Berita Wisata

[SIARAN PERS] Indonesia menjadi poros maritim dunia tahun depan

Selasa, 13 Desember 2022 | 20:59 WIB

Penerbit: Taofiq Raouf

konferensi pers
Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik

Kementerian Komunikasi dan Informatika
Selasa, 13 Desember 2022

Tentang

Indonesia menjadi poros maritim dunia tahun depan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pada 2023 Indonesia akan menjadi poros maritim dunia.

Memang, Indonesia dinilai telah menunjukkan kemampuannya mengelola konsep negara kepulauan, dan pada tahun 1982 secara resmi diratifikasi oleh Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kepemimpinan Indonesia dalam berbagai inisiatif maritim secara global merupakan upaya kita untuk melanjutkan Deklarasi Juanda dan memantapkan takdir kita sebagai negara kepulauan yang kuat untuk berkontribusi pada dunia,” ujarnya secara virtual dalam acara Unggulan Hari Nusantara 2022 di Marina Togo Mowondo, Wanci, Wakatobi Kabupaten, Sulawesi Tenggara pada Selasa (13/12/2022).

Dalam rangka memperingati 40 tahun Hari Nusantara yang jatuh pada 13 Desember, acara puncak Hari Nusantara 2022 digelar di Marina Togo Mowondo.

Acara bertajuk “Meningkatkan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Tumbuh Lebih Kuat” ini dihadiri langsung oleh Menteri Investasi/BKPM selaku Direktur Pelaksana Pusat, Bahlil Lahadalia; Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono; Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi; dan Bupati Wakatobi, Haliana.

Dalam kesempatan tersebut, Bahlil Lahadalia menambahkan, dipilihnya Wakatobi sebagai tempat penyelenggaraan Hari Nusantara 2022 karena potensi baharinya yang kaya selain Wakatobi yang memang merupakan taman laut nasional terbesar kedua di Indonesia.

Indonesia dengan luas daratan, kata dia, jumlah pulau yang banyak dan garis pantai yang panjang, mampu menjadi salah satu kekuatan ekonomi untuk mendukung pembangunan nasional. Bahlil mengatakan, inilah yang menjadi alasan pemerintah terus mendorong pengembangan kawasan pesisir.

“Potensi Laut Wakatobi antara lain ikan tuna di Laut Banda dan pariwisata di Tomia yang merupakan salah satu tempat wisata terbaik di dunia. Potensi tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini pemerintah terus mendorong investasi di Provinsi Wakatobi. Sulawesi Tenggara untuk membangun ekosistem hilir Baterai EVkata Bahlil.

Bahlil mengatakan, Wakatobi yang masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia memang didorong dengan pengembangan infrastruktur, sumber daya manusia, kemudian mengoptimalkan berbagai potensinya.

“Terutama dalam menjaga lingkungan dan alam, mangrove dan terumbu karang di laut untuk anak cucu kita kelak,” tutup Bahlil.

Hari Nusantara 2022 diperingati dengan pagelaran budaya, peragaan kekuatan alutsista laut dan udara Republik Indonesia, parade kapal 1.000 orang, penghargaan nasional di bidang kelautan dan kawasan maritim, peluncuran Desa Nelayan Cerdas (SFV), pameran UMKM, dan juga tempat hiburan populer.

Rangkaian Hari Nusantara 2022 dimulai pada tanggal 10 Desember 2022 dan akan berlangsung hingga 14 Desember 2022. Beberapa kegiatan telah dilaksanakan antara lain kegiatan bersih laut, pelayanan kesehatan, kampanye Suka Makan Ikan, forum investasi, penanaman bakau, pelepasan anak ayam , dan seterusnya. .

Keseluruhan rangkaian kegiatan tersebut merupakan wujud kerjasama dan upaya pemerintah pusat dengan kementerian dan lembaga terkait untuk dapat meningkatkan nilai-nilai kehidupan masyarakat pesisir.

***

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak dibawah ini.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika – Usman Kansong (0816785320).

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button