Berita Wisata

Bukan Cuma Pura, 10 Wisata Klaten Ini Cocok Untuk Penyembuhan Ringan

Klaten

Wisata di Klaten ini lho banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi selain berbagai candi. Ini cocok untuk liburan singkat di tengah kesibukan kerja.

Klaten, Jawa Tengah tidak hanya menawarkan wisata candi saja lho. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata religi.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

detikcom merangkum pada Selasa (12/6/2022) pariwisata Klaten tidak kalah menarik dengan daerah lain di Jawa Tengah.

1. Desa Gir Pasang

Gir Pasang adalah sebuah desa yang terletak di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Yang unik dari desa ini adalah Anda bisa menaiki gondola untuk menuju ke sana.

Pemandangan alamnya juga menakjubkan, gondola, 1001 anak tangga dan kafe khas Gir Pasang. Pengunjung bisa menaiki gondola yang berada sekitar 150 meter di atas jurang. Cukup membayar Rp 60.000 untuk 4 orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam Gir Pasang dari atas.

2. Taman Kalimosodo

Kalimosodo yang semula merupakan saluran air tua kini menjadi objek wisata NgehitsKalimosodo, awalnya saluran air tua yang menjadi objek wisata Ngehits Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Pertama, ada Taman Kalimosodo. Tempat wisata di Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah ini awalnya hanyalah sebuah sungai dengan aliran air purba di dekatnya. Harga tiketnya hanya Rp 5.000, tapi kalau ada pentas seni harganya Rp 10.000.

Di sini, traveler bisa berfoto dengan latar belakang sungai kuno peninggalan zaman kolonial Belanda. Talang itu disebut Plengkung Pitu. Ada juga spot foto lain yang tak kalah menarik.

3. Umbul Manten

Umbul Manten terletak di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul dalam bahasa Jawa berarti mata air. Maka tidak heran jika destinasi yang satu ini juga menawarkan wisata bahari.

Umbul Manten menawarkan wisata bahari yang masih sangat alami. Selain airnya yang sangat jernih, kolam Umbul Manten juga dikembangkan sealami mungkin. Sisi-sisi kolam dihiasi dengan pohon-pohon tinggi sehingga terlihat hijau dan segar.

Harga tiket masuk ke Umbul Manten sangat terjangkau. Traveler hanya perlu membayar sekitar Rp10.000 per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

4. Bulan Sungai Baru Klaten

Sungai Bulan Kali Pusur pergi dan berkemahRiver Moon Kali Pusur Berkemah Foto: Achmad Syauqi/detikcom

New River Moon Klaten terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. River Moon merupakan destinasi wisata yang menawarkan atraksi yang cukup lengkap. Dari kunjungan kuliner ke restoran hingga jalan-jalan di luar ruangan.

Bagi traveler yang suka mencicipi beragam makanan, bisa mencoba berbagai hidangan di River Moon Resto. Namun, bagi wisatawan yang menyukai petualangan, bisa mencoba river tubing dan bermain di arena yang sudah ada.

Untuk River Tubing, traveler cukup membayar Rp15.000 untuk jarak 500 meter dan Rp40.000 untuk jarak 2 kilometer. Sedangkan untuk harga sekali jalan yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan paket yang dipilih. Kisaran harganya mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 90.000.

5. Umbul Ponggok

foto bawah air dengan kostum putri duyungFotografi bawah air di Umbul Ponggok Foto: detikTravel

Bagi Anda yang suka bermain air, Umbul Ponggok tidak boleh dilewatkan. Zona Objek Wisata Air ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Di sini kamu bisa bermain air sampai puas. Air Umbul Ponggok sangat jernih bahkan Anda bisa berfoto di bawah air dengan berbagai properti yang tersedia.

6. Resto Ketjeh

Terakhir ada Ketjeh Resto, tempat wisata yang dikelola oleh Desa Bumdes Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Destinasi ini dulunya hanya berupa kolam selada air dan kangkung. Jika berkunjung ke tempat tersebut, wisatawan akan disuguhi menu khas ikan air tawar dan panorama yang Instagrammable.

Mengusung konsep restoran semi outdoor, tempat makan bernama Ketjeh Resto ini terbilang unik. Pengunjung bisa melakukan ketjeh (bermain di air dangkal) sambil makan atau selfie di tengah aliran air yang jernih.

Puluhan meja kayu dengan motif etnik dan minimalis tertata di tengah genangan air setinggi mata kaki. Sambil makan, wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan bermain air.

7. Kali Talang

Destinasi wisata Klaten ini terletak di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Ekowisata Kali Talang atau Kali Talang menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang indah.

Lokasi destinasi ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Oleh karena itu destinasi yang harus dikunjungi untuk menikmati keindahan Merapi dari dekat tanpa harus mendaki.

Biaya masuk ke kawasan ini sangat terjangkau. Cukup dengan membayar sekitar Rp 2.000, traveler sudah bisa menikmati keindahan alam sekitarnya.

8. Ombul Siblarak

Umbul Siblarak merupakan salah satu destinasi wisata pantai di kecamatan Polanharjo, Klaten. Meski belum sepopuler Umbul Ponggok atau Umbul Manten, kolam mata air ini menawarkan suasana yang sejuk dan eksotis.

Udara segar persawahan yang bisa dinikmati sambil berenang atau minum kopi di kebun menjadi sajian menarik di Umbul Siblarak. Meski panas, kawasan Umbul dinaungi gemericik air Umbul Manten yang menjadi sumber utama suplai tambak.

9. Masjid Majasa

Masjid Majasem terletak di Dusun Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Klaten, sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Masjid Majasem berusia ratusan tahun dan telah beberapa kali dipugar. Menurut Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Majasem, Sugimin, masjid ini didirikan pada tahun 1385 dan pernah menjadi tempat berkumpul dan berdakwah Wali Songo.

Selain kuno, masjid berusia ratusan tahun ini juga memiliki kekhasan lain. Ternyata, masjid itu sudah beberapa kali berganti nama. Sebelum era kemerdekaan, masyarakat setempat menyebut masjid Baitul Makmur.

10. Bukit Cinta

Bukit Cinta terletak di desa Gunung Gajah, kecamatan Bayat. Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam Klaten dengan banyak spot instagramable.

Lokasi yang berbeda ini termasuk jembatan, titik pandang cinta, dermaga cinta, gembok cinta, dan sarang cinta. Kagumi pemandangan sawah dan kota Klaten dari jauh.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Klaten yang bisa traveler kunjungi.

Simak Videonya “Puluhan Pasangan di Klaten Ikut Nikah Massal, Pengantin Tertua Di Usia 80 Tahun”
[Gambas:Video 20detik]
(simbol/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button