Tempat Wisata

Pulau Kenawa Sumbawa – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Pemandangan, aktivitas liburan, tempat & biaya perjalanan – Pulau Kenawa salah satu pulau kecil yang indah di Sumbawa Barat, NTB. Surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang memukau, mulai dari keindahan bukit kecil hingga pantainya.

Biaya Tur: Mulai dari Rp250.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Panorama alam eksotis pulau Sumbawa Barat, NTB (Nusa Tenggara Barat) selalu memiliki pesona yang mampu memikat setiap hati untuk berkunjung. Tahukah Anda bahwa surga kecil bersembunyi di sana? benar, Pulau Kenawa. Wilayahnya kecil dan tidak berpenghuni, tetapi kekayaan lautnya luar biasa.

Sebagian kawasan ditumbuhi ilalang dan rerumputan yang berwarna hijau pada musim semi dan menguning pada musim kemarau. Semua keindahan alam alam terwakili dengan sempurna oleh lekukan garis laut dan juga birunya air di sana.

Jika Anda mendambakan perjalanan liburan yang tak terlupakan, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat ini. Segala keindahan dan daya tarik yang menjadi andalan akan mengobati setiap penat dalam diri Anda. Mulai rencanakan budget terbaik untuk biaya perjalanan ke Pulau Kenawa sekarang juga.

Tempat Wisata Pulau Kenawa, Sumbawa+

Tempat Wisata Pulau Kenawa, SumbawaSumber Gambar: Google Maps Lalu Widi Kurniawan

1. Pesona perbukitan

Di tengah laut terdapat sebuah bukit kecil yang terlihat indah dari daratan. Lokasi ini juga banyak dijadikan sebagai objek berfoto untuk diunggah ke media sosial. Selain itu, titik ini juga sangat cocok sebagai lokasi untuk mengambil pesona sunrise dan sunset. Pepohonan yang tumbuh disana terlihat begitu asri dengan warna hijau membuat suasana semakin rindang.

2. Savana

Daya tarik lainnya adalah hamparan sabana yang terbentang jauh di sekitar bibir pantai. Padang rumput tumbuh di sepanjang pantai sepanjang 1,73 km. Warnanya hijau saat musim hujan tiba. Sedangkan saat musim kemarau tiba akan berubah warna menjadi coklat dan terlihat kering dan kering. Tempat ini juga bagus untuk bersantai dan berfoto dengan latar belakang yang menakjubkan.

3. Air laut yang jernih

Keindahan laut di Pulau Kenawa menjadi daya tarik yang juga menarik setiap wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya di sana. Airnya begitu jernih sehingga mata bisa mengungkap beragam kehidupan makhluk bawah laut. Warnanya biru dengan nuansa hijau, enak dipandang mata dan jiwa.

4. Jalan kayu

Tempat Wisata yang dimiliki Pulau Kenawa, SumbawaSumber gambar: Google Maps Sergey Shvetsov

Dermaga kayu panjang membelah beberapa tepi air dan menjadi salah satu pangkalan utama yang bisa Anda temukan di sana. Dari titik ini Anda bisa menikmati keindahan laut sambil menatap ke bawah yang dipenuhi berbagai jenis ikan yang lucu dan cantik. Di tempat ini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto atau sekedar duduk santai.

5. Kehidupan laut

Berbagai spesies makhluk bawah laut hidup dan berkembang biak di dasar permukaan. Terumbu karang terlihat begitu indah dari atas karena airnya yang begitu jernih. Anda yang puas dengan aktivitas snorkeling bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai media untuk memuaskan hobi ini. Jika Anda bukan seorang profesional, jangan khawatir karena Anda masih bisa melihatnya dari atas jalan setapak kayu.

6. Pasir coklat

Tempat ini tidak memiliki keindahan pasir putih dari sebagian besar destinasi laut di Indonesia. Namun, bukan berarti tidak menarik untuk dikunjungi. Karena pasirnya yang berwarna coklat justru memberikan nuansa eksotis yang lebih kental. Situasinya juga bersih dan jauh dari polusi. Selain itu juga nyaman untuk dilewati karena teksturnya yang tidak kasar.

Alamat, Lokasi Rute & Biaya Perjalanan ke Pulau Kenawa

Alamat pulau KenawaKredit Foto: Google Maps Purnomo Sri Herlambang

Untuk menuju lokasi Pula Kenawa, wisatawan harus memulai perjalanannya dengan titik keberangkatan di Pelabuhan Kayangan Lombok. Dari sana Anda bisa menyeberang dengan transportasi laut yang tersedia. Jarak yang harus ditempuh sekitar dua jam. Anda kemudian akan diantar menuju area pelabuhan selanjutnya yaitu Pota Tano di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sesampai di sana, perjalanan dilanjutkan menyeberang ke dermaga sekitar 200 meter. Itu adalah utara dari pelabuhan Poto Tano. Dari sana Anda bisa menggunakan semacam transportasi laut berupa perahu kayu yang dikemudikan warga sekitar. Waktu yang dibutuhkan untuk titik ini adalah sekitar 20 menit.

Setibanya di Pulau Kenawa, Anda langsung disuguhi pemandangan yang menakjubkan tepat di depan mata Anda. Tenang, tenang, sejuk dan berbagai keindahan lainnya terlukis dengan indah. Jika Anda datang saat musim hujan, Anda akan menemukan pemandangan padang sabana yang ditumbuhi rerumputan hijau dan segar. Namun, ketika musim kemarau tiba, semuanya menjadi kekuningan dan kering.

