Tempat Wisata

Alamat, fasilitas dan tiket

Pantai Kuta Lombok – Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Lombok juga memiliki pantai yang indah dan alami bernama Pantai Kuta. Hal ini bisa dimaklumi karena kebanyakan orang saat ini hanya mengetahui bahwa pantai yang bernama Pantai Kuta hanya ada di Pulau Dewata, tepatnya di Bali.

Ya, tidak ada yang salah, tidak ada dosa karena tidak tahu.

Nah, tapi sekarang bagi kalian yang datang kesini dan membaca artikel ini diharapkan untuk melapor kembali setelah membaca artikel ini atau minimal konfirmasi jika ada yang bertanya apakah memang ada pantai Pantai Kuta di Lombok.

Dengan begitu Anda telah ikut andil dalam membuat pantai ini semakin dikenal dan dikenal, sehingga semakin dikenal oleh calon wisatawan.

gambar pantai kuta lombok

Pantai Kuta Lombok

Lombok merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata. Dari ujung barat hingga ujung timur, utara hingga selatan, pulau berjuluk Pulau Seribu Masjid ini menawarkan sederet tempat wisata menarik yang tentunya menantang untuk dijelajahi.

FYI. Daftar lengkap tempat wisata di Lombok sudah kami ulas mulai dari wisata pantai hingga wisata edukasi yang tersebar di Lombok Utara, Lombok Barat dan Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Selatan.

Untuk informasi wisata Lombok lainnya, silahkan baca artikelnya Tempat wisata di Lombok.

Pantai Kuta Lombok bagi wisatawan lokal merupakan salah satu dari beberapa tujuan wisata populer di Lombok yang selalu menjadi tujuan liburan mereka setiap akhir pekan atau saat liburan panjang.

Pantai Pasir Merica Kuta Lombok

Dengan suasana pantai yang bersih, alami, sejuk dan tenang, pantai ini menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai dan menghanyutkan segala beban dan penat kehidupan sehari-hari.

Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang panjang dengan jalur yang berkelok-kelok. Pasir pantainya berwarna putih dan sedikit lebih besar dari kebanyakan pasir pantai lainnya.

Banyak yang mengatakan butiran pasir sebesar merica di Pantai Kuta Lombok merupakan tempat bersarangnya ulat nyal (ini terkait dengan legenda Putri Mandalika) yang biasanya datang ke pantai pada bulan-bulan tertentu.

Kemudian pantai ini memiliki suasana yang lebih bagus berkat bukit-bukit hijau yang mengelilingi hampir seluruh area. Tempat yang paling terkenal dan menjadi salah satu tempat untuk mengamati bentangan Pantai Kuta adalah Bukit Mandalika yang terletak di sisi barat pantai.

pantai seger kuta lombok

Kemudian kegiatan yang biasa dilakukan wisatawan yang datang ke pantai ini, duduk santai di atas pasir putih atau berbaring di beberapa kursi yang disediakan pengelola sambil menikmati pantai. pandangan pantai mandalika yang indah. Selain itu, ada juga yang menyenangi berenang, selancar, snorkeling, dan olahraga air lainnya.

Legenda Putri Mandalika di Pantai Kuta Lombok

Ada cerita tentang pantai ini yang diwariskan secara turun-temurun dan menjadi legenda di kalangan masyarakat sekitar Pantai Kuta, Lombok Selatan. Namun, dahulu kala ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang tidak sengaja menenggelamkan dirinya di Pantai Kuta ini.

Kejadian itu bermula ketika sang putri cantik, anggun dan menawan menjadi rebutan setiap pria dan pangeran di Lombok. Tidak ingin persaingan para lelaki menimbulkan hal yang tidak diinginkan, sang putri akhirnya mendaki bukit di sebelah barat pantai (yang sekarang disebut Bukit Mandalika) dan melompat ke laut, yang kemudian menelan tubuhnya.

Hal yang menarik dari cerita legenda ini adalah adanya keterkaitan antara perkataan atau janji sang putri sebelum turun dari bukit ke air laut, dengan munculnya cacing nyale di pantai ini. Konon sebelum terjun, sang putri berjanji akan kembali setahun sekali dan membawa keberuntungan atau berkah bagi masyarakat.

Bukit Mandalika Pantai Kuta Lombok

Bahkan, cacing Nyale yang tak terhitung jumlahnya muncul di pantai ini setiap bulan Februari hingga Maret dan diburu oleh orang-orang yang datang dari berbagai daerah di Lombok.

Cacing Nyale ini diyakini sebagian masyarakat Lombok sebagai wujud janji Putri Mandalika. Menurut penduduk setempat, percaya atau tidak, cacing Nyale ini berasal dari rambut Putri Mandalika.

Alamat Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok terletak di desa Pujut, Lombok Tengah, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan mancanegara terkadang menyebutnya Pantai Kuta Lombok Selatan karena letaknya di Lombok Selatan namun masih termasuk wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Jalan menuju Pantai Kuta

Ada beberapa alternatif jalan menuju pantai kuta lombok yang bisa kita pilih, tentunya hal ini tergantung dari mana anda berasal atau dimana anda berada saat ini. Diukur dari ibu kota provinsi, jarak kota Mataram ke Pantai Kuta Lombok sekitar 47,3 kilometer. Anda dapat mencapainya dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan darat jalan pintas Bandara Internasional Lombok.

Jika Anda mengaksesnya sendiri dari Bandara Internasional Lombok, waktu tempuh yang dibutuhkan pun lebih singkat, sekitar 27 menit berkendara dengan jarak tempuh hanya sekitar 13,2 kilometer.

Kondisi jalan yang anda lewati hingga sampai di kawasan pantai ini cukup bagus. Hanya saja saat ini jalanan masih cukup sepi dan hampir tidak ada angkutan umum. Kalaupun demikian, biasanya perwakilan sopir angkutan mengenakan biaya yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berasal dari luar kota atau dari Mataram, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau taksi bandara. Atau Anda bisa berlibur ke pantai Kuta dengan mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh banyak tour operator.

putri-mantalika-pantai-kuta-lombok

Dalam perjalanan sebelum sampai di pantai kuta, anda akan melewati salah satu desa wisata di pulau lombok. Desa ini bernama Desa Sade. Jika mau dan memungkinkan, berkunjunglah sejenak ke desa tersebut untuk melihat proses pembuatannya atau membeli beberapa gelendong kain khas Lombok. Selain kain tenun, banyak juga hal menarik yang bisa Anda temukan di desa ini.

Fasilitas di Pantai Kuta Lombok

Fasilitas umum di Pantai Kuta, Lombok bisa dibilang cukup lengkap. Beberapa dari mereka adalah:

  1. Tempat parkir yang luas untuk kendaraan bermotor
  2. Warung atau kios yang menjual makanan
  3. kamar mandi dan toilet
  4. ATM
  5. tempat ibadah (masjid)
  6. akomodasi
  7. lokasi persewaan ski jet dan alat olahraga Air Aneka ragam.

fasilitas-kuta-lombok-pantai

Untuk pilihan akomodasi, tersedia beberapa hotel dan bungalow di sekitar pantai ini, dengan berbagai macam fasilitas dan harga yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan budget anda. Tiga di antaranya adalah Bungalows Cockatoo, Hotel Kuta Indah Lombok, dan Novotel Carolia Lombok.

Tips kami, jika memang tidak ingin menginap, jangan pulang dari pantai ini setelah jam 6 sore. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam perjalanan pulang nanti.

Harga tiket masuk Pantai Kuta Lombok

Kabar baik dan kelebihan dari Pantai Kuta Lombok ini adalah Anda bisa masuk dan menikmati apa yang ada di dalamnya saat itu. Tidak ada biaya yang diperlukan atau gratis tanpa tiket. Namun, jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda harus dan akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk parkir mobil dan Rp 5.000 untuk parkir sepeda motor.

Objek dan aktivitas menarik di Pantai Kuta Lombok

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Kuta yang dalam bahasa Inggris disebut Lombok Pantai Kuta Ini.

Seperti yang sudah ditulis diatas, di pantai ini anda bisa bersantai di pinggir pantainya yang bersih dan berpasir putih, snorkelbermain di air dan berenang, berselancar, bermain perahu pisang dan ski jetuntuk menikmati keindahan matahari terbenam saat sore hari.

kuta-lombok-pantai-selatan

Lalu, jika sempat, tidak jauh dari Pantai Kuta – di sebelah timurnya – terdapat sebuah pantai yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai yang sering disebut Pantai Seger Kuta Lombok ini berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta.

Suasana di Pantai Seger juga sangat bagus. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di sana juga. Juga lebih snorkel dan berselancar, maka pantai ini adalah tempat yang paling cocok untuk anda.

Pantai Kuta Lombok Mandala memang tempat liburan yang sangat menarik dan menyenangkan. Selain menikmati keindahan alam dan kesejukan kawasan, kita juga bisa belajar sejarah kuno dari legenda Putri Mandalika. Kemudian jika ada kesempatan kita juga bisa melakukan wisata budaya di Desa Sade yang letaknya tidak jauh dari pantai ini. Jadi saat menyelam akan melewati dua atau tiga pulau, he he. Itu saja sobat, Selamat Liburan!

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button