Tempat Wisata

Alun-alun Giri Krida Bakti Wisata Murah Berbagai Atraksi Desember 2022

Biaya masuk Alun-alun Giri Krida Bakti: GratisJam buka: 24 jamTidak Telepon: Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57612

Lapangan Giri Krida Bakti merupakan zona terbuka hijau di Kabupaten Wonogiri. Area ini ditata ulang sekitar tahun 2016. Dan kini tampilannya lebih kekinian dengan sederet bangunan yang estetik. Serta beberapa pohon rindang menghiasi setiap sisi alun-alun.

Lapangan tersebut memiliki permukaan yang ditumbuhi rerumputan hijau. Lalu ada area jogging di samping Nalar untuk pejalan kaki. Bisa juga digunakan sebagai sarana olahraga seperti lari dan jogging. Kawasan ini dikelilingi oleh banyak bangunan penting seperti masjid dan kantor pemerintahan.

Harga tiket Giri Krida Bakti Square

Berbeda dengan tempat wisata yang membutuhkan tiket masuk. Giri Krida Bakti Square Tour gratis bagi semua orang untuk naik dan turun. Karena pengelola tidak memungut tiket untuk pengunjung.

Harga tiket Giri Krida Bakti Square
tiket masuk Gratis

Baca : Tiket Waduk GAJAH MUNGKUR & Aktivitas Wisata

Jam buka Giri Krida Bakti Square

Lapangan Giri Krida Bakti buka setiap hari. Dari pagi hingga tengah malam. Bisa dibilang kawasan ini buka 24 jam sehari. Selama berhari-hari dari Senin hingga Minggu.

jam buka
Setiap hari 24 jam

Daya tarik Lapangan Giri Krida Bakti

Alun-alun Giri Krida Bakti memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang ingin mengunjunginya. Salah satunya adalah panggung besar nan megah yang berdiri di tengah lapangan. Kemudian di depan alun-alun terdapat patung Ir. Soekarno sedang duduk membaca buku. Di kawasan ini wisatawan juga bisa menikmati wisata kuliner dan permainan anak.

Panggung Giri Krida Bakti

Panggung Lapangan Giri Krida Bakti.Panggung besar dan megah terletak di tengah lapangan. Foto: Googlemap/Rita Latifah

Setelah direvitalisasi, Alun-alun Giri Krida Bakti kini terlihat lebih rapi dan modern. Ada panggung merah besar tepat di sisi utara. Bentuknya melengkung dengan hiasan tugu bertuliskan Giri Krida Bakti di bagian atasnya. Tugu ini ditopang oleh 4 pilar yang sangat kokoh.

Panggungnya menghadap langsung ke padang rumput hijau yang luas. Sehingga Anda bisa melihat seluruh alun-alun saat pengunjung berada di atas panggung. Kawasan ini juga sering menjadi tempat diadakannya konser atau acara penting lainnya. Pasalnya, area ini cukup luas dan mampu menampung penonton dalam jumlah banyak.

Kawasan ini juga sering dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai destinasi relaksasi. Untuk menuju puncak, Anda bisa menaiki anak tangga di bawah panggung. Pada malam hari kawasan ini terlihat begitu menggemaskan dengan lampu-lampunya. Dimana pada tulisan Giri Krida Bakti memancarkan cahaya putih yang terlihat kemerahan.

Baca: Tiket SOKO LANGIT & Pesona Kolam Berlatar Gunung

Patung Presiden Soekarno

Patung Bung Karno di depan Lapangan Giri Krida Bakti.Wonogiri memiliki ikon kota baru berupa patung Bung Karno di depan alun-alun. Foto: Googlemap/Mingun Baru

Di depan Alun-alun Giri Krida Bakti terdapat patung Bung Karno yang berukuran sangat besar. Perkiraan tinggi patung tersebut sekitar 2,6 meter. Kehadirannya menjadi ikon baru di Kota Wonogiri. Presiden sedang duduk santai di kursi sambil membaca buku.

Patung Bung Karno ditopang oleh alas berbentuk bulat dengan 5 tingkat. Tingkat pertama berisi ornamen dengan kata-kata “Saya percayakan kepada Anda bangsa ini dan tanah ini”. Warnanya merah cerah dengan warna hitam di bagian belakang. Sedangkan tingkat kedua berwarna merah putih, dan tiga sampai lima berwarna coklat.

Patung tersebut terlihat indah dengan latar belakang Tembok Ecodayawilaga. Di atas adalah lukisan dinding berupa ukiran. Ada gambar orang, rumah, bunga, daun dan beberapa pohon kecil. Tempat ini adalah salah satu tempat paling populer bagi pengunjung untuk mengambil foto.

Baca: Puncak Bukit Cumbri Wonogiri Diatas Awan

Wisata kuliner

Juga terkenal dengan panggung besar dan patung Bung Karno. Alun-alun Giri Krida Bakti juga menawarkan wisata kuliner yang nikmat. Namun kebanyakan yang berjualan sembako adalah pedagang kaki lima di pinggir jalan utama. Biasanya kawasan tersebut sudah ramai dengan aktivitas jual beli di sore hari.

Harga makanan dan minuman masih sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Beragam menu seperti makanan ringan, makanan berat, dan minuman modern tersedia lengkap di sini. Untuk sembako ada Bakso, Mie Ayam, Tempe Penyet, dan Soto misalnya. Minumannya es krim buah, wedang ronde, teh panas, jeruk panas dan lain-lain.

Menu yang paling terkenal adalah Wedang Ronde. Sejenis minuman jahe panas khas provinsi Jawa Tengah. Di dalamnya ada kue bundar berwarna-warni yang diisi dengan kacang. Bahan dasarnya adalah tepung beras ketan yang dicampur dengan sedikit air lalu direbus.

Baca: GUNUNG KELIR Wonogiri Tiket Murah Pesona Mempesona

tempat bermain anak-anak

Wahana odong-odong di Lapangan Giri Krida Bakti.Pada malam hari, kawasan Alun-alun ramai dengan permainan anak-anak seperti memancing, mandi bola, odong-odong dan lainnya. Foto: Googlemapl/Maria Sofi

Bukan hanya pedagang kaki lima yang ramai menjajakan sembako. Di bagian ini juga terdapat beberapa permainan seru yang dirancang khusus untuk anak-anak. Meski fasilitas tersebut tidak bisa digunakan setiap hari. Hanya pada waktu-waktu tertentu seperti Sabtu malam.

Wahana yang tersedia misalnya ada sepeda listrik, kolam bola, komidi putar dan masih banyak lagi. Namun favorit anak-anak adalah mainan Odong Odong. Bentuknya mirip komidi putar namun berukuran mini. Dan tempat duduknya berbentuk 5 mobil mainan.

Odong-odong bergerak di satu tempat dengan iringan musik. Anak-anak cukup duduk sambil memegang setir. Tidak perlu khawatir karena pergerakannya cenderung lambat. Sehingga wahana ini sangat aman untuk dimainkan oleh anak-anak.

Baca : Tiket Masuk Pantai Nampu Wonogiri & Pesona Exotic Hills

perabot

Walaupun wisata baru di Kabupaten Wonogiri. Tapi fasilitas umum sudah cukup. Tempat parkir misalnya Nalar Jogging, masjid, wifi dan restoran. Untuk fasilitas MCK bisa menggunakan Masjid At Taqwa Kabupaten Wonogiri.

Lokasi Lapangan Giri Krida Bakti

Tempat tersebut ditujukan ke Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Tepatnya di daerah provinsi Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button