Berita Wisata

9 Tempat Wisata di Mojokerto, Ngehits dan Murah

Jakarta, CNNIndonesia

Objek wisata di Mojokerto sangat beragam dan memiliki keunikan tersendiri. Kota yang terletak di provinsi Jawa Timur juga menawarkan berbagai objek wisata yang menarik dengan pemandangan yang indah.

Mulai dari wisata alam, sejarah, religi hingga tempat rekreasi keluarga, semuanya tersedia. Hal ini tentunya memudahkan para traveller untuk memilih wisata mana yang akan dikunjungi di kota ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Jika kamu bepergian di Mojokerto atau jika anda tinggal di daerah Jawa Timur seperti Jombang, Pasuruan, Lamongan atau sekitarnya, jangan lewatkan tour guide di Mojokerto.

Berikut sejumlah tempat wisata di Mojokerto yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Coban Canggu





Air Terjun Curug Ceret Naringgul terletak di Jl. Ciwidey – Cidaun, Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.  CNN Indonesia/Sapphire MakkiMenggambar. Tempat wisata di Mojokerto termasuk Coban Canggu (Foto: cnnindonesia/adiibrahim)

Jika ingin melihat pemandangan air terjun yang indah, Anda bisa mengunjungi Coban Canggu. Sirkuit alam ini akan menghadirkan air terjun setinggi 80 meter yang dapat diakses setelah menaiki 200 anak tangga.

Coban Canggu juga telah dilengkapi dengan mushola, gazebo, restoran, dan toilet. Tempat wisata ini terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Coban Canggu buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB dengan tiket masuk hanya Rp 7.000 per orang.

2. Candi Brahu

Anda juga bisa ke Candi Brahu yang terletak di Jalan Candi Brahu No. 73 Siti Inggil, Bejijong, Kecamatan Trowolan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Candi ini tingginya sekitar 27 meter dan diyakini dibangun pada masa pemerintahan Raja Mpu Sendok.

Saat berada di area pura, Anda akan menemukan sesajen menghiasi gapura pura yang memang sengaja diletakkan masyarakat setempat di sana. Candi Brahu buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 dengan tiket masuk Rp 3.000 per orang.

3. Museum Trowulan

Jika ingin berwisata sejarah bersama anak, Anda bisa mengunjungi Museum Trowulan yang menyimpan berbagai prasasti sejarah kerajaan Majapahit. Di museum ini terdapat 80.000 koleksi prasasti.

Museum Trowulan terletak di Jalan Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 dengan tiket masuk Rp 5.000 per orang.

4. Taman Mini Pacet, Mojokerto

Pacet Mini Park Mojokerto merupakan taman hiburan keluarga yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Di tempat ini Anda juga bisa mencoba berbagai permainan menarik seperti bersepeda gunung, perahu bempersampai Rubah terbang.

Tempat rekreasi ini terletak di Jalan Raya Mojosari Pacet Km 55, Dusun Randegan, Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Jawa Timur. Pacet Mini Park Mojokerto buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00 dengan harga masuk yang terjangkau yaitu Rp 10.000.

5. Museum Wayang

Seperti namanya, Museum Wayang Gubug merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi wayang.

Selain wayang, ada juga beberapa koleksi lain yang juga menarik perhatian seperti patung Pak Raden dan beberapa koleksi senjata tradisional seperti tombak dan keris.

Museum Wayang Gubuk terletak di Jalan RA Kartini, Mergelo, Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Museum ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dan tutup setiap hari Senin. Tiket masuk untuk umum dikenakan biaya Rp 30.000, sedangkan untuk pelajar Rp 25.000.

6. Candi Bangkal





Warga dari berbagai elemen mengibarkan bendera merah putih saat mengikuti Karnaval Getah-Getih Majapahit memperingati HUT Kerajaan Majapahit ke-723 di Candi Brahu, Kawasan Cagar Budaya Nasional Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (12/11).  ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/16.Menggambar. Tempat wisata di Mojokerto antara lain Candi Bangkal (Foto: ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Selain candi Brahu, di Mojokerto juga terdapat candi masa Majapahit yang disebut candi Bangkal. Candi ini memiliki bentuk konstruksi yang unik sebagai tanda peninggalan agama Hindu pada masa itu.

Situs Candi Bangkal terletak di Dusun Bangkal, Desa Candiharjo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Mojosari dan 15 menit dari Gempol.

Pura yang buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 ini memiliki biaya masuk yang cukup murah, yakni hanya Rp 3.000 per orang.

7. Makam Troloyo

Anda juga bisa mengunjungi wisata religi di Mojokerto yaitu pemakaman Troloyo. Tempat wisata religi dan budaya ini terletak di Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Makam Troloyo merupakan tempat peristirahatan terakhir kakek Sunan Ampel yang bernama Syekh Sayyid Muhammad Jumadil. Jika ingin ke tempat ini, Anda bisa datang antara pukul 08.00 hingga 15.00. Tiket masuk ke Pemakaman Troloyo dikenakan biaya Rp 5.000 per orang.

8. Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit merupakan tempat wisata religi dengan patung Buddha tidur berlapis emas. Arca ini melambangkan kematian Siddhartha Gautama.

Vihara ini terletak di Jalan Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Untuk harga tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar biaya donasi untuk pembersihan dan pemeliharaan lokasi sebesar Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 4.000 untuk dewasa.

Jika membawa kendaraan, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.30 hingga 17.00.

9. Ranu Manduro

Ranu Manduro merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan padang rumput hijau dengan bebatuan alam yang indah seperti di Selandia Baru. Keindahan Ranu Manduro membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan.

Jika ingin ke Ranu Manduro bisa mengunjungi Desa Manduro MG, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 per orang. Tempat ini buka 24 jam sehari.

Itulah beberapa tempat wisata di Mojokerto. Semoga ini bermanfaat.

(uh)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button