Berita Wisata

Terdampak gempa Cianjur, desa wisata situs Gunung Padang mengalami kerusakan 5%.

Memuat…

Menparekraf Sandiaga Uno mendapat laporan bahwa desa wisata di lokasi Gunung Padang termasuk yang terkena dampak gempa Cianjur. / Foto: Instagram @sandiuno

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendapat laporan desa wisata di lokasi Gunung Padang menjadi salah satu yang terdampak gempa Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 lalu.

Menurutnya, meski terkena dampak gempa, kerusakan desa wisata di lokasi Gunung Padang sekitar 5%. Sejauh ini, belum ada laporan lain terkait kerusakan di kawasan tersebut.

“Kami baru saja mendapat update terbaru bahwa desa wisata peraih Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022, yaitu desa wisata situs Gunung Padang, Cianjur, mengalami kerusakan sekitar 5%. Kepala Dinas Pariwisata Cianjur bercerita, kata Sandiaga kepada MNC Portal saat bertemu di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Baca juga : Deretan hidangan khas Qatar diadaptasi untuk menemani nonton bareng Piala Dunia 2022

Sandiaga juga menyebutkan, kerusakan akibat gempa pada desa wisata di lokasi Gunung Padang sangat minim karena kawasan wisata tersebut telah tersertifikasi Clean, Health, Safety and Environmentally Sustainable (CHSE), sehingga lebih siap menghadapinya. peristiwa seperti gempa bumi.

“Mereka berhasil menang (CHSE). Jadi dampaknya baru terasa di entry point, saat wisatawan masuk ke desa wisata di lokasi Gunung Padang,” jelasnya.

Sedangkan di Pusat Ekonomi Kreatif (ekraf) Kota Cianjur, kerusakan relatif minim. Kata Sandiaga, antara 5 sampai 10 persen. “Sampai saat ini, kami belum diberitahu tentang jumlah kematian yang signifikan,” tambahnya.

Sandiaga menambahkan, saat ini sedang dilakukan pemugaran di kawasan wisata, termasuk jalan menuju Cipanas yang tertimbun longsor. Selain pelan-pelan membantu korban, termasuk para pelaku parekraf yang masih trauma dengan bencana alam yang dialaminya.

Begitu juga untuk kunjungan lainnya ke Cianjur, Sandiaga mengatakan ditutup sementara hingga kondisi benar-benar kondusif dan kembali normal.

Baca juga : 5 Artis Korea yang Menolak Adegan Seks di Filmnya

“Ditutup sementara (pariwisata), termasuk di Cipanas yang kami informasikan saat ini, dilakukan perbaikan terlebih dahulu, dan kami pastikan kondisi bangunan baik,” pungkasnya.

(benih)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button