Tempat Wisata

Pantai Kupang Lasiana – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Lasiana, Kec. Kupang Tengah, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; map: pemeriksaan situs

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki banyak kekayaan alam. Salah satunya adalah objek wisata Pantai Lasiana yang terletak tepat di Kupang. Pantai ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dengan segudang keindahan yang mengelilinginya. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang melihat dan menawarkan rekomendasi tempat liburan.

Pemerintah setempat telah menetapkan tujuan untuk mengubah tempat wisata ini menjadi taman budaya Flobamora. Artinya, tempat ini merupakan tempat bertemunya suku dan budaya yang berbeda dan dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik. Pantai ini kabarnya sudah dibuka sejak tahun 1970-an dengan fasilitas yang minim. Namun seiring berjalannya waktu, pihak pengelola berusaha melengkapi berbagai fasilitas.

Pada siang hari, wisatawan disuguhi pemandangan birunya air laut dan birunya langit yang terlihat sama. Di sore hari, keindahan Pantai Lasiana terlihat estetik ditemani pemandangan matahari terbenam.

Atraksi Pantai Lasiana

Objek wisata yang dimiliki Pantai LasianaKredit foto: Facebook Putu Utomo

1. Banyak pohon di pinggir pantai

Destinasi Kupang ini dikenal memiliki udara yang sejuk untuk dihirup. Dari depan pintu masuk Anda disuguhi beberapa pepohonan hijau yang terlihat asri. Ada sekitar 230 pohon palem dan 65 pohon kelapa di sepanjang pasir pantai. Reboisasi berfungsi tidak hanya untuk mempercantik tapak, tetapi juga untuk menghindari abrasi.

Kedua tumbuhan tersebut juga kabarnya sering digunakan warga setempat untuk membuat gubuk kecil atau lopo-lopo. Gubuk mirip payung ini muncul di sudut kawasan wisata dengan atap yang terbuat dari daun lontar. Tiang-tiangnya terbuat dari batang pohon kelapa dan di sekelilingnya terdapat bangku kecil.

2. Memiliki jalur pemecah gelombang

Pengunjung yang datang ke Pantai Lasiana akan merasakan keunikannya. Pasalnya, tempat rekreasi ini memiliki jalan setapak pemecah gelombang berbentuk huruf J. Semula, kata pengelola, pembangunan jalan ini untuk menghindari abrasi akibat air laut. Namun, tidak ada penghalang yang dibangun di sekitarnya, sehingga wisatawan diharapkan berhati-hati.

Jalur trekking dilengkapi dengan batu-batu yang tersusun rapi dengan pola berwarna hitam. Letaknya di tengah pantai, sehingga ombak tidak langsung menghantam bibir pantai. Banyak juga pengunjung yang menjadikan jalan ini sebagai spot foto yang menarik.

3. Pasir putih dengan ombak yang tenang

Pemandangan lain yang menghiasi pantai ini adalah butiran pasirnya yang putih dan halus. Area terlihat begitu bersih karena petugas selalu ada untuk memastikan tidak ada sampah yang berserakan. Setiap wisatawan yang datang berkunjung selalu membawa mainan pasir mulai dari cetakan hingga penggaruk pasir.

Selain itu, keindahan alam pantai ini juga diberkahi dengan ombak yang tidak terlalu ganas. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin bermain air di sekitarnya. Ada juga bukit-bukit hijau sejauh mata memandang mengelilingi deburan ombak pantai yang terlihat begitu indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai LasianaSumber gambar: Google Maps Afrizal Hilmiawan

Destinasi alam Pantai Lasiana terletak di Desa Lasiana, Kelapa Lima, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Hanya berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Kupang menuju tempat wisata ini. Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung dapat menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi. Akses jalan mudah dilalui karena aspalnya mulus dan tidak berbatu lagi.

Anda bisa membawa kendaraan sendiri atau menyewa perjalanan yang biasanya ditawarkan di area bandara. Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum, Anda juga bisa memilih kendaraan Colt yang harganya hanya Rp 5.000. Banyak juga ojek yang melintas di jalan dekat tempat wisata.

Wisatawan yang datang dari arah Bandara El Tari hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit untuk sampai ke Lasiana. Anda juga bisa melihat rambu-rambu atau bertanya kepada penduduk setempat di mana tempat wisata ini berada. Itinerary yang cukup membuat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung apalagi saat liburan.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Wisata Pantai LasianaSumber Gambar: Google Maps Andre Suryaputra

Biaya liburan pantai Lasiana memang sangat murah. Wisatawan hanya membayar harga tiket Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Harga ini akan ditentukan oleh pemerintah daerah mulai tahun 2020, karena harga tiket sebelumnya hanya Rp 1.000. Namun peningkatan tersebut tidak membuat wisatawan ragu untuk mengunjungi wisata ini.

Dengan tiket masuk yang murah, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari pagi hingga larut malam. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, ada tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Bahkan di hari libur pun, harga tetap sama dan tidak ada kenaikan.

Aktivitas seru di Pantai Lasiana

Aktivitas menyenangkan di pantai LasianaSumber gambar: Twitter #JendelaAngkot

1. joging

Selain berlibur, pengunjung juga bisa menikmati udara pantai sambil jogging. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada pagi hari saat udara masih sejuk dan belum panas saat disentuh. Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari jogging, salah satunya adalah membakar kalori dalam tubuh.

2. Berenang

Berenang merupakan hal yang wajib dilakukan bersama keluarga saat liburan di pantai. Selain itu, ombak Pantai Lasiana yang tidak begitu besar mendukung kegiatan ini. Namun, pengelola menyarankan wisatawan untuk berhati-hati karena terkadang angin kencang dapat mempengaruhi ombak pantai.

3. Snorkling

Air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan menarik banyak pengunjung untuk melakukan snorkling. Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang di bawah laut. Tak hanya itu, ikan warna-warni, cumi-cumi, cumi-cumi dan berbagai biota laut melengkapi eksotisme air pantai ini. Wisatawan bisa membawa peralatan snorkeling dari rumah karena di kawasan wisata tidak ada persewaan peralatan.

4. Kunjungan ke stand dealer

Aktivitas di Pantai LasianaKredit foto: Instagram Tri Wasono Sunu

Di kawasan tempat wisata pantai ini terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan ringan. Wisatawan dapat menikmati jagung bakar, es krim kelapa muda, dan makanan berat dengan duduk di kios. Anda bisa mengunjunginya pada siang atau malam hari karena tidak buka 24 jam.

5. Bermain voli pantai

Wisatawan bisa membawa sejumlah permainan saat berkunjung ke Pantai Lasiana. Salah satunya adalah permainan bola voli yang bisa Anda mainkan di pantai berpasir putih. Bola voli biasanya dimainkan oleh 4 orang atau lebih dengan tujuan melewati jaring yang telah disiapkan. Pasti seru banget main ini bareng sanak saudara untuk menghabiskan waktu di pantai.

6. Menonton di panggung hiburan

Pada hari-hari tertentu wisatawan dapat menyaksikan panggung hiburan rakyat di kawasan pantai. Hal ini dimaksudkan untuk mengiklankan tempat wisata dan membuat wisatawan betah berlibur disini. Biasanya ada pertunjukan tari, live music atau teater yang dibawakan langsung oleh warga setempat.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai LasianaSumber gambar: Google Maps Emiliana Mosa

1. Spot On 2518 Wilma Hotel li Premier

Penginapan ini sangat dekat dengan pusat wisata dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit dengan mobil. Tempatnya sangat nyaman dan staff hotel juga ramah terhadap pengunjung. Setiap kamar dilengkapi dengan TV kabel, lemari pakaian, dan kamar mandi pribadi. Anda bisa naik ke lantai 3 untuk menikmati suasana kota Kupang dan melihat pegunungan yang terlihat dengan mata telanjang.

2. Resor hotel krisan

Wisatawan bisa menginap di hotel ini mulai dari harga Rp 200.000. Di dalam, terdapat kolam renang luar ruangan yang menghadap ke perbukitan, tempat karaoke, dan persewaan mobil. Setiap kamar juga menghadap ke pegunungan Fatuleu yang terlihat indah. Lokasinya yang strategis membuat penginapan ini dekat dengan pusat perbelanjaan dan bandara.

3. Hotel Neo Eltari

Salah satu akomodasi yang dekat dengan Pantai Lasiana adalah Hotel Neo Eltari yang berjarak 5 km. Ada 137 kamar di 3 lantai dengan harga yang berbeda. Terdapat ruang pertemuan di sudut hotel yang bisa disewa untuk keperluan bisnis. Selama Anda menginap di neo eltari Anda juga bisa mencicipi restoran Indonesia.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai LasianaKredit foto: Instagram Elsje Mansula

Wisata Pantai Lasiana memiliki fasilitas penunjang yang lengkap untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Salah satunya adalah area parkir sepeda dan mobil yang luas di dekat pintu masuk. Berlibur pun tidak perlu khawatir kekurangan tempat parkir, karena di sini bisa memuat hingga 40 kendaraan. Jika ingin sembahyang, Anda juga bisa berkendara ke kios pedagang yang ada.

Wisatawan bisa menggunakan fasilitas sanitasi di sudut pantai hanya dengan membayar Rp2.000. Tempat duduk juga berjejer di sepanjang wisata ini untuk relaksasi. Pada hari-hari tertentu biasanya ada panggung hiburan yang memeriahkan pantai dengan berbagai pertunjukan seperti live music.

Selain itu, pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan di kios bisa dinikmati wisatawan dengan harga terjangkau. Pengelola juga menyediakan tempat bermain anak seperti ayunan di dekat pintu masuk. Kawasan sekitar pantai terlihat bersih karena banyak terdapat tempat sampah di sepanjang kawasan tersebut. Wisatawan diharapkan menggunakan semua fasilitas dengan baik dan tidak merusaknya.

Inilah ulasan Pantai Lasiana yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Nusa Tenggara Timur. Pengunjung akan dibuat takjub dengan pesona dan keindahan alam di dalamnya. Yang terpenting sebelum liburan adalah menyiapkan kamera dan budget yang cukup.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button