Berita Wisata

10 desa wisata akan menjadi destinasi kelas dunia, ada pendampingan di situs Gunung Padang Cianjur

Laporan wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Tidak kurang dari 10 desa wisata mitra BCA telah menjadi destinasi wisata baru guna menjadi mesin ekonomi baru yang memberikan keterkaitan ekonomi dan manfaat bagi masyarakat.

10 desa wisata mitra BCA merupakan finalis Anugerah Pariwisata Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mendapatkan pendampingan dan pelatihan untuk mentransformasikannya menjadi destinasi wisata unggulan baru.

Executive Vice President CSR BCA Hera F Haryn mengatakan, pihaknya akan memberikan pendampingan dan pembinaan secara intensif selama satu tahun untuk membantu 10 desa wisata secara bertahap ditingkatkan menjadi desa wisata yang mampu tumbuh dan berkembang karena potensi wisatanya.

“Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mempercayakan 10 Desa Wisata ini sebagai mitra baru kami”, ujarnya, Kamis (24/11/2022).

Dalam Indonesia Tourism Awards 2022, 3.500 desa wisata dari seluruh nusantara berpartisipasi.

Dari 3.500 peserta yang berhasil masuk, terdapat 50 peserta dan mendapat dukungan dari para mentor yang telah diseleksi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebelum akhirnya dinilai untuk memenangkan hadiah utama.

Baca Juga: Sandiaga Uno Segera Lakukan Pemulihan Destinasi Wisata Cianjur yang Tertimpa Gempa

Ajang penghargaan tersebut merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan potensi desa wisata di Indonesia menjadi destinasi wisata kelas dunia.

BCA juga memberikan dukungan untuk situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat.

Kawasan desa wisata ini diuntungkan dengan pemandangan khas pegunungan, dengan luas kurang lebih 5.000 hektar.

Kawasan Gunung Padang menawarkan wisata seperti camping ground, situs Gunung Padang dan kawasan perkebunan teh hijau.

Wisatawan dapat mempelajari seni budaya di kawasan Gunung Padang, seperti pencak silat, karinding, dan kacapi karinding.

Selain itu, fasilitas wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Gunung Padang telah ditingkatkan standar wisatanya, sehingga mendorong jumlah wisatawan.

Desa Wisata Gunung Padang juga memiliki homestay dan akses toilet umum di beberapa tempat wisata.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button