Tempat Wisata

Pulau Tegal Mas, Tempat Wisata ala Maladewa di Pesawaran Lampung

Pulau Tegal Mas merupakan salah satu objek wisata bahari yang sangat menakjubkan di Pesawaran, Lampung. Pulau yang menawarkan pemandangan menakjubkan, terutama keindahan bawah lautnya yang mampu memukau wisatawan.

harga tiket: Rp40.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Gebang, Kecamatan. Spiegelfeld, Kab.Pesawaran, Lampung; map: Cek lokasi

Tahukah Anda bahwa Lampung menyimpan harta karun berupa beragam biota laut dan terumbu karang di sebuah pulau bernama Pulau Tegal Mas? Keberadaannya digadang-gadang sebagai wujud kecantikan kedua setelah Maldavis.

Hamparan pasir putih, perairan laut yang luas dan perbukitan hijau yang menghiasi pulau menjadi magnet yang tak terbantahkan. Tenang, nyaman, eksklusif, itulah gambaran kondisi di sana. Sangat cocok untuk semua orang yang mencari tempat untuk melebur dan melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kota.

Berbagai hal menarik bisa dilakukan, kelengkapan infrastruktur juga menjadi nilai plus. Benamkan diri Anda dalam keindahan laut, menginap dan nikmati malam yang indah. Ada rekomendasi yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk rencana liburan Anda.

Tempat Wisata Pulau Tegal Mas

Tegal Mas.  atraksi pulauSumber gambar: Google Maps Hensil Thomas

1. Pemandangan bawah laut

Pulau Tegal Mas sudah dianggap sebagai kekayaan Lampung sejak kemunculannya. Kehidupan biota bawah laut dan terumbu karang merupakan kekayaan yang ia hadirkan untuk melengkapi pesona pulau kecil ini. Tidak heran pengunjung datang untuk mencari keindahan.

Ada banyak spesies biota yang hidup di bawah laut pulau Tegal Mas. Terumbu karang juga hidup tanpa campur tangan tangan-tangan jahil, memungkinkan ikan-ikan kecil bebas berkeliaran tanpa khawatir diburu. Air lautnya masih jernih meski tanpa polusi dari bahan kimia yang mempengaruhi kejernihan.

2. Pemandangan air laut

Karena kawasan wisata ini berbentuk pulau atau kepulauan kecil, maka kawasan sekitarnya secara alami dikelilingi oleh hamparan air yang luas. Gradasi warna hijau dan biru terlihat begitu jelas sehingga bisa mengungkap isinya. Tentunya siapapun yang datang dan melihat keindahan ini tidak akan bisa menahan diri untuk tidak berenang untuk membenamkan diri di air laut yang segar.

Tentu saja, sebagai cagar alam, perawatan dan pemeliharaannya sangat ketat agar permukaan air tetap terlihat bersih, tanpa polusi atau limbah yang tidak dapat terurai. Kejernihan dan kesegaran airnya tetap terjaga, sehingga pengunjung bisa menikmatinya dengan tenang. Namun keindahan ini adalah tanggung jawab bersama, jadi jagalah kebersihan dan jangan sampai kotor.

3. Perbukitan hijau di pulau Tegal Mas

Selain pantai berpasir putih yang membentang dari ujung pulau ke ujung lainnya, juga terdapat perbukitan hijau yang indah. Keberadaannya menjadi penetralisir pemandangan laut yang panas dan menyengat. Pepohonan yang rimbun tumbuh di puncak bukit, membentuk dataran pulau Tegal Mas.

Mengapa ada bukit hijau di tengah laut yang panas? Tentu saja bukan tidak mungkin karena topografi pulau ini berupa perbukitan dengan dataran di tengah lautan. Tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi pengelola untuk menarik dan menawarkan pengalaman yang berbeda saat berkunjung dan menginap di sana.

4. Masjid Terapung

Pernahkah Anda melihat bangunan masjid terapung? Jika belum, datanglah ke Pulau Tegal Mas. Atraksi ini menarik banyak perhatian karena keunikannya. Tak hanya bagi umat Islam, bahkan non-Muslim pun tak kalah penasaran untuk berkunjung.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid terapung ini juga digunakan untuk mengunjungi wisatawan yang datang ke sana. Pemandangan dari serambi masjid begitu mempesona sehingga setiap orang pasti tergiur untuk melihatnya. Meski awalnya dibangun untuk melengkapi fasilitas umum bagi pengunjung, kini situs tersebut menjadi salah satu tujuan kunjungan.

5. Hiu Macan Tutul

Keindahan pulau eksotik ini terbukti menjadi tempat bagi ikan predator, yaitu hiu macan tutul. Penampilannya sering terlihat di sekitar pulau saat ia berenang berkelompok dengan kawanannya. Namun jangan khawatir dan panik karena hewan ini hanya berlalu lalang dan tidak akan mengejar setiap pengunjung yang datang berkunjung.

Spesies hiu macan tutul yang menghuni pulau ini juga telah diidentifikasi dan diklasifikasikan sebagai jinak. Kelompok ini hanya memakan ikan-ikan kecil yang tumbuh di bawah laut. Memang keberadaannya menunjukkan betapa alami dan terjaganya ekosistem bawah laut pulau ini.

Alamat, lokasi, rute dan estimasi biaya ke Pulau Tegal Mas

Tegal Mas.  alamat pulauSumber gambar: Google Maps Hensil Thomas

Bagi anda yang baru pertama kali mendengar tentang Pulau Tegal Mas, tentunya anda akan bertanya-tanya dimana alamat lengkapnya. Destinasi wisata ini terletak di Kawasan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Cara menuju lokasi Bagi yang berasal dari luar kota atau luar provinsi disarankan untuk segera melakukan perjalanan ke daerah Pesawaran.

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi dimulai dari kawasan perkotaan Bandar Lampung. Melalui jalur Jalan RE Martadinata, lanjutkan perjalanan hingga ke suatu titik di dekat perairan pantai Tirtayasa. Jangan berhenti setelah itu, perjalanan masih perlu dilanjutkan, arahkan kendaraan ke Queen Artha Beach Road.

Sesampainya di kawasan Pantai Ratu Artha, lanjutkan mengemudikan kendaraan Anda hingga bertemu dengan pintu masuk Pantai Sari Ringgang. Jarak dari titik ini sekitar 1,5 ke Pulau Tegal Mas tentunya dengan menyebrang dengan kapal pengawal. Perjalanan akan berlangsung dengan panorama yang mempesona hingga akhirnya Anda mencapai surga alam yang menjadi tujuan utama.

Bagi Anda yang merencanakan liburan di pulau ini, biaya masuk per orangnya hanya berkisar Rp 40.000 saja. Namun, biaya ini belum termasuk biaya taman, sewa peralatan, makan dan penginapan. Untuk itu, diharapkan mereka benar-benar merencanakan anggaran lebih banyak agar tidak kehabisan uang di daerah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pulau Tegal Mas

Tegal Mas.  kegiatan di pulauSumber gambar: Google Maps Anna Isnantika

1. Snorkeling dan Menyelam

Apakah Anda sudah ada di sana dan tidak tahu kegiatan mana yang harus dimulai? Temukan keajaiban bawah lautnya saat snorkeling dan menyelam. Anda tidak memiliki peralatan untuk kegiatan tersebut, jangan khawatir, ada pilihan sewa yang lengkap. Kekhawatiran? tidak berpengalaman? Tenang, ada juga pemandu yang siap menemani Anda menjelajahi keindahan bawah laut pulau Tegal Emas.

Menyelam lebih dalam, berinteraksi dengan biota laut yang indah dan unik, ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Tentunya Anda tidak akan menyesal, karena keindahan dan keragaman alam bawah laut dan terumbu karangnya telah banyak dikenal oleh banyak orang karena eksotisme dan kealamiannya. Kegiatan menarik ini menjadi daftar rekomendasi utama setibanya di lokasi.

2. Lakukan olahraga air

Olahraga air bisa menjadi rangkaian kegiatan yang menarik. Bermain banana boat atau jet sky adalah salah satu dari sekian banyak hal yang bisa dinikmati di sana. Semua sarana prasarana pendukung juga sepenuhnya tersedia bagi pengelola.

