Tempat Wisata

√ Nama kuliner Indonesia yang unik dan aneh tapi enak

Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh – Indonesia memiliki keragaman kuliner yang tidak ada duanya. Cita rasa masakan Indonesia terbukti memanjakan lidah setiap penikmatnya.

Selain ragam dan rasa, beberapa kuliner di Indonesia memiliki nama yang unik. Anda pasti akan merasa asing ketika mendengar nama kuliner nasi kentut atau roti ketawa.

Bukan sembarang nama namun memiliki makna dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Makanan ini biasanya mudah ditemukan dan bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Makanan Indonesia seperti apa yang memiliki nama unik ini?

Yuk simak ulasan berikut ini.

Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh

1. nasi kentut

Nasi-kentut-nama-makanan-unik-dan-aneh-Indonesia

Nasi kentut namanya, makanan berbahan dasar nasi ini berasal dari Medan. Nasi Ketut dianggap sebagai nama kuliner Indonesia yang memiliki nama yang unik atau aneh.

Biar makin nikmat, nasi kentut bisa disantap dengan berbagai lauk pauk seperti pepes, ayam goreng, tahu atau tempe dan tak ketinggalan sambal sebagai penyedap rasa.

Nasi kentut hampir sama dengan Sego Cat, namun nasi khas daerah Sumatera Utara ini tidak dibungkus daun pisang melainkan daun kentut.

Jangan berpikir nasi kentut baunya seperti kentut. Nama kentut sendiri berasal dari daun yang menutupi nasi. Daun pembungkusnya memberikan rasa yang nikmat pada nasi kentut.

Selain aroma makanan yang sedap, daun kentut memiliki fungsi lain, yaitu untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan peredaran darah.

2. Kuku Harimau

Kuku-harimau-nama-dari-indonesia-unik-dan-aneh

Kerupuk Kuku Harimau adalah nama kuliner Indonesia yang unik. Kuku harimau sangat tajam dan panjang, sehingga harimau menggunakan kukunya untuk menerkam mangsanya.

Namun berbeda dengan masyarakat Kalimantan. Mereka menggunakan cakar harimau sebagai makanan.

Tapi jangan heran, kuku macan yang dimakan bukanlah kuku macan yang sebenarnya, hanya saja kebetulan memiliki nama yang sama. Kuku Macan merupakan makanan khas Balikpapan, seperti kerupuk.

Juga dikenal sebagai kerupuk amplang, kerupuk ini dibuat dengan tepung tapioka dan ikan kembung. Bentuknya sama dengan kuku macan, oleh karena itu dikenal dengan nama kuku macan.

3. Tahu Gimbal

Kenali-nama-nama-gimbal-indonesia-unik-aneh

Kuliner terdekat yang ada nama makanan indonesia yang aneh adalah tahu gimbal.

Makanan atau kuliner unik ini merupakan makanan khas kota Semarang yaitu tahu gimbal yang juga banyak diburu oleh para wisatawan.

Makanan tahu gimbal sangat enak di samping lumpia dan bandeng presto semarang saat berwisata ke semarang.

Makanan ini terdiri dari campuran tahu goreng, tauge, telur dan lontong serta disajikan dengan taburan bumbu kacang di atasnya.

Rasa Tahu Gimbal begitu khas karena menggunakan bumbu terasi.

Lalu kenapa disebut Tahu Gimbal?

Nama gimbal di sini bukan berasal dari penjualnya yang memiliki gimbal, melainkan gimbal adalah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung hingga garing.

Makanan renyah ini disajikan dengan campuran lontong dan tahu. Anda harus mencobanya ketika Anda mengunjungi kota Semarang.

Baca juga: Jenis nasi goreng di Indonesia

4. Sat Kere

Sate-kere-nama-makanan-unik-dan-aneh-indonesia

Sate Kere adalah salah satu nama makanan Indonesia yang unik dan aneh. Dalam bahasa Jawa pengemis cara miskin.

Meski bernama kere, cita rasa masakan bernama sate kere ini jauh berbeda dengan kata kere.

Tak hanya namanya yang terkesan aneh, sate ini juga memiliki keunikan dibandingkan sate pada umumnya. Sate Kere menggunakan daging sapi yang dicampurkan sebagian dagingnya dengan lemak pada setiap penyembelihan. Daging ini dibuat untuk sate kere.

Meski daging yang digunakan banyak mengandung lemak babi atau lemak, sate kere tidak akan tersangkut di tenggorokan. Berbeda dengan kebanyakan olahan lemak babi yang terasa seperti tersangkut di tenggorokan.

Jika sate lain menggunakan kecap atau saus kacang, sate ini tidak menggunakan kedua saus sambal tersebut.

Sebelum dibakar, daging yang sudah ditusuk diolesi bumbu yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, merica, gula aren, dan beberapa bumbu lainnya. Selain dibumbui, sate ini langsung dipanggang tanpa dimasak dagingnya terlebih dahulu.

Disebut Sate Kere karena harganya yang murah membuat siapa saja yang menikmatinya, bahkan orang yang cuek banget.

Baca juga: Produk asli Indonesia yang terkenal

5. Sate lalat

Sate-Lalat-Nama-Unik-Dan-Aneh-Makanan-Indonesia

Sate Daging, yang juga merupakan nama masakan Indonesia yang unik dan aneh. Anda pasti bertanya-tanya kenapa makanan ini disebut sate lalat, jangan dikira daging yang ada di sate itu lalat.

Bahannya bukan lalat, melainkan ayam dan kambing, seperti sate pada umumnya.

Lalu kenapa disebut sate lalat?

Ini karena dagingnya dipotong kecil-kecil menyerupai lalat. Berbeda dengan sate biasa yang dipotong dadu.

Sate khas Madura ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang gurih dan memiliki ciri khas dagingnya yang empuk karena proses penggorengannya yang tidak terlalu lama.

6. Kerupuk yang buruk

Kerupuk-merampok-nama-makanan-Indonesia-unik-dan-aneh

Kerupuk Melarat adalah salah satu nama kuliner khas Indonesia. Miris rasanya mendengar kata melarat, seperti mimpi buruk ketika seseorang dinyatakan melarat.

Tapi yang malang ini disukai oleh hampir semua orang. Kerupuk Pedas adalah jajanan khas berbahan dasar tepung tapioka kota Cirebon.

Makanan kerupuk melarat ini sangat mudah ditemui di daerah Cirebon dan Indramayu. Ketika Anda mengunjungi Cirebon, Anda tidak hanya melihat Kesenian Cirebon Jangan lupa untuk mencoba kerupuk ini.

Disebut miskin karena jajanan yang satu ini tidak digoreng dengan minyak melainkan dengan pasir panas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Karena harga minyak saat itu sangat tinggi, masyarakat menemukan inovasi baru dengan menggunakan pasir. Warna kerupuk melarat sangat mirip, seperti merah, kuning, hijau, namun ada juga yang berwarna putih.

Baca juga: Makanan Indonesia Mendunia

Demikian ulasan di atas Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh tapi itu adalah makanan yang sering dimakan. Apakah Anda sudah makan salah satu dari makanan ini?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button