Tips penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang merencanakan liburan di tempat ini adalah persiapan persediaan air yang cukup. Karena pada musim kemarau akan sulit bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan minum Anda. Juga, pastikan untuk mempersiapkan fisik yang sehat untuk beradaptasi dengan iklim setempat.

Mengacu pada anggaran yang perlu disiapkan untuk mengunjungi pulau eksotis di Sumbawa tersebut, yaitu sekitar Rp 250.000 untuk transportasi pulang pergi.

Untuk konsumsi dan juga akomodasinya, bisa dihimpun dari beberapa referensi terpercaya dari biro perjalanan. Tidak ada persyaratan minimal untuk jumlah pastinya, karena Anda sendiri yang mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan di sana.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kenawa

Aktivitas Menarik di Pulau KenawaKredit foto: Google Maps ASW22

1. Melihat matahari terbit dan terbenam

Di pulau ini terdapat sebuah bukit kecil yang bisa Anda daki saat senja dan fajar. Karena dari titik ini Anda bisa dengan jelas melihat sisi terbaik dari matahari terbenam, yang menunjukkan warna kekuningan di langit. Saat fajar menyingsing, suasana dingin disertai keindahan cahaya matahari terbit juga terlihat jelas dari spot tersebut.

2. Snorkeling di perairan pulau

Kekayaan dasar laut yang disajikan dengan indah menjadi daya tarik pulau Kenawa. Keanekaragaman yang ada di dalamnya membuatnya cocok sebagai objek untuk olahraga atau aktivitas air, seperti snorkeling.

Tentunya terutama bagi Anda yang senang menikmati keindahan dasar laut, kondisi ini tidak boleh dilewatkan. Ada juga banyak yang menyewa alat yang sesuai.

3. Berkemah

Luasnya dataran dan perbukitan yang terbentang indah dengan puncak yang pas menjadikannya pilihan terbaik untuk berkemah. Selain itu, pemandangan indah di malam hari dengan panorama alam yang mengesankan menjadi alasan pelengkap kegiatan ini. Anda dapat membawa peralatan yang sesuai dari rumah atau menyewanya dari toko persewaan lokal.

4. Mendaki bukit

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau KenawaKredit foto: Google Maps Yeyen Fitria

Terdapat sebuah bukit kecil yang biasa digunakan sebagai tempat camping atau untuk mengabadikan sunrise dan sunset. Anda bisa mendakinya sebagai alternatif aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Namun, perhatikan juga bahwa Anda juga perlu berhati-hati karena kemiringannya hingga 60 derajat. Juga, akses menjadi agak licin pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

5. Duduk di dermaga kayu

Sebagai alternatif untuk menikmati keindahan dasar laut, Anda bisa melihatnya dari atas dermaga kayu yang ada. Aktivitas ini bisa dilakukan jika Anda tidak pandai snorkeling. Selain itu, Anda bisa bersantai di atasnya, menikmati hembusan dan kesegaran air laut yang jernih dan menyejukkan.

6. Berlindung di gazebo

Sebuah paviliun dibangun di sepanjang pantai untuk para pengunjung yang ada di sana. Jika Anda membutuhkan tempat untuk bersantai menghindari sinar matahari langsung tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan. Kualitas bangunan baik dengan kebersihan dan perawatan yang baik oleh pengelola.

7. Ambil foto

Kegiatan ini merupakan dambaan semua orang, pasalnya menyebutkan kebutuhan update timeline media sosial semakin meningkat. Cocok untuk anda yang suka mengabadikan momen liburan melalui gambar hasil jepretan terbaik dengan latar belakang pantai. Ada banyak sekali lokasi yang bisa dijadikan lokasi untuk background terbaik.

Akomodasi murah di dekat Pulau Kenawa

Akomodasi murah di dekat Pulau KenawaKredit foto: Google Maps Im2 Faisal

1. Resor Pantai Wales dan Ombak

Akomodasi terdekat yang bisa menjadi pilihan adalah Wales dan Waves Beach Resort yang lengkap. Ada WiFi, pusat kebugaran, bar dan juga parkir gratis. Untuk menginap Anda hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 681.818 per malam.

2. Homestay Solo Solo

Akomodasi terdekat adalah Sollo-sollo Home Stay yang terletak di daerah Sumbawa. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, pelayanannya ramah dan tidak ribet. Biaya menginap yang perlu Anda persiapkan adalah Rp 123.967,- per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kenawa, Sumbawa

Fasilitas di Pulau Kenawa, SumbawaKredit foto: Google Maps Rizky Ugianti

Sebagai salah satu kawasan pariwisata unggulan di daerah Sumbawa, perkembangan sarana prasarana tentu sudah baik dan lengkap. WC, tempat persewaan, mushola, WC umum, dermaga, warung dan fasilitas penunjang lainnya siap anda gunakan. Kebersihan yang ditawarkan juga sangat baik, sehingga kealamiannya tetap terjaga dengan baik.

Demikian uraian singkat tentang Pulau Kenawa di Sumbawa Barat yang bisa menjadi informasi untuk perencanaan liburan anda. Banyak keindahan dan atraksi yang ditawarkan serta aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Rencanakan liburan terbaik dengan budget dan perhitungan yang matang agar tidak mengganggu aktivitas Anda nantinya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button