan, bisa bijak bersama dalam menangani sampah.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Nunukan, Muhammad Irfan Ahmad mengatakan, pengurangan sampah bisa dilakukan langsung di sumbernya, yakni rumah tangga, khususnya sampah plastik.

“Kami mengimbau masyarakat untuk memilah dan memanfaatkan sampah plastik untuk didaur ulang dan bisa dijual untuk menghasilkan uang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pengurangan sampah di sumbernya dapat dilakukan dengan memilah dan mengumpulkan sampah plastik dan botol bekas yang bisa menghasilkan keuntungan jika dijual ke bank sampah terdekat.

Wartawan : Darmawan

Penerbit : Yogi Wibawa

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button