Tempat Wisata

Pulau Cinta Teluk Jering – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 2.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Saya, Cab.Kampar, Riau; map: pemeriksaan situs

Pulau Cinta Teluk Jering memiliki keindahan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ini menyajikan berbagai pemandangan alam dan lahan yang terlihat indah. Uniknya, terdapat sungai berpasir yang berbeda dengan destinasi alam lainnya.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana air di sepanjang sungai saat berlibur. Selain itu, kawasan wisata ini menawarkan persewaan wahana air mulai dari perahu hingga banana boat. Ini pasti akan membuat Anda senang berlibur.

Destinasi Pulau Cinta juga dilengkapi dengan jalur hijau. Wisatawan hanya bisa menggunakan tempat tersebut untuk bersantai. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melihat-lihat tempat wisata alam ini untuk menikmati suasana sekitar.

Daya Tarik Utama Pulau Cinta Teluk Jering

Obyek wisata Pulau Cinta Teluk JeringKredit foto: Google Maps Yogi Indragiri

1. Sungai berpasir

Destinasi alam Pulau Cinta dikenal dengan sungai pasirnya yang lembut. Sungai yang berasal dari aliran air Kampar ini terlihat begitu jernih dan bersih. Pasir ini berwarna putih karena selalu dijaga kebersihannya. Wisatawan yang datang juga diharapkan tidak membuang sampah di area pasir, jangan sampai warna pasir menjadi hitam.

Keindahan sungai berpasir menjadi daya tarik tersendiri yang sering dikunjungi para pelancong. Selain itu, keunikan ini jarang ditemukan di daerah lain, karena aliran air sungai biasanya tidak disertai pasir. Selain itu, sungai pasir di pulau ini juga sering digunakan untuk bermain seluncuran air yang menambah keseruan liburan.

2. Wisata yang indah

Di sekitar wisata terdapat pepohonan yang rimbun dan berbagai tumbuhan hijau. Hal ini bertujuan agar Pulau Cinta terasa asri dan dijadikan sebagai daerah aliran sungai. Tak hanya itu, ada pula hamparan rumput hijau yang terlihat begitu luas. Biasanya traveler sering menggunakannya sebagai tempat bersantai sambil menikmati kesejukan destinasi.

Tanaman yang ada di sana dirawat dengan baik oleh petugas agar bisa dinikmati sepanjang masa. Bagi yang datang diharapkan tidak merusak atau mengotori apapun demi menjaga keindahan wisata ini. Banyak juga wisatawan yang menggunakan rerumputan sebagai tempat mengabadikan momen karena terlihat bagus dan estetik.

3. Taman Bunga

Taman bunga di Pulau Cinta Teluk Jering menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur. Taman ini menyuguhkan berbagai jenis bunga dengan corak warna-warni dan terlihat mekar. Ada bunga matahari, eceng gondok, anggrek dan masih banyak lagi. Udara menjadi dingin karena ada taman bunga yang begitu indah.

Tak hanya bisa dilihat traveler, tapi juga bisa dijadikan spot foto Instagramable. Apalagi di siang hari, warna bunganya menjadi lebih indah karena ada sinar matahari. Selain itu, biasanya ada bunga yang mekar secara bergantian pada bulan-bulan tertentu. Hal ini membuat taman bunga menjadi tempat populer yang tidak pernah sepi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pulau Cinta Teluk JeringSumber gambar: Google Maps Hendrik Ronald

Lokasi Pulau Cinta Teluk Jering berada tepat di Dusun Teluk Jering, Riau. Lokasi wisata sangat dekat dengan pusat kota sehingga semua orang dapat dengan mudah melewatinya. Anda yang datang dari luar kota bisa naik pesawat dengan transit di Bandara Sultan Syarif Khasim II. Kemudian Anda bisa menyewa perjalanan atau naik angkutan umum yang melewati destinasi pulau.

Berangkat dari Pekanbaru, wisatawan bisa langsung menuju Jalan Kharuddin. Kemudian Anda akan melewati Jalan Taluk Kuntan yang berjarak beberapa kilometer menuju kawasan pulau. Ikuti petunjuk jalan yang ada, perhatikan rambu-rambunya, agar Anda dapat dengan mudah mencapai lokasi. Saat berada di kawasan wisata, Anda bisa melihat papan bertuliskan Selamat Datang.

Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Pekanbaru tidak perlu khawatir karena rutenya mudah diakses melalui Google Maps. Selain itu, pengunjung juga bisa bertanya kepada warga setempat mengenai lokasi wisata tersebut. Jalan aspal yang diperbaiki menjamin perjalanan yang menyenangkan menuju lokasi pulau.

biaya perjalanan ke pulau tersebut

Biaya tour Pulau Cinta Teluk JeringKredit Foto: Google Maps Felicia Austin

Mengunjungi Pulau Cinta Teluk Jering tidak membutuhkan banyak biaya. Karena di area pintu masuk wisata tidak dipungut biaya alias gratis. Anda bisa menikmati keindahan destinasi ini dari pagi hingga malam hari. Biasanya pada saat liburan, kawasan wisata alam ini akan ramai dikunjungi oleh tamu dari berbagai daerah hingga wisatawan dari mancanegara.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat diparkir di tempat parkir. Harga tiketnya masih tergolong murah, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk becak. Tidak hanya itu, tersedia juga beberapa persewaan peralatan bermain air. Harganya ramah di kantong mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Biaya yang murah ini membuat wisata pulau ini selalu dipadati wisatawan yang berbondong-bondong bersama keluarga. Selain itu, keindahan alam yang masih terlihat alami di sana akan membuat Anda betah. Oleh karena itu, jangan lupa berlibur ke kawasan pulau untuk melihat panorama sambil melakukan aktivitas seru bersama kerabat.

Aktivitas seru di pulau cinta

Kegiatan wisata di pulau cinta Teluk JeringKredit foto: Google Maps Focus Riau (Aroel Sakai)

1. Naik perahu

Kawasan Pulau Cinta Teluk Jering menawarkan penyewaan perahu untuk menjelajahi sungai. Perahu ini dapat menampung 4 hingga 8 penumpang. Ada juga petugas yang akan menjaga Anda saat bepergian melintasi pulau untuk memastikan keamanannya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyusuri sungai dengan menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

2. Mainkan banana boat

Banana boat merupakan wahana air yang digandrungi banyak orang, terutama anak muda. Anda dapat menyewa banana boat di sekitar wisata untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Selain itu, wisatawan tidak perlu khawatir karena wahana air ini sudah dilengkapi dengan pelampung. Ajak kerabat naik banana boat yang seru.

3. Ambil gambar

Karena panorama alam yang ada, destinasi wisata ini sering dijadikan spot foto. Ada sungai yang terlihat jernih dengan pasir putihnya yang bisa membuat foto terlihat lebih estetik. Ada juga taman bunga yang bisa dijadikan background untuk hasil foto yang bagus. Pengunjung bisa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen tersebut.

4. Bermain ATV

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selama liburan di Pulau Teluk Jering adalah bermain ATV bersama teman-teman. Tersedia persewaan ATV bagi para tamu untuk menjelajahi area berpasir. ATV ini juga dijaga oleh petugas sehingga tidak perlu takut terjatuh. Nikmati liburan seru dengan melakukan tour menggunakan ATV yang telah disediakan.

5. Piknik

Hamparan rerumputan hijau yang mengelilingi pulau ini sering digunakan untuk piknik. Selain itu, udara disana sangat sejuk dan tidak terasa panas di siang hari karena banyak pepohonan yang rimbun. Para tamu dapat membawa tikar dan makanan ringan agar piknik semakin menyenangkan.

6. Bermain pasir

Pasir pulau yang terlihat putih dan bersih sangat cocok untuk tempat bermain. Traveler bisa membangun istana pasir atau bermain voli. Anda juga tidak perlu menggunakan sepatu karena pasirnya terasa begitu lembut di sana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencoba permainan pasir di kawasan wisata.

7. Mencicipi kuliner

Di sudut lain pulau ini terdapat beberapa warung yang menawarkan aneka kuliner. Rasanya begitu nikmat karena diolah dengan bumbