Berita Wisata

Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat Mengadakan Lomba Tari Tradisional Kei

Langgur, MalukuPost.com – Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat menyelenggarakan lomba tari tradisional khas masyarakat Kei (Evav).

Pagelaran budaya khas masyarakat Kei dipusatkan di tempat wisata Ngurbloat Ohoi (desa) Pantai Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Minggu (13/11/2022).

Ketua Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat, Ronald Tethool menjelaskan kegiatan pentas seni ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya Kei (Evav), khususnya seni tari.

Menurutnya, tari Kei merupakan harta paling berharga yang dimiliki masyarakat setempat, karena budaya tari tersebut merupakan warisan nenek moyang.

“Pentas seni ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai budaya tari Kei. Tari Kei ini merupakan aset dan harta yang sangat berharga yang ditinggalkan oleh para leluhur,” ujarnya.

Untuk itu masyarakat Kei khususnya generasi muda berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melestarikan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyangnya.

Ronald mengatakan, pihaknya akan menjadikan momen seni pertunjukan ini sebagai kegiatan rutin Badan Pengelola Pariwisata Pantai Ngurbloat.

“Hari ini kami memulai pagelaran seni di Pekan Budaya Pantai Ngurbloat dimana nanti setiap minggu pertama akan ada pertunjukan tari di lokasi ini,” jelasnya.

Menurutnya, Pekan Budaya Pantai Ngurbloat yang akan digelar setiap bulan akan digelar di atas pasir Pantai Ngurbloat.

Ronald menambahkan, melalui kompetisi pertunjukan tari ini pihaknya akan melakukan seleksi untuk menentukan penari terbaik yang akan tampil dalam agenda penyelenggara setiap bulannya yaitu Pekan Budaya Pantai Ngurbloat.

“Kami berniat membawa nama Kepulauan Kei ke dunia internasional. Melalui kegiatan ini, kami mencari talenta penari dari sanggar terbaik untuk tampil di sini setiap awal bulan,” jelas Ronald.

Perlu diketahui, Pekan Seni Budaya Pantai Ngurbloat merupakan kolaborasi antara pariwisata, seni dan budaya.

Selain itu, pengelola setempat juga akan memberikan ruang bagi generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

“Bulan depan, selain Pekan Seni Budaya Pantai Ngurbloat, kami akan melibatkan anak-anak muda yang suka rap, menari, dan lainnya untuk berkreasi di sini. Kami akan menyiapkan lahan untuk mereka. Dengan demikian, semua kegiatan akan dilakukan di atas pasir untuk mempromosikan destinasi wisata Ngurbloat yang telah diakui secara internasional dengan rekor MURI sebagai pantai dengan pasir terlembut di dunia,” kata Ronald.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button