Berita Wisata

7 spot camping di Tawangmangu, bisa buat perayaan tahun baru

KOMPAS.com – Sambut malam tahun baru dengan berkemah atau berkemah bersama teman bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. unik dalam genrenya berkemah di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Tawangmangu.

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan yang terletak di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Berada di bawah kaki Gunung Lawu, membuat kawasan Tawangmangu memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Selain itu, Tawangmangu menyuguhkan pemandangan yang indah karena berada di ketinggian.

Tak heran, Tawangmangu menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan berkemah.

Baca juga: 15 Wisata Tawangmangu, Mulai Wisata Alam Hingga Kuliner

Tempat berkemah di Tawangmangu

Ini beberapa tempat berkemah di Tawangmangu sebagaimana disusun Kompas.com

1. Gunung Kapur

Lookout di Gunung Kapur Tawangmangu dengan Gunung Lawu sebagai latar belakang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lookout di Gunung Kapur Tawangmangu dengan latar belakang Gunung Lawu.

Seperti namanya, Gunung Kapur merupakan kawasan perbukitan kapur atau gamping. Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Lawu tepatnya di pinggir jalan utama Matesih-Tawangmangu sebagai kota Kompas.com (30/1/2021).

Gunung Camping adalah lokasinya berkemah favorit karena wisatawan bisa melihat pemandangan kota Solo, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu dari tempat ini.

Ada juga spot foto instagrammable di Gunung Gamping yaitu gardu pandang dan puncak bukit kecil. Kawasan wisata Gunung Gamping buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 18:00 WIB.

Harga tiket masuknya hanya Rp 2.000, belum termasuk Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga: Wisata Batu Kapur Tawangmangu, Anda Bisa Menikmati Sunrise dan Sunset

2. Bukit Mongkrang

Pengunjung berfoto di Bukit Mongkrang, Tawangmangu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pengunjung berfoto di Bukit Mongkrang, Tawangmangu.

Bukit Mongkrang adalah wisata pendakian di Tawangmangu. Kutipan Kompas.com (9/11/2020), terdapat Temple Hills I dan II di area pendakian Bukit Mongkrang.

Sekarang,ada area datar di kedua puncak untuk dimanfaatkan pendaki berkemah.

Pemandangan dari Bukit Candi I dan II begitu menawan. Pendaki bisa melihat Gunung Lawu menjulang dari sisi utara.

Harga tiket pendakian Bukit Mongkrang cukup terjangkau. Untuk pendakian sehari, harganya Rp 10.000 per orang. Jika Anda menginap atau berkemah, biayanya adalah Rp 15.000 per orang.

Baca Juga: 5 Tips Mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar di Musim Kemarau

3. Embun Lawu

Wisata Embun Lawu berada di tengah hutan pinus di lereng Gunung Lawu. Tepatnya berada di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu, Nomor 16, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kutipan forum perjalanan, (25/11/2021), tempat wisata ini memiliki 40 spot foto instagrammable dengan tema alam.

Traveler yang mau berkemah Mirip hutan pinus, lokasi ini bisa jadi alternatif. Marah berkemahpengunjung dapat memberi makan rusa tutul dan bermain game rubah terbang dan bersepeda gunung.

Embun Lawu juga menyediakan cottage 15 unit dengan tarif per malam mulai dari Rp 400.000 per malam. Sedangkan tiket masuk Embun Lawu cukup terjangkau, hanya Rp20.000 per orang.

Baca Juga: 6 Kafe Tawangmangu Dekat Wisata Bukit Sekipan

4. Perkemahan Pleseran

Pemilihan wilayah berkemah di tengah hutan pinus lainnya adalah bumi perkemahan Pleseran. Lokasinya berada di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kutipan tribun jawa tengah (20/12/2022), selain berkemah, wisatawan bisa mencium sejuknya mata air di Telaga Asmara. Lokasinya selalu asri sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tiket masuknya sangat terjangkau, Rp 5.000 per orang. Sementara bagi yang ingin bermalam atau berkemah cukup membayar Rp 10.000 per malam.

Pengelola juga menyediakan paket sewa panel seharga Rp60.000.

Baca Juga: 6 Hotel Terdekat Taman Lawu Tawangmangu

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button