Berita Wisata

InfoPublik – Selamat datang di Sail Tidore!

Sabtu, 19 November 2022 | 22:05 WIB

| Penulis:

Penerbit: Taofiq Raouf

Tidore, InfoPublik – Tidore berlayar. Perayaan akbar wisata bahari akan digelar mulai 24 hingga 29 November 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) itu diperkirakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang juga akan membuka acara tersebut. acara Sail Tidore pada tanggal 26 November 2022 di Dermaga Tugulufa, Kota Tidore dengan tema “Kota Tidore Warisan Duta Pengikat Bangsa”.

Sail Tidore 2022 diperkirakan akan melibatkan 1.308 personel TNI, meliputi 212 tim SBJ, 190 tim kesehatan, 182 tim PPKM (132 pramuka dan 50 suporter).

Selain itu, pada puncak acara Sail Tidore 2022, TNI AL juga akan menampilkan Sailing Pass dengan mengerahkan 12 KRI & 2 Sea Riders, 3 Pesawat Flying Pass (Pesud) Fix Wing & 3 Heli serta melibatkan 6 Pesud Super Tucano TNI AU , Terjun Bebas, 2 Kapal Basarnas dengan 1 Helikopter dan 100 Nelayan, ditambah elemen pendukung lainnya.

Persiapan infrastruktur

Dalam menyelenggarakan pesta yang digelar di kawasan Pantai Tugulufa di kota Tidore, Maluku Utara itu, berbagai persiapan telah dilakukan. Salah satunya, menurut keterangan tertulis bidang infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat (18/11/2022) adalah dukungan infrastruktur.

Sejumlah infrastruktur dan teknologi pendukung telah dibangun yang dapat dimanfaatkan oleh panitia serta masyarakat dan wisatawan yang hadir.

“Kami (Kementerian PUPR-Red) siap mensukseskan Sail Tidore di Maluku Utara melalui pembangunan infrastruktur untuk masyarakat,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto saat pertemuan kunjungannya ke tempat acara Sail Tidore di Kota Tidore , Maluku Utara beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan kerja itu, Iwan juga menyaksikan persiapan di lapangan bersama sejumlah direktur, Kepala Balai dan Wakil Walikota Tidore, Muhammad Sinen serta Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo. Kawasan pantai Tugulufa juga telah tertata dengan baik dengan dibangunnya taman bermain, spot selfie serta penataan para pedagang yang menjajakan minuman dan hidangan khas Tidore seperti kopi pisang goreng di kawasan kuliner Tugulufa.

Sail Tidore 2022 yang akan diselenggarakan mulai tanggal 24 hingga 29 November 2022 mengangkat tema “Tidore: World Heritage City, United Nations”. Sail Tidore merupakan Sail Indonesia ke-12, kegiatan pelayaran internasional di perairan Indonesia yang telah menarik minat para pelaut internasional sejak tahun 2009 dan bertujuan untuk mendongkrak pemerintah daerah yang memiliki keindahan pariwisata.

Dari hasil observasi lapangan terlihat bahwa sejumlah pekerja telah menyiapkan tempat berupa tenda dan membangun panggung di kawasan Pantai Tugulufa yang menjadi tempat diselenggarakannya acara Sail Tidore. Dukungan infrastruktur dari Kementerian PUPR itu antara lain berupa perbaikan jalan dan pembangunan taman di kota yang telah diselesaikan beberapa waktu lalu.

“Kami juga menyediakan teknologi air siap minum atau air mancur minum yang sedang dipasang di sejumlah titik oleh Balai Prasarana Permukiman Daerah Maluku Utara, Kementerian PUPR. membantu masyarakat dan wisatawan menikmati air siap minum selama Sail Tidore kegiatan,” jelasnya.

Menurut Iwan, persiapan Sail Tidore yang dipimpin pemerintah daerah harus didukung semua pihak. Karena selain mendukung sektor pariwisata, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendorong promosi produk lokal Kota Tidore kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan datang berkunjung menikmati keindahan alam utara Maluku. .

“Kementerian PUPR berharap pelaksanaan Sail Tidore 2022 berjalan dengan lancar dan memberikan kesempatan yang besar bagi masyarakat Kota Tidore untuk mempromosikan potensi daerah, sumber daya alam, kuliner dan kerajinan yang unik.” bisa mengikuti langsung kegiatan Sail Tidore dan menyemangati masyarakat Maluku utara,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tidore Muhammad Sinen mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Tidore sangat mengapresiasi dukungan dan bantuan Kementerian PUPR untuk Sail Tidore. Ia berharap melalui pelaksanaan Sail Tidore, generasi muda dan masyarakat tidak melupakan cerita bahwa Indonesia adalah negara maritim.

“Infrastruktur dan teknologi yang dibangun Kementerian PUPR merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah pusat terhadap kota Tidore untuk maju dan berkembang seperti kota dan provinsi lain di Indonesia,” harapnya.

Ilustrasi, Dirjen Perumahan Rakyat Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, saat meninjau lokasi pelaksanaan Sail Tidore di Kota Tidore, Maluku Utara, beberapa waktu lalu (Dok. Kementerian PUPR) Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya.infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button