Tempat Wisata

Taman Kyai Langgeng, tempat rekreasi keluarga favorit di Magelang

Selain terkenal dengan kemegahannya Candi Borobudur di Magelang juga memiliki taman rekreasi Kyai Langgeng dengan pesona alam yang menawan dan wahana yang lengkap sebagai destinasi rekreasi dan edukasi keluarga yang populer.

harga tiket: Rp30.000, Waktu aktif: 08.00-14.00 WIB, Alamat: JL.Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Magelang adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah. Salah satu hal yang membuat kota Magelang terkenal adalah Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Selain itu, pekan Wajik juga menjadi ikon kuliner kota Magelang. Kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman Kyai Langgeng merupakan objek wisata yang menyenangkan bagi siapa saja yang berkunjung. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang akan berlibur bersama rombongan keluarga. Di tempat ini, wisatawan secara alami dididik kembali dengan kemasan yang menarik. Selain itu, berbagai wahana ditawarkan di tempat ini untuk menunjang pariwisata.

Wisatawan yang berada di Magelang sebaiknya tidak hanya merencanakan liburan ke Candi Borobudur, tetapi juga berwisata ke Taman Kyai Langgeng. Sayang sekali jika Anda melewati tempat wisata keluarga ini.

Daya Tarik Taman Kyai Langgeng

Objek Wisata Taman Kyai LanggengKredit foto: Google Maps Elsa Adiningsih

Taman Wisata Kyai Langgeng memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menjadikan tempat ini sebagai tujuan utama wisata keluarga. Taman ini hampir menyerupai tempat wisata Dufan Ancol di Jakarta. Hanya saja taman di Magelang ini merupakan versi mini dari Ancol. Dengan beberapa atraksi seperti:

1. Destinasi wisata edukasi

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga. Karena anak-anak dan orang dewasa menerima berbagai pelatihan di sini. Tentunya belajar di tempat wisata ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini juga terbantu dengan lingkungan yang asri dan sejuk dengan berbagai pepohonan yang mengelilinginya.

Tempat ini dianggap edukatif karena memiliki infrastruktur yang bisa dijadikan media pembelajaran bagi pengunjung. Juga mendukung pembelajaran ini adalah adanya replika pesawat yang dapat dilihat oleh wisatawan. Kemudian ada tumbuhan langka dan juga kebun binatang dengan nama latin dan penjelasannya serta desa buku yang menarik.

2. Perjalanan yang Wajar

Seperti yang disebutkan, taman ini hampir mirip dengan Dufan Ancol dengan beragam wahana yang ditawarkan. Wahana di taman ini juga dikelompokkan berdasarkan kategorinya masing-masing. Ada adventure drive, water drive dan juga game drive.

Dalam kategori wahana, terdapat berbagai wahana seru dan menarik untuk dikunjungi. Misalnya ada flying fox, kereta mini, bioskop 6D dan juga mobil wisata bagi yang ingin berpetualang di kawasan taman ini. Sedangkan untuk wahana air ada kolam renang, becak air dan lain sebagainya. Permainannya pun tak kalah menarik, seperti becak mini dan bianglala.

Alamat dan rute menuju lokasi Taman Kyai Langgeng

Alamat Taman Kyai LanggengKredit foto: Google Maps Rino Setyo P

Jadi, di Magelang, di manakah lokasi Taman Kyai Langgeng? Taman ini terletak tepat di Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Bagi yang belum tahu tempat ini bisa mencantumkan nama tempat wisata ini di Google Maps dan tentunya akan ditampilkan keberadaannya.

Untuk rute menuju lokasi bisa menggunakan GPS di Google Maps karena lokasi tempat ini sudah tersedia di maps. Pengunjung yang datang dari arah Jogja dapat mengambil jalan utama Jogja-Magelang, yang kemudian melewati Mungkid dan kemudian bertemu Artos Mall. Setelah itu, ambil arah Akademi Militer kemudian lanjutkan perjalanan sekitar 3 km untuk mencapai tempat tersebut.

Tiket Masuk Taman Wisata Kyai Langgeng

Tiket masuk Taman Kyai LanggengKredit foto: Google Maps Luthfi Qoriah

Wisatawan yang berkunjung ke taman ini tentunya harus memilih hari untuk berlibur dan tidak boleh lupa isi dompet. Hari yang tepat untuk berlibur pasti saat akhir pekan tiba. Tapi untuk wisata yang satu ini lebih baik jika hari dalam seminggu atau hari biasa. Hal ini dikarenakan tiket masuk objek wisata ini berbeda.

