Berita Wisata

7 Daftar Keindahan Alam Indonesia Terbaik Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya.

Negara kepulauan, Indonesia memiliki bentang alam yang menakjubkan, dari Aceh hingga Papua.

Dalam UU Perairan Indonesia Nomor 6 Tahun 1996, jumlah pulau di Indonesia sebanyak 17.508 pulau.

Tidak hanya perairan seperti pantai dan laut, daratan Indonesia juga dipenuhi dengan keindahan yang tak kalah mempesona, mulai dari gunung, hutan dan masih banyak lagi.

Dengan keindahan alamnya yang memikat, Indonesia berhasil menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan berlibur setiap tahunnya.

Dari banyaknya destinasi wisata yang ada, berikut beberapa daftar keindahan alam Indonesia terbaik yang wajib dikunjungi saat liburan.

Daftar keindahan alam terbaik Indonesia

1. Raja Ampat – Papua Barat

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Destinasi wisata alam yang mendunia ini menampilkan gugusan pulau yang indah dengan laut biru jernih.

Raja Ampat sendiri terletak di Semenanjung Doberai atau lebih dikenal dengan Semenanjung Kepala Burung di Provinsi Papua Barat.

Bagi pecinta panorama bawah laut, Raja Ampat juga menawarkan pengalaman snorkeling dan diving tuba dengan peralatan lengkap yang bisa disewa oleh pengunjung.

Untuk bisa mencapai tempat wisata unik ini, Anda harus menggunakan penerbangan domestik menuju Pulau Waisai kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal feri.

2. Pulau Weh – Sabang

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Pulau Weh kini menyandang status wilayah paling barat Indonesia.

Di pulau ini Anda akan menemukan Tugu Nol Kilometer yang merupakan simbol awal perjalanan wisata di wilayah Indonesia.

Meski tidak terlalu besar, Pulau Weh memiliki keindahan alam yang luar biasa, salah satunya Pantai Iboih yang terkenal dengan air lautnya yang jernih dan hamparan pantai berpasir yang memikat.

Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus berlayar dengan kapal feri selama 2 jam.

3. Danau Toba – Sumatera Utara

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut, Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi saat berlibur.

Danau terbesar di Indonesia ini terletak di wilayah Sumatera Utara dan tercipta akibat ledakan gunung berapi yang terjadi beberapa ratus tahun lalu.

Tak hanya itu, Anda juga wajib mengunjungi Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba, di mana Anda bisa menggali sejarah dan budaya masyarakat setempat yang menempati kawasan tersebut.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Jawa Timur

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Tempat wisata ini merupakan kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir sepanjang 10 km, dimana muncul 4 buah kerucut vulkanik.

Kerucut tersebut adalah Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan dan Gunung Widodaren, sedangkan seluruh kawasan konservasi tersebut lebih dikenal dengan nama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat hamparan sabana yang luas dan semburan asap dari kawah yang menakjubkan.

5. Taman Nasional Bunaken – Sulawesi Utara

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Baca buku sebanyak yang Anda mau di Gramedia Digital Premium

Bukti keindahan alam Indonesia lainnya bisa Anda temukan di Taman Nasional Bunaken yang terletak di Segitiga Terumbu Karang, Sulawesi Utara.

Di kawasan ini terdapat sekitar 390+ spesies terumbu karang, berbagai jenis ikan dan hewan laut yang hidup di sana.

Maka tak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke tempat wisata ini untuk mengamati dari dekat habitat bawah lautnya.

Saking populernya, Bunaken sering dianggap sebagai salah satu destinasi wisata selam terbaik di Indonesia, khususnya di kawasan Mandolin East Bunaken dan Puncak Barracuda.

6. Wae Rebo – Nusa Tenggara Timur

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Terletak 1.500 meter di atas permukaan laut, Desa Wae Rebo sering disebut sebagai “Negeri di Atas Awan”.

Desa adat yang terletak di kawasan Manggarai, sebelah timur Nusa Tenggara ini sudah beberapa tahun dikenal dengan pemandangan alamnya yang menyejukkan mata.

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya, pengunjung juga akan disambut oleh berbagai bangunan khas Wae Rebo yang berlatar pegunungan tinggi.

Memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat panjang, desa Wae Rebo dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012.

7. Banda Neira – Maluku Tengah

keindahan alam Indonesia
keindahan alam Indonesia

Kawasan timur Indonesia sejak lama terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa, salah satunya terdapat di Banda Neira, sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Maluku.

Pulau kecil ini berhasil menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit wisatawan domestik maupun mancanegara karena panorama alamnya yang sangat indah.

Selain keindahan alamnya, Banda Neira juga memiliki sejarah panjang karena tempat ini pernah menjadi pusat perdagangan pada masa penjajahan Belanda.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menemukan sisa-sisa peninggalan Belanda di tengah keindahan alam pulau ini.

Sekarang,, Itulah beberapa destinasi alam Indonesia yang ada di seluruh dunia yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Di sela-sela kesibukan, bepergian Tentu saja, itu adalah kegiatan yang menyenangkan untuk bersantai.

Bagi anda yang hobi bepergian dan anda ingin mendapatkan uang dari hobi ini, anda bisa mencoba menjadi salah satunya blogger perjalanan.

setelah pergi bepergian, Anda bisa membagikan pengalaman liburan Anda agar banyak orang yang tertarik mengunjungi destinasi wisata yang Anda kunjungi.

Semakin banyak orang yang berkunjung blogger dan dengan membaca tulisan Anda, semakin banyak penghasilan yang akan Anda peroleh.

Untuk memulai, Anda bisa mencoba membaca buku Sukses sebagai travel blogger ditulis oleh Dewi Rieka.

Buku ini dapat menjadi panduan bagi orang-orang yang ingin menjadi seorang blogger perjalanan.

Dalam buku ini, Anda akan mempelajari berbagai kiat untuk menjadi blogger perjalanan sukses dan bagaimana menarik pembaca untuk membaca tulisan Anda.

Melalui buku ini, Anda akan terdorong untuk berhasil dalam hobi yang Anda tekuni.

Anda bisa membeli buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada kupon gratis yang bisa anda gunakan tanpa minimum pembelian. Yuk, beli buku di atas lebih hemat! Cukup klik di sini untuk mendapatkan vouchernya.

Diskon promosi
Diskon promosi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button