Berita Wisata

Akuarium raksasa Pangandaran menjadi pilihan baru bagi wisatawan

Tiket masuk atraksi buatan ini dibandrol dengan harga Rp 50.000 per orang

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Akuarium Pangandaran Indonesia resmi beroperasi sejak Sabtu (17/12/2022). Obyek wisata buatan ini konon banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Pangandaran.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Republik, Banyak turis telah berbondong-bondong ke sana sejak pembukaan akuarium Indonesia Pangandaran untuk umum pada Sabtu sore. Hingga Minggu (18/12/2022), wisatawan yang datang ke tempat ini tak sedikit.

“Bagi kami ini sesuatu yang luar biasa,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat pembukaan yang lembut Akuarium Indonesia Pangandaran, Sabtu.

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung ke kawasan itu rata-rata datang untuk menikmati keindahan pantai, berburu kuliner atau kuliner seafood arung jeram di objek wisata Green Canyon. Namun dengan hadirnya Akuarium Pangandaran Indonesia, wisatawan memiliki pilihan tempat lain untuk dikunjungi.

“Dengan ini, masyarakat bisa berkunjung. Ini akan kita kembangkan bersama KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dan pengelola. Ini akan menjadi bagian dari kampanye pariwisata kita,” kata Jeje.

Soal harga tiket masuk akuarium Indonesia di Pangandaran, Jeje meminta kepada direktur untuk mendata. Setidaknya, khusus warga Kabupaten Pangandaran bisa diberikan diskon.

Tiket masuk atraksi buatan ini dibanderol Rp 50.000 per orang pada hari libur dan Rp 40.000 per orang pada hari kerja. Namun pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga 15 Januari 2022, tiket masuk Indonesia Pangandaran Aquarium dibanderol Rp50.000 per orang per hari.

Sebelumnya, Marketing Aquarium Indonesia Ahmad Syafii Lubis menilai harga tiket relatif murah dibandingkan wahana sejenis di tempat lain. Padahal, kata dia, harga tiket masuk Akuarium Pangandaran Indonesia kurang dari 50 persen dari harga tiket tempat serupa di daerah lain.

“Untuk masyarakat lokal, kami juga akan menyiapkan promosi khusus,” ujarnya.

Dijelaskannya, dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung akan melihat berbagai pertunjukan berbagai biota laut di Akuarium Pangandaran Indonesia. Setelah melewati pintu masuk, Anda akan disuguhkan akuarium berbentuk silinder dengan tinggi 7 meter dan diameter 5 meter. Ada berbagai jenis ikan kecil yang hidup berkelompok (bank ikan).

Selain itu, di dekat pintu masuk juga akan ada akuarium tematik. Salah satunya adalah akuarium yang terbuat dari mobil.

Setelah melewati alun-alun pertama, pengunjung akan menaiki tangga yang mengelilingi akuarium berbentuk silinder. Di lantai dua, terdapat museum Mother Spice. Museum ini menyuguhkan berbagai kisah, salah satunya terkait masa kejayaan nusantara.

Di dekat Museum Ibu Rempah juga terdapat touch tank berisi biota laut yang aman, seperti bintang laut, penyu, ikan pari, hiu bambu dan biota laut lainnya. “Dengan demikian, pengunjung bisa ikut memberi makan atau menyentuh ikan-ikan yang ada di kolam. Kami juga sudah menyiapkan guide yang akan memandu pengunjung di sana,” kata Lubis.

Setelah melewati kolam sentuh, pengunjung akan sampai di sebuah akuarium cekung yang panjangnya kurang lebih 47 meter. Pengunjung akan berkeliling dengan perasaan berada di tengah laut.

Terakhir, pengunjung akan sampai di main aquarium atau jendela akuarium terbesar di Indonesia yang panjangnya mencapai 33 meter. Di dalam akuarium hidup berbagai jenis ikan laut besar, seperti ikan hiu, pari, lenyu dan berbagai jenis ikan laut lainnya.

“Di akuarium utama juga akan ada pertunjukan penyelam memberi makan ikan. Pengunjung bisa menyaksikannya,” kata Lubis.

Aquarium Indonesia Pangandaran akan beroperasi setiap hari. Dari Senin hingga Jumat, venue akan dibuka mulai pukul 09:00 WIB hingga 16:00 WIB. Sedangkan di akhir pekan, Indonesia Pangandaran Aquarium beroperasi mulai pukul 08:30 WIB hingga 15:30 WIB.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button