Jika Anda tidak bersedia membayar biaya tambahan untuk meminjam alat-alat tersebut, Anda bisa berenang di area yang diizinkan. Airnya yang sangat segar dan juga jernih tentunya sangat cocok untuk kegiatan ini. Anda tidak perlu khawatir hanyut atau terkena ombak karena airnya tenang dan tidak berbahaya serta aman untuk semua orang kecuali anak-anak yang harus diawasi.

3. Berburu foto

Berburu foto adalah kegiatan wajib yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan pemandangan dan juga airnya tentu sayang untuk tidak diabadikan. Mereka bisa mengunjungi berbagai spot bagus dan cocok sebagai subjek utama. Dimana saja tempat-tempat menarik tersebut? Anda dapat menggunakan seluruh bagian pulau eksotis ini, pesonanya tidak ada yang buruk.

Itu bisa dilihat dari perbukitan hijau atau dari air. Jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih luas, gunakan perahu yang dapat Anda sewa dan ambil gambar terbaik dan paling menakjubkan dari penampilan pulau di waktu luang Anda. Tentu saja ini surganya para fotografer yang senang dengan objek alam yang indah dan eksotis.

Penginapan murah dekat Tegal Mas. kepicikan

Pengan Pulau Tegal MasSumber gambar: Google Maps Bintang Pahawang

1. Tegal Mas. pondok pulau

Penginapan bergaya kabin ini terletak di wilayah pulau yang indah ini. Desain yang ditawarkan lebih modern dengan fasilitas khusus seperti di hotel. Dibangun dalam struktur dua lantai, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan bagi penyewa.

Dua tipe yang ditawarkan yakni Sai Batin dan Coastal Cottages, keduanya memiliki harga yang berbeda. Untuk tipe Sai Batin bisa ditampung 2 orang per kamar, dengan biaya menginap sekitar Rp 2.000.000,00. Tipe pantai bisa tidur sekitar 3 orang per kamar dengan biaya Rp 1.700.000 per malam.

2. Villa Pulau Tegal Mas

Tersedia juga pilihan akomodasi tipe villa. Pilihan ini sangat cocok bagi Anda yang datang bersama keluarga karena fasilitasnya sangat ramah. Ada dua tipe yang bisa disewa yaitu villa 2 kamar dan juga villa 3 kamar.

Untuk tipe kamar 2 bisa ditempati oleh 8 orang dengan kisaran biaya yang harus dibayar sekitar Rp 4.000.000 per malam. Tipe kamar 3 bisa menampung 10 orang dengan tarif lebih murah yaitu sekitar Rp 5.000.000 per malam.

3. Rumah di Lombok, Pulau Tegal Mas

Akomodasi desain rumah Lombok termasuk dalam kategori eksklusif. Desain dibuat dengan bahan utama kayu, lokasinya dibagi menjadi 3 area. Pembagian itu memberi tempat itu nama atau sebutan yang berbeda.

Pertama, ada Rumah Lombok Mas dengan kapasitas 6 orang, biaya yang dibutuhkan adalah Rp 3.000.000 per malam. Kedua, namanya Lombok Laut, untuk kapasitas 6 orang juga, tapi harganya lebih mahal sekitar Rp 4.000.000 per malam. Ketiga, ada rumah Lombok Agung, kapasitas dan harga sama dengan Lombok pinggir laut, hanya lokasinya yang berbeda.

Fasilitas Wisata di Pulau Tegal Mas Lampung

Fasilitas Pulau Tegal Mas LampungKredit foto: Google Maps vera rachma

Fasilitas yang tersedia disana sangat lengkap dan terawat, mulai dari tempat sewa, toilet, tempat ibadah atau mushola dan lain sebagainya. Sarana prasarana seperti paviliun dan bentuk lainnya juga sedang dibangun untuk memudahkan kunjungan wisatawan.

Banyak sekali yang bisa diceritakan tentang keindahan alam yang ada di Pulau Tegal Mas. Semua sudutnya dicat dan dirawat dengan indah, sehingga kealamiannya tetap terasa. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, segera rencanakan biaya maksimalnya agar Anda bisa leluasa menjelajahi pesonanya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button