Berita Wisata

Karst Sangkulirang Mangkalihat, Destinasi Eksotis dengan Peninggalan…

LANGIT7.ID, Jakarta – Karst Sangkulirang Mangkalihat merupakan objek wisata di wilayah Kalimantan Timur yang memiliki banyak potensi alam. Mulai dari kayu, non kayu, batuan mineral, hingga sarang burung walet dan sejenisnya.

Karst Sangkulirang Mangkalihat juga dikenal sebagai penyedia sarang burung walet terbesar di dunia.

Di kawasan ini Sahabat Langit7 akan menemukan pesona gua peninggalan lontar yang berusia sekitar 10.000 SM, dan telah menjadi situs sejarah yang populer di dunia internasional. Sementara banyak wisatawan mancanegara berkunjung untuk menikmati jejak telapak tangan di sepanjang dinding gua.

Baca Juga: Kawasan Taman Gunung Langit Ditetapkan Sebagai Tempat Hunian Wisatawan

Selain itu, di lokasi ini Sahabat Langit7 juga akan menemukan deretan pegunungan karst yang membatasi Sangkulirang hingga Kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Timur.

Hal inilah yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata edukasi sekaligus wisata alam yang indah.

Karst Sangkulirang mangkalihat ditetapkan sebagai situs sejarah karena tempat ini terdiri dari wilayah seluas 2.145.301 ha dari Kabupaten Berau hingga Kabupaten Kutai yang memiliki situs gambar lontar dan beberapa peninggalan sejarah di dinding puluhan gua dan lorong panjang di dalamnya.

Bahkan, sisa-sisa tersebut diyakini sebagai awal penyebaran keluarga manusia purba Austronesia. Dengan kata lain, Karst Sangkulirang Mangkalihat menjadi titik awal munculnya manusia purba di muka bumi.

Sebagai tempat wisata edukasi, karst memiliki kawasan plaeontologi, arkeologi, situs fosil, struktur geologi dan mineral, litologi serta berbagai flora dan fauna endemik. Keberadaan gua, sungai bawah laut, cadangan bahan kapur dan semen cukup melimpah.

Saat berkunjung ke kawasan ini, Sahabat Langit7 akan disuguhi pemandangan ornamen alam berupa stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan. Ada juga berbagai flowstone yang memancarkan sinyal kristal kalsit yang menarik.

Tak hanya itu, saat Sahabat Langit7 menjelajahi gua-gua bawah tanah di sepanjang pegunungan karst, Anda juga akan menghadapi tantangan dan adrenalin karena setiap tempat memiliki ketinggian air yang berbeda.

Kart Sangkulirang Mangkalihat juga memiliki potensi sungai bawah tanah yang dapat disadap. Selain potensi alam yang dapat meningkatkan nilai ekonomi seperti hutan kayu dan non kayu, batuan mineral, potensi wisata alam dan sarang burung walet yang cukup menjanjikan.

Baca juga: Desa Wisata Berkemas Tawarkan Pengalaman Aktivitas Eduwisata Berbasis Alam

Dengan kekayaan yang melimpah tersebut, sebagian masyarakat giat memperjuangkan kawasan karst Sangkulirang Mangkalihat agar tidak terkena eksploitasi besar-besaran.

Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi mengatakan kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi wisatawan. Memang daerah ini memiliki kekayaan alam yang sangat berharga yang harus dikembangkan agar wisatawan mancanegara bisa menikmatinya.

“Tidak hanya dengan berwisata, kita juga bisa belajar banyak tentang sejarah, ilmu alam dan ekosistem di sana. Bahkan banyak juga peneliti asing yang datang,” kata Kasmidi dikutip Senin (5/12/2022).

(lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button