Tempat Wisata

Pantai Cemara Sadu Jambi – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Cemara Sadu Salah satu wisata pantai unik di Tanjung Jabung Timur, Jambi yang menarik untuk dijelajahi. Pantai yang indah ini merupakan tempat migrasi burung dari Asia Timur dan Australia.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab.Tanjung Jabung Timur, Jambi; map: pemeriksaan situs

Negeri Andalas memiliki keistimewaan alam tersendiri. Bukan hanya karena deretan pegunungan di tengahnya, namun pantainya juga tak kalah memukau. Di salah satu provinsi terluas yaitu Jambi, terdapat sebuah pantai yang unik. Tempat ini adalah Pantai Cemara Sadu.

Obyek wisata ini terkenal sebagai daerah migrasi berbagai jenis burung dari seluruh dunia. Tak ayal, fenomena ini menjadi bonus bagi wisatawan yang ingin singgah ke sana sekadar untuk menghabiskan waktu luang. Selain itu, ada berbagai hal lain yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke sana.

Letaknya yang dekat dengan salah satu taman nasional terbesar di nusantara, bahkan di seluruh Asia Tenggara, membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Tidak jarang orang datang ke sana hanya untuk berburu foto. Karena panorama yang ditawarkan membuat rugi semua orang yang datang jika tidak melakukan aktivitas tersebut.

Daya tarik Pantai Cemara Sadu

Obyek wisata Pantai Cemara JambiSumber gambar: Twitter Cipto Dwi Handono

1. Migrasi burung dari seluruh dunia

Ini adalah daya tarik utama yang membuat orang datang ke sana. Dengan mengunjungi tempat tersebut, pengunjung dapat melihat langsung berbagai jenis burung yang bermigrasi dari tempat asalnya. Gerombolan hewan ini konon berasal dari negara utara seperti China dan Rusia.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak setiap saat wisatawan dapat menikmati fenomena alam ini. Karena migrasi hanya terjadi saat masih musim dingin di negara asal hewan tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada akhir tahun hingga beberapa waktu setelah pergantian tahun, yaitu pada bulan Desember hingga sekitar bulan Mei.

Ada puluhan jenis burung yang bisa dilihat oleh warga sekitar dan siapa saja yang berwisata di Pantai Cemara Sadu. Kawanan hewan mencari suhu yang tepat untuk mencari makanan dan tentu saja berkembang biak, bermil-mil jauhnya dari asalnya. Tidak jarang mereka melahirkan di tempat-tempat migrasi mereka karena sesuai dengan bayi mereka.

Menurut para peneliti, kawasan pesisir kawasan Sadu sebenarnya telah menjadi persinggahan ternak selama beberapa dekade. Dengan sifat dan bentuk bentang alam yang landai serta hamparan pasir yang cukup luas, sangat cocok bagi sekawanan burung untuk singgah sejenak.

Kawasan Pantai Cemara di kawasan Sadu merupakan bagian dari rangkaian jalur migrasi dari Asia Timur ke benua Australia. Ini bukti bahwa salah satu tempat di nusantara ini masih dianggap asri dan wajib dijaga keasliannya.

2. Kondisi Alam di Pantai Cemara Sadu

Karena tempat tersebut merupakan salah satu tempat lalu lalang burung dari berbagai belahan dunia, maka pihak berwenang setempat belum melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kawasan wisata tersebut. Area tersebut akan digunakan oleh hewan-hewan ini selama beberapa bulan lagi sebagai pemukiman sementara.

Pemerintah setempat khawatir fenomena indah ini akan hilang jika dilakukan pekerjaan konstruksi kecil-kecilan di beberapa tempat di sana. Burung-burung tidak lagi tertarik menggunakannya sebagai habitat sementara. Hal ini akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar mengingat hal inilah yang membuat kawasan ini begitu populer.

Langkah ini membuat keadaan disana masih relatif alami oleh tangan manusia. Pasir di sana masih bersih dan tidak terlihat sedikitpun sampah berserakan. Area pasirnya juga cukup luas, sehingga pengunjung bisa bermain dengan leluasa. Namun, kehati-hatian tetap harus dilakukan untuk memastikan aktivitas pribadi tidak mengganggu keberadaan satwa di sana.

Panorama di Pantai Cemara Sadu juga menarik banyak orang untuk menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak mengherankan karena banyak tumbuhan alami yang tumbuh disekitarnya yang membuat suasana menjadi sejuk. Dengan semua elemen yang ada, pemandangan tersebut sebenarnya sangat indah. Bahkan, tak jarang disamakan dengan pergi ke luar negeri.

3. Vegetasi di sekitar pantai

Keunikan tempat wisata ini sama dengan namanya. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai pohon pinus yang menjadi ciri khas tidak hanya pantai tetapi juga daerah tersebut. Tumbuhan ini banyak hidup di sana dan menghiasi kawasan sekitar tempat wisata di sana.

4. Pasir coklat yang memikat

Pasir yang terhampar di tempat wisata ini berwarna coklat tua yang seringkali terlihat hitam. Hal ini menambah eksotisme kawasan tersebut. Dengan luas hampir 500 hektar, sangat luas untuk dijadikan arena bermain para wisatawan. Pengunjung bisa leluasa bermain pasir.

5. Suasana sepi dan sunyi

Kawasan tersebut tidak dikembangkan lebih lanjut oleh pihak-pihak sekitar. Selain untuk menjaga kealamiannya, juga karena kondisinya yang cukup jauh dari pemukiman manusia. Namun, hal ini semakin menarik untuk dikunjungi karena wisatawan dapat menikmatinya dengan leluasa dalam kondisi yang sangat tenang dan tentram.

Alamat, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Sadu Jambi

Alamat wisata Pantai CemaraSumber gambar: Twitter jalan perjalanan

Salah satu destinasi wisata di Pulau Sumatera ini terletak di sebuah desa kecil bernama Sungai Cemara. Letaknya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tepatnya di kecamatan Sadu, Jambi. Karena itulah tempat tersebut dinamakan Pantai Cemara Sadu. Karena letaknya, titik akses bisa di air atau di darat.

Pantai ini berdekatan dengan Taman Nasional Berbak, suaka lahan basah terbesar di Asia Tenggara. Sebagian besar cagar didominasi oleh hutan rawa, sehingga jenis tanahnya adalah gambut. Sebenarnya ada juga pantai yang banyak dikunjungi burung dari luar daerah, namun persinggahannya tetap Pantai Cemara.

Karena berada di pesisir timur pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau dan dekat rawa, membuat konturnya lebih halus. Ini harus diperhitungkan saat memutuskan untuk mengunjungi tujuan ini melalui darat.

Pasalnya, infrastruktur untuk menuju kawasan tersebut belum sepenuhnya terbangun. Datang dari ibu kota provinsi Jambi, Anda perlu melakukan perjalanan ke daerah Nipah Panjang. Tempatnya berada di distrik yang sama dengan objek wisata.

Pengunjung dapat menempuhnya dengan berbagai sarana transportasi, baik pribadi maupun umum. Begitu sampai di tempat, perjalanan harus dilanjutkan dengan air. Pasalnya, pantai ini berada di kawasan rawa dan sangat sulit menggunakan transportasi darat untuk menuju ke titik wisata.

Pengunjung tidak perlu membayar apapun untuk mengakses seluruh kawasan wisata. Karena tempat ini masih dalam pengembangan, pemerintah setempat belum membangun infrastruktur yang memadai di sana, sehingga siapapun yang ingin mengunjungi tempat tersebut bisa mampir dengan leluasa tanpa khawatir dengan biaya masuk.

Tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi destinasi tersebut, namun jangan berkunjung saat hari sudah gelap. Karena tidak ada infrastruktur yang lengkap, sehingga masyarakat yang tinggal di sana hanya melihat kondisinya yang kabur.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Cemara Sadu

Kegiatan wisata di pantai CemaraSumber Gambar: Facebook Jambi, berliburlah.

1. Ambil potret

Ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke objek wisata alam ini. Karena keadaannya yang masih sangat alami, banyak hal yang bisa menjadi objek foto para wisatawan yang hadir. Selain itu, fenomena migrasi yang menjadi ciri khas objek ini juga bisa menjadi latar belakang yang cocok untuk pengambilan gambar.

2. Berjalan di sekitar pantai

Pengunjung tidak hanya dapat mengambil potret yang indah, tetapi juga menjelajahi seluruh kawasan wisata dengan berjalan kaki untuk menikmati keindahan alamnya. Hamparan pasir yang lembut dan sejuknya angin yang berhembus bolak-balik di kawasan tersebut membuat kegiatan ini wajib dilakukan. Rugi besar jika pengunjung tidak berkeliling dan menikmati semua sisi tempat.

Ada banyak hal yang bisa ditemukan di pantai yang indah ini. Selain pasir, pepohonan yang tumbuh di sekitarnya juga menjadi objek yang indah untuk dinikmati. Pengunjung bisa berjalan melewati kawasan pohon cemara yang hidup di sekitar pantai. Pengalaman liburan yang luar biasa di tempat wisata di pesisir timur Sumatera ini.

3. Berlindung di bawah naungan pohon pinus

Karena banyaknya pepohonan yang tumbuh disekitarnya, pengunjung dapat memanfaatkannya untuk berteduh dan menikmati suasana. Kegiatan yang satu ini dapat menjernihkan pikiran dan membuat tubuh rileks. Suasana di pantai eksotik Jambi ini sangat hangat dan membuat setiap orang merasakan sensasi rekreasi laut yang luar biasa.

4. Berkemah

Meski tidak ada penginapan di sekitar pantai, pengunjung bisa bermalam di tempat ini dengan mendirikan tenda bersama teman atau kerabat lainnya. Kegiatan camping memang menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati suasana malam di Pantai Cemara kawasan Sadu.

Jika Anda sudah menyiapkan tenda kemah, Anda juga bisa membuat api unggun. Menikmati kehangatan itu bersama orang-orang spesial yang juga hadir bersama adalah hal yang sangat menyenangkan memang.

Sekaligus, wisatawan bisa memasak makanan dan menyiapkan minuman panas untuk dikonsumsi rombongan peserta. Ini membuat pengalaman bersantai di sana semakin indah dan tak terlupakan.

Fasilitas di Pantai Cemara Sadu

Fasilitas wisata Pantai CemaraKredit foto: Facebook Ivan Londo

Tempat ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat wisata sejenis lainnya. Lokasinya memang cocok untuk mereka yang ingin menjelajahi daerah yang masih alami dan masih alami. Tapi setidaknya ada perahu dari penduduk setempat yang tinggal di sekitar Sungai Cemara untuk orang-orang yang hilir mudik.

Keindahan Jambi dapat ditemukan di berbagai sisi, tidak hanya di hutan konservasi. Pantai ini juga memiliki sejuta pesona alam untuk dinikmati masyarakat. Pantai Cemara Sadu adalah salah satu dari sekian banyak tempat di pesisirnya yang akan rugi jika Anda tidak mengunjunginya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button