Tempat Wisata

Harga tiket, aktivitas seru, pemandangan, tip, dll

Pantai Nglambor – Halo sobat, ingin liburan pantai yang santai tapi dengan suasana dan atraksi yang anti mainstream. Hmmm, kalau itu yang kamu cari, Pantai Nglambor sangat direkomendasikan sebagai referensi destinasi liburanmu.

Alasan utamanya adalah pantai ini memiliki sejuta pesona yang bisa sangat kamu rindukan setelah berkunjung, he he he….

Pantai Nglambor berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak di pantai ini cukup besar.

Meski demikian, kawasan khusus telah disiapkan di pantai ini agar Anda bisa melanjutkan snorkeling dan diving.

informasi Umum

alamat: Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
peta: Peta Google
Biaya masuk: Rp 5.000 per orang. Parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan gerbong Rp 15.000
Kontak: 082134692388 dan 087839639249 (telepon dan SMS), 082134692388 (nomor WhatsApp)
media sosial: Pantainglambor (baris). Anda juga dapat menghubungi @PantaiNglambor (Instagram), @PantaiNglambor (Twitter) dan Pantai Nglambor (Facebook) di media sosial.

Sekilas tentang Pantai Nglambor

Sekilas tentang Pantai NglamborSekilas tentang Pantai Nglambor

Secara umum, hampir selalu ada cerita mistis di pantai-pantai di kawasan laut selatan Jogjakarta.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk pantai Nglambor, pantai ini jauh dari kesan mistis. Hanya saja, salah satu variasi budaya upacara sedekah laut masih ada, seperti yang dilakukan di pantai-pantai sekitar laut selatan Jogja.

Di sana, tradisi sedekah sering disebut dengan “Ngalangi” yang diterjemahkan menjadi “terlarang” dalam bahasa Indonesia.

Maksud dari kata tersebut adalah untuk mengingatkan semua orang, terutama warga sekitar, untuk tidak menangkap ikan di tepi pantai.

Pengunjung masih diperbolehkan memancing di sini, meski di luar musim pemijahan ikan tahunan.

Untuk menangkap ikan di pantai ini pun harus menggunakan alat khusus berupa gawar (sejenis jaring ikan yang terbuat dari akar pohon wawar).

Kunjungi juga: Obyek wisata Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Prefektur Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta.

Karena pantai ini diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan, maka pos penurunannya ada di Pantai Siung.

Dari Jogjakarta, pergilah ke Jalan Wonosari untuk sampai ke Piyungan. Sesampainya di Piyungan, Anda akan melewati Bukit Bintang.

Kemudian berkendara ke Patuk dan Sambipitu, lalu ke Pemerintah Daerah Kota Wonosari, lalu ke Tepus – Menthel – Cabean dan kemudian ke Bintaos.

Dari Bintaos anda datang ke Kantor Kecamatan Tepus – Desa Tepus – Gesing – Purwodadi Nah dari Purwodadi anda dekat dengan Pantai Nglambor.

Arahkan kendaraan anda ke Persimpangan Nagun menuju ke Jalur Pantai Siung, kemudian ada Vengeance Gathering Point.

Setelah membayar anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Nglambor yang berada di perlintasan kedua.

Walaupun akses dan rutenya agak sulit, semua itu akan terbayar dengan keindahan dan keseruan objek wisata di pantai ini.

Tiket masuk ke pantai ini sangat murah lho, hanya Rp 5.000 per orang, sedangkan biaya parkir Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus wisata Rp 15.000

Dengan harga yang sangat murah tersebut, liburan pantai tidak harus jauh dan mahal untuk mendapatkan tempat wisata dan atraksi yang menarik, karena terdapat berbagai wahana untuk objek wisata di pantai ini.

Aktivitas seru di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor, GunungkidulPantai Nglambor, Gunungkidul

Panorama alam di Pantai Nglambor sangat menarik dan indah. Namun tidak hanya itu, Pantai Nglambor juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman. Apa saja daya tarik pantai di Gunungkidul ini?

Berikut daftar tempat wisata sobat :

snorkeling

snorkelingsnorkeling

Anda bisa melihat langsung biota laut berupa kerang-kerangan dan berbagai jenis ikan laut yang khas. Meskipun ombaknya cukup besar di pantai ini, tapi snorkeling di area yang aman sobat.

Spot ini diapit oleh dua cangkang besar yang sering dikatakan menyerupai kura-kura raksasa yang sedang menjaga pantai. Selain itu, peralatan snorkeling lengkap juga disediakan dengan tarif sewa yang terjangkau.

Dalam kegiatan ini anda harus berhati-hati agar tidak menginjak terumbu karang karena menginjaknya dapat merusak terumbu karang.

Menjelajahi Pantai

Setelah mencoba atraksi seperti snorkeling, Anda bisa berjalan-jalan santai menikmati keindahan pantai ini. Bagaimanapun, sangat menyenangkan untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai dan bermain pasir, ditemani deburan ombak kecil. Anda juga bisa melihat-lihat pantai lain yang letaknya bersebelahan dengan pantai ini.

trekking bukit

Pantai Nglambor YogyakartaPantai Nglambor Yogyakarta

Lokasi pantai Nglambor yang memiliki banyak tebing dan perbukitan bisa Anda coba sebagai wahana trekking. Begitu sampai di puncak Anda bisa melihat pemandangan dari atas bukit, lengkap dengan pemandangan area snorkeling, dua batu besar dan pemandangan pantai. Serta sobat juga bisa melihat pemandangan wisata pantai lain yang ada di sekitar pantai ini.

Berjemur dan berendam di air

Berjemur dan berendam di airBerjemur dan berendam di air

Pasir putihnya agak kasar dan terdapat beberapa warung makan, jadi Anda mungkin lebih senang memanjakan diri.

Selain itu, dengan hembusan angin sepoi-sepoi, menjadi teman terbaik Anda untuk menikmati secangkir teh atau kopi yang nikmat.

Foto bawah air

Memang terlihat kurang lengkap saat snorkeling, tapi tidak harus bergaya di depan kamera. Mumpung sudah berada di laut, jangan lupa abadikan setiap momen indahnya. Anda bisa melakukan berbagai gaya di bawah laut, percayalah, ketika foto-foto itu diunggah ke media sosial, teman-teman Anda akan kagum dan iri karena mereka juga ingin seperti itu. Jika anda mengambil Paket Snorkeling Pantai Nglambor, berapa biayanya termasuk foto bawah air.

Tips Wisata di Pantai Nglambor

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum datang ke pantai ini:

  • Bawa baju ganti.
  • Tanyakan terlebih dahulu kepada pengelola untuk informasi tentang berbagai topik, seperti waktu terbaik, jarak pandang air yang ditentukan oleh pasang surut gelombang, dan tingkat kejernihan.
  • Jika Anda datang ke sini saat akhir pekan atau saat musim liburan, pastikan untuk memesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan peralatan snorkeling, kecuali jika Anda sudah memiliki peralatan snorkeling sendiri, maka tidak perlu menyewa peralatan di sini.
  • Jika Anda datang ke sini saat akhir pekan atau liburan, sebaiknya lakukan reservasi jauh-jauh hari agar tidak kehabisan perlengkapan snorkeling. Jika Anda memiliki peralatan snorkeling sendiri, Anda tidak perlu membayar sewa peralatan, Anda bisa langsung bermain di pantai.

Seperti, menarik, kan? Pokoknya Wisata Pantai Nglambor Buat Sahabat ini sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata yang seru dan menawan.

Kunjungi juga: Situs megalitik SOKOLIMAN Gunung Kidul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button