Jika wisatawan memutuskan untuk pergi berlibur saat akhir pekan, maka akan dikenakan tiket masuk seharga Rp30.000. Namun jika berkunjung di hari biasa, tiket masuknya akan dibanderol dengan harga lebih murah yakni Rp 24.000. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

Selain biaya tiket masuk, wisatawan juga dikenakan beberapa biaya lainnya. Sedangkan untuk tiket parkir, yang tentunya berbeda-beda tergantung jenis kendaraannya. Kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000, kendaraan roda empat seperti mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Karena taman ini juga menawarkan berbagai wahana, wisatawan yang mencoba wahana ini dikenakan biaya tersendiri. Namun, tidak ada biaya masuk untuk wahana bagi wisatawan yang tidak ingin mencoba wahana tersebut.

Aktivitas Menarik di Taman Kyai Langgeng

Aktivitas di Taman Kyai LanggengSumber gambar: Google Maps Bamsbreeder

Karena dasar dari taman ini adalah sebagai sarana rekreasi edukatif, tentunya ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di taman ini. Bagi Anda yang berkunjung ke taman ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan antara lain:

1. Kegiatan Outbound

Taman rekreasi ini sangat cocok untuk kegiatan di luar di dalam, meskipun berada di tengah kota. Hal ini dikarenakan taman ini memiliki hutan buatan dan memang letaknya yang strategis dan mendukung diadakannya outbond. Anda tidak perlu khawatir tentang undangan Pengelola acara sebagai pemandu, karena sudah ada pemandu di taman ini.

Tak heran jika banyak orang yang mengunjungi tempat ini bersama rombongan. Seperti keluarga besar, anak sekolah atau hanya anak muda yang bermain bersama teman-temannya di taman ini.

2. Naik kereta air melewati taman

Taman Kyai Langgeng tidak hanya dibuat dengan hutan buatan di tengah kota, tetapi juga tidak jauh dari Sungai Bangkong. Meski bersebelahan dengan keberadaan sungai alami, di tempat wisata ini juga telah dibuat sungai buatan untuk menunjang kegiatan rekreasi tersebut. Banyak wahana air yang disuguhkan dari tempat wisata populer ini.

Kereta air adalah salah satu wahana air yang bisa dinikmati wisatawan dari segala usia. Kereta air ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati keindahan taman ini namun tidak ingin berjalan kaki. Jika naik kereta ini, para wisatawan akan mengelilingi taman ini dengan berjalan kaki menyusuri sungai buatan ini.

3. Tonton bioskop 6 dimensi

Salah satu wahana penunjang pembelajaran di taman ini adalah bioskop 6 dimensi yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Ketika sebuah bioskop menyajikan film dalam bentuk 3D atau 4D, itu sudah biasa di mata wisatawan. Namun, untuk bioskop di taman ini dirancang dan ditampilkan dengan 6 dimensi.

Ini akan menjadi pengalaman baru ketika Anda mengunjungi tempat ini. Banyak hal unik yang dikemas dalam kegiatan ini.

4. Naik tandem

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas berkuda atau bersepeda, taman ini juga menawarkan penyewaan sepeda. Sepeda taman ini sangat khas karena merupakan sepeda tandem. Biasanya sepeda hanya dikendarai oleh satu orang, tetapi ketika Anda menyewa sepeda tandem Anda membutuhkan dua orang untuk mengendarainya.

Kegiatan bersepeda ini tentunya membutuhkan kekompakan kedua orang yang mengayuhnya. Tanpa kekompakan, pengendara pasti akan terjatuh dari motor tandem ini. Harga sewa sepeda tandem sangat murah, hanya Rp 10.000, jadi Anda bisa naik sepeda tandem keliling taman ini.

5. Ambil foto di berbagai tempat keren

Bagi wisatawan yang sedang berlibur tentunya ingin mengabadikan momen terindah. Di taman ini terdapat banyak spot foto yang menarik dan instagramable dengan background dan wahana yang alami. Taman ini juga memiliki fotografer yang dapat Anda sewa jika Anda menginginkan hasil yang bagus estetika.

Fasilitas yang tersedia di Taman Kyai Langgeng, Magelang

Fasilitas Taman Kyai LanggengKredit foto: Google Maps destu83

Hal terakhir yang berperan penting dalam kelancaran segala aktivitas adalah fasilitas yang memadai. Tentunya tanpa fasilitas tersebut, tempat wisata ini tidak akan menarik. Untuk tempat wisata kali ini adalah Taman Kyai Langgeng yang memiliki berbagai fasilitas bagi wisatawan diantaranya tempat parkir yang sangat luas. Kendaraan bus juga bisa diparkir di tempat parkir mobil.

Selain tempat parkir, tempat wisata ini juga memiliki mushola bagi umat muslim yang akan mengadakan ibadah. Toilet juga tersedia di beberapa tempat wisata untuk kenyamanan pengunjung.

Bagi pengunjung yang lapar jangan khawatir karena di tempat ini juga ada food court dekat tempat parkir dan juga toko oleh-oleh bagi yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga.

Berikut ulasan berbeda tentang Taman Kyai Langgeng di Magelang. Selain mengunjungi Candi Borobudur, jangan lupa untuk mengunjungi taman wisata ini bersama keluarga di hari libur dan akhir pekan!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button