Berita Wisata

Destinasi wisata Trenggalek direvitalisasi jelang libur panjang

Trenggalek

Dinas Pariwisata Trenggalek memastikan semua destinasi di kawasan itu siap menyambut liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru 2023. Pantai tetap menjadi andalan untuk meraup pendapatan daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek (Disparbud), Sunyoto, mengatakan, persiapan menjelang lebaran sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. Mulai dari perbaikan infrastruktur penunjang pariwisata hingga peningkatan kebersihan.

“Kami pastikan selama liburan, semua wisata yang kami jalankan sudah siap berangkat,” kata Sunyoto saat dikonfirmasi, Jumat (16/12/2022).

Menurutnya, perbaikan infrastruktur salah satunya dilakukan di Gua Lawa, Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo. Petugas merevitalisasi jembatan dan lampu di area gua.

“Saat ini perbaikan jembatan sudah hampir selesai dan tinggal finishing saja, sedangkan untuk lampu sudah 80%, sudah sampai di paseban di goa. Jadi saat liburan sudah siap dikunjungi,” imbuhnya. .

Sedangkan untuk pantai, Disparbud Trenggalek berupaya membersihkan pantai dari sampah organik dan anorganik. Harapannya, bisa menambah kenyamanan pengunjung.

Ia menjelaskan, saat ini akses lalu lintas menuju destinasi wisata sudah aman dan dapat diakses dengan berbagai jenis kendaraan. Hanya saja khusus Pantai Pasir Putih, Simbaronce dan Pantai Mutiara tidak bisa diakses dengan bus besar. Memang terkendala pembangunan jalan pesisir selatan (Pansela).

“Untuk kendaraan kecil bisa disalip, sedangkan untuk bus besar bisa parkir di Pantai Prigi. Pasti bisa masuk,” imbuhnya. .

Sunyoto berharap pada saat liburan sekolah, natal dan tahun baru, jumlah kunjungan wisatawan ke Trenggalek meningkat. Beberapa destinasi wisata unggulan adalah pantai-pantai di pesisir selatan yang tersebar di kabupaten Watulimo, Panggul dan Munjungan.

“Selain itu, kita juga punya puluhan destinasi wisata desa dengan keunikannya masing-masing, silahkan kunjungi,” jelasnya.

Sunyoto menambahkan beberapa destinasi wisata desa telah menawarkan berbagai paket wisata. Wisatawan juga bisa menginap di homestay yang ada di masing-masing desa wisata.

“Jika pengunjung memilih sistem paket, mereka akan menikmati berbagai layanan menarik, antara lain permainan tradisional, kesenian dan budaya,” imbuhnya.

Simak Video “Liburan Akhir Tahun, Ussy Sulistiawaty Bakal Bawa Keluarga ke Australia”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button