Berita Wisata

PETUALANGAN MENYENANGKAN, PANGDAM II/SRIWIJAYA TOUR TEKNO 44 KOREM 044/GAPO PERTANIAN DI BANYUASIN

Sumatera Selatan, (Pendam II/Sriwijaya), Pertarungan Darah Online – Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, SIP, MBA, M.Han., melakukan kunjungan ke lokasi agrowisata Tekno 44 yang terletak di desa Gelebek Dalam, kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan ( Sumatera Selatan). ), Minggu (4/12/2022) ).

Kunjungan yang merupakan bagian dari acara Agrotourism Fun Adventure ini bertujuan tidak hanya untuk mengkaji tetapi juga untuk mengikuti perkembangan agrowisata yang diinisiasi oleh Korem 044/Gapo bekerja sama dengan warga Desa Gelebak Dalam, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo, Asisten Kasdam II/Swj, Kasrem 044/Gapo, Kabalakrem 044/Gapo, Letnan Dandim 0430/BA, Direktur Samapta Kombes Pol Juwito. , Rektor Universitas Bina Darma Palembang, Dekan Universitas Palembang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel, Tokoh Masyarakat Sumsel, Duta Gindri BKKBN, Mahasiswa Poltek UNSRI dan komunitas offroad Palembang.

Di awal kunjungan, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi secara simbolis menyerahkan bingkisan kepada keluarga Stunting dan membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu kemudian melepas burung merpati.

Selain itu, Pangdam II/Swj beserta rombongan langsung menuju ke lokasi Komplek Tanaman Hortikultura untuk meninjau Produk Techno buatan mahasiswa yang bekerjasama dengan masyarakat dan Korem 044/Gapo.

Sejumlah produk pertanian, termasuk sereal beras, jagung, dan buah sargum hortikultura, telah ditanam di lahan tersebut. Termasuk hasil tanam yang meliputi pembibitan seperti bibit Pinang Batara dan tanaman berkayu. Selain itu, ada juga perikanan yang meliputi metode tambak Bioflok, mina padi, jenis lele, lele dan nila.

Kawasan agrowisata ini juga dilengkapi dengan peternakan, antara lain sapi, kambing, dan ayam. Selain itu, ada juga spot foto, taman bunga dan wahana permainan, exit fish technology dan Bios 44 Biofloc, solar panel untuk air kebun sayur.

Menurut laporan yang diterima dari lapangan, hasil jerih payah warga desa Gelebek telah menghasilkan padi, sayuran, ikan dan tanaman hidroponik lainnya.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan perkembangan ekonomi ini sangat luar biasa dampaknya dan sudah banyak terlihat hasilnya, semoga ini menunjukkan bahwa kerjasama itu sangat penting.

“Saya melihat ini terjadi di semua kementerian, lembaga masyarakat, elemen masyarakat yang memiliki program luar biasa sehingga kerjasama diharapkan sebagai pilot project dengan memaksimalkan elemen sumber daya luar biasa tersebut,” ujar Pangdam.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo Brigjen Naudi Nurdika, memperkenalkan konsep Smart System Technology dengan menggunakan sistem ITE.

“Harus dikatakan bahwa revitalisasi lahan terlantar atau lahan non produktif sudah pasti harus dilakukan, saat ini konsep pemanfaatan lahan terlantar atau lahan produktif dengan mekanisme revitalisasi sedang dikembangkan menjadi model produktif untuk lahan pertanian, perikanan, perkebunan dan perkebunan. pengolahan air bersih dan pengenalan teknologi Smart System menggunakan ITE,” Brigjen Naudi Nurdika.(10)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button