Tempat Wisata

Pulau Penyu Tanjung Benoa – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 400.000, Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Cab.Badung, Bali; map: pemeriksaan situs

Pulau Penyu di Bali merupakan tempat wisata yang dibuat untuk melindungi hewan langka yang disebut Penyu Hijau atau Green Turtle. Tempat wisata ini dekat dengan Obyek Wisata Tanjung Benoa Bali, namun anda harus menyeberangi laut untuk menuju ke Suaka Penyu Hijau.

Obyek wisata yang juga merupakan penangkaran penyu hijau ini dikelola oleh pemerintah dan bekerja sama dengan masyarakat setempat. Karena rata-rata masyarakat di sekitar Tanjung Benoa adalah nelayan, maka perawatan dan pemeliharaan penyu hijau dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Karena penyu hijau yang semakin banyak di tempat ini, objek wisata alam ini lambat laun dilirik oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik yang berlibur di tempat wisata dengan daya tarik utama penyu hijau tersebut, tetapi juga wisatawan mancanegara yang berada di sekitar objek wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Atraksi Pulau Penyu

Atraksi Pulau PenyuSumber gambar: Google Maps

1. Penyu Hijau

Atraksi pertama Turtle Island adalah penyu hijau yang sudah menjadi spesies yang terancam punah. Banyak wisatawan yang datang ke Tanjung Benoa membawa hewan mungil ini untuk melihat dan berfoto bersama penyu hijau.

Tak hanya orang dewasa saja yang terlihat berlibur di objek wisata ini, anak-anak juga terlihat asyik bermain dengan penyu di objek wisata di Bali ini. Bahkan, tempat wisata unik ini menjadi salah satu wisata keluarga paling populer di pulau dewata, Bali.

2. Hewan peliharaan lainnya

Dinamakan penyu, bukan berarti pulau ini hanya memiliki 1 hewan untuk dipelihara. Ada beberapa hewan jinak lainnya yang bisa Anda foto bersama seperti iguana, ular, burung, dan monyet. Jangan takut, karena semua hewan ini jinak dan aman untuk berpose di depan kamera.

3. Pemandangan Pantai

Daya tarik Pulau Penyu selanjutnya adalah pemandangan pantainya yang masih sangat alami dan dikelilingi pasir putih yang indah. Karena jarak pulau ini cukup jauh dari pulau Bali, maka pantai-pantainya masih sangat alami dan bisa dinikmati sepuasnya karena tempat wisata ini tidak terlalu ramai untuk ukuran pantai-pantai di Bali.

4. Pemandangan Bawah Air

Atraksi tersebut memiliki Pulau PenyuKredit foto: Google Maps Citra Wiranda

Karena letak pulau ini cukup jauh dari pulau Bali, pemandangan bawah lautnya cukup indah untuk dinikmati. Selain itu, pulau ini juga merupakan pulau yang dilindungi pemerintah, sehingga tidak banyak nelayan yang menangkap ikan di perairan sekitar objek wisata alam ini karena takut menangkap penyu hijau yang dilindungi.

Karena itu membuat pemandangan bawah laut perairan di sekitar pulau yang digunakan untuk melindungi penyu hijau sangat indah, mulai dari terumbu karang hingga ikan-ikan yang terdapat di sekitar perairan. Perairan seperti ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling.

5. Pemandangan matahari terbenam

Matahari terbenam atau sunset merupakan salah satu keindahan alam yang sangat luar biasa. Di pulau yang dijadikan tempat penangkaran penyu hijau ini anda juga bisa menikmati keindahan sunset dengan pemandangan laut biru yang sangat indah dari pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenyuKredit foto: Google Maps Rasesh Doshi

Alamat Turtle Island Desa Pakraman, Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. Untuk menuju objek wisata ini, Anda harus menaiki glass bottom boat dari Benoa. Untuk mencari tempat sewa glass bottom boat, temukan di sepanjang Jl. Utama.

Untuk menuju tempat ini dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Anda bisa menggunakan Jl. Bandara Ngurah Rai menuju Patung Satria Gatot Kaca dan sampai di Jl. Jalan Tol Bali Mandara kemudian bergabung dengan Jl. Bypass Ngurah Rai arah Polsek Kuta Selatan, lalu belok kiri ke Jl. Lintas Utara Tanjung Benoa atau dikenal dengan Jl. Utama.

ikuti jl Pratama sampai Anda menemukan lokasi penjemputan untuk glass bottom boat Anda. Dari sini Anda hanya perlu duduk diam sekitar 15 menit dan tiba di sebuah pulau kecil tempat pemeliharaan penyu hijau dan beberapa hewan lainnya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Estimasi Biaya Wisata Pulau PenyuKredit foto: Google Maps Bernard Baliadvisor

Karena Pulau Penyu adalah pulau yang berbeda dari Bali, Anda harus menyeberang dengan perahu untuk mencapai tempat wisata tersebut. Perahu yang bisa Anda gunakan adalah glass bottom boat yang mampu menampung hingga 10 orang.

Harga sewa 1 glass bottom boat diperkirakan sekitar Rp 400.000-700.000 tergantung jenis kapal dan pelayanannya. Harga tersebut bervariasi karena ada wisatawan yang hanya mengunjungi pulau yang menjadi habitat penyu, namun ada juga beberapa wisatawan yang ingin sekaligus snorkeling di perairan sekitarnya.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang Anda titipkan di pinggir laut Tanjung Benoa yang berkisar antara Rp5.000 hingga Rp20.000 tergantung jenis kendaraan. Sedangkan setibanya di tempat wisata, Anda perlu membeli tiket masuk seharga Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak.

Aktivitas seru di Turtle Island

Aktivitas seru di Turtle IslandKredit foto: Instagram oleh Dismas Arief

1. Bermain dengan kura-kura

Aktivitas menarik pertama dan tujuan utama wisatawan yang datang ke Pulau Penyu Tanjung Benoa adalah bermain dan berfoto bersama penyu. Saat memasuki kawasan wisata ini, Anda akan diarahkan ke sebuah kolam kecil di mana terdapat beberapa penyu berukuran kecil dan sedang.

Anda bisa membawa kura-kura dan berfoto bersama, ikuti petunjuk petugas agar tahu cara mengangkat kura-kura dengan benar. Setelah anda berfoto dengan penyu anda bisa berjalan menuju pulau, disini anda akan menemukan penyu yang berumur hingga 80 tahun dan berukuran sangat besar.

2. Bermain dengan hewan jinak lainnya

Selain kura-kura, banyak hewan jinak lainnya seperti ular, iguana, burung, dan monyet juga bisa ditemukan di pulau ini. Semua hewan ini bisa Anda foto bersama karena mereka sudah dilatih untuk jinak terhadap semua turis yang datang. Anda hanya perlu keberanian beberapa menit untuk berfoto bersama mereka.

3. Bermain di pantai

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di objek wisata alam ini adalah bermain di pantai. Dengan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai, Anda bisa bermain sepuasnya atau bermain air laut sepuasnya bersama orang-orang terdekat.

4. Snorkling

Aktivitas seru di Turtle IslandKredit foto: Google Maps Ragil Firmansyah

Anda juga bisa snorkeling atau menyelam di perairan sekitar Pulau Penyu. Karena lokasi pulau ini dilindungi oleh pemerintah, perairan di sekitarnya juga dilindungi dan biota laut di perairan dekat objek wisata alam ini sangat indah dan cocok untuk anda yang hobi snorkeling.

5. Menikmati matahari terbenam

Seperti yang sudah disebutkan, dari tepian pulau cantik ini Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat, atau biasa disebut sunset. Momen ini sangat indah jika diamati dari pinggir pantai, apalagi dipadukan dengan suasana pantai yang tidak terlalu ramai.

6. Ambil foto

Berlibur pasti identik dengan yang namanya foto. Ketika Anda mengunjungi pulau tempat tinggal penyu, Anda harus mengambil foto, baik itu dengan penyu, ular, burung, iguana, monyet atau bahkan sendirian dan bersama orang yang Anda cintai. Anda bisa mengabadikan semua momen tersebut kemudian mengunggahnya ke media sosial pribadi Anda.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pabrik Pulau PenyuSumber gambar: Google Maps Nirav Jethva

1. tempat istirahat

Fasilitas pertama yang akan Anda temukan di Pulau Penyu adalah area relaksasi berupa gazebo dan beberapa bangku panjang. Tempat istirahat tersebut bisa digunakan untuk bersantai atau juga untuk makan bekal yang dibawa dari rumah.

2. Warung makan

Bagi Anda yang tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir karena di tempat wisata alam ini terdapat beberapa warung makan yang dapat memuaskan perut Anda. Jenis makanan dan minumannya beragam, bahkan ada beberapa jajanan untuk anak-anak.

3. Kamar mandi dan toilet umum

Fasilitas terakhir adalah kamar mandi yang bisa digunakan wisatawan bermain air di pantai. Ada juga toilet umum tempat Anda bisa buang air besar dan buang air kecil. Baik kamar mandi maupun toilet umum yang ada di pulau ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu laki-laki dan perempuan, sehingga privasi setiap wisatawan tetap terjaga.

Itulah beberapa penjelasan tentang Pulau Penyu di Tanjung Benoa Bali, tempat tinggal Penyu Hijau yang terancam punah. Anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal seperti tabir surya, topi, dan kacamata hitam karena tempat wisata ini cukup panas untuk membakar kulit Anda di siang hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button