Berita Wisata

Mirip Luar Negeri mengintip pesona hutan bambu di tengah kota Surabaya

Liputan6.com, Surabaya – Surabaya, Jawa Timur (Jawa Timur) rupanya juga memiliki sederet destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang menarik di kota pahlawan adalah Hutan Bambu Keputih.

Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Mengutip situs Bapekko Surabaya, kawasan Hutan Bambu Keputih satu dengan Taman Kerukunan dan Taman Ruang Angkasa Publik. Ketiganya berdiri di atas lahan seluas 40 hektar.

Jika berhenti di Hutan Bambu Keputih, wisatawan akan menemukan spot foto favorit masyarakat, yaitu di jalan setapak dengan bambu di kanan kirinya.

Saat bambu menghijau, deretan pepohonan indah dan sejuk dipandang. Saat daun mengering, pemandangannya masih sama mengesankannya dengan musim gugur.

Selain itu, ada juga taman bunga dan taman bermain di sekitar sana. Tempat ini akan memastikan wisatawan tidak akan bosan berfoto dan bersantai di tengah hiruk pikuk kota Surabaya.

Banyak orang menyebut hutan bambu putih mirip dengan hutan bambu Sagano di Jepang. Di balik keindahannya, ternyata Hutan Bambu Keputih telah menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sejak tahun 1970.

Pemerintah Kota Surabaya menghentikan pengoperasian TPA selama periode 2000-2001 dan memindahkannya ke Benowo, Surabaya Barat. Setelah pemindahan itu, Pemkot Surabaya menanam bibit bambu di sana.

Hingga akhirnya menjadi Hutan Bambu Keputih yang menjadi tempat penyembuhan sekaligus spot foto Instagrammable di Surabaya. Selain turis, pasangan yang akan menikah pun kerap berfoto di Hutan Bambu Keputih untuk keperluan pre-wedding.

Destinasi wisata di Surabaya ini buka 24 jam sehari. Wisatawan tidak perlu membayar biaya apapun untuk mengunjungi tempat wisata ini alias gratis.

Namun jika wisatawan membawa kendaraan pribadi maka dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kebun Binatang Surabaya pada Sabtu (1/1) pagi dipadati pengunjung dari warga Surabaya dan luar kota. Tempat wisata di tengah kota ini selalu menjadi tempat favorit warga sekitar untuk mengisi liburannya, namun sayangnya masih banyak pengunjung yang tidak menjaga…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button