Berita Wisata

Agus Wibowo mengajak para pelari menikmati alam dataran tinggi selama Dieng Trail Run

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Pemkab Wonosobo bersiap menggelar Dieng Trail Run. Agenda akan digelar pada 10 dan 11 Desember 2022 di Dataran Tinggi Dieng dengan kualifikasi lomba jarak 12 KM, 23 KM, dan 50 KM, dengan start dan finish di Taman Syailendra.

Selain mengusung tema Sustainable Race, event Dieng Trail Run juga akan mengadvokasi event yang minim limbah dan ramah lingkungan.

Untuk kategori lari 12 KM, peserta akan berlari pada gain elevasi 760 meter. Di kategori ini, Anda akan kembali melewati Basecamp Patak Banteng di Taman Syailendra.

Lalu, pada kategori lari 23 KM, para peserta berlari dengan gain elevasi 1.390 meter. Kategori ini akan melalui Basecamp Patak Banteng, Basecamp Pakuwaja dan Basecamp Sikunir Sembungan.

Selain itu, kategori lintasan 50 KM dengan elevasi 3.515 meter. Peserta yang memilih jalur ini akan melewati Base Camp Patak Banteng, Base Camp Pakuwaja, Bukit Sikunir, Base Camp Sikunang dan Gunung Bismo untuk kembali ke Taman Syailendra.

“Dieng Trail Run merupakan program kerjasama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB). Kurang lebih kami memiliki kontrak selama tiga tahun hingga tahun 2024 untuk Dieng Trail Run ini,” kata pimpinan dari dinas pariwisata dan kebudayaan. Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo. tribunjogja.com.

Agus mengatakan, melalui event nasional ini diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit atlet olahraga Trail Running atau Lari Lintas Indonesia, sekaligus menggali pesona wisata di kawasan Dieng.

“Tentunya kami menyambut baik pelaksanaan agenda ini. Ini bisa menjadi salah satu bentuk promosi dan pengenalan pariwisata, kearifan lokal dan budaya di daerah Dieng,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Agus, acara ini juga dapat menjadi wadah atau sarana untuk mengedukasi masyarakat dan wisatawan akan pentingnya menjaga kelestarian kawasan pedesaan, hutan, danau, dan pegunungan di Dieng.

“Bisa juga bersosialisasi wisata olahraga yang diminati banyak orang,” ujarnya.

Seperti kita ketahui, Wonosobo masih termasuk dalam kawasan wisata nasional Borobudur-Yogyakarta (DPN).

Oleh karena itu, program pariwisata di Wonosobo perlu diperluas untuk mendorong lebih banyak wisatawan.

Bagi Anda yang ingin mendaftar Dieng Trail Run dapat membaca syarat, ketentuan dan mendaftar di link ini https://detrac.id/diengtrailrun. (keras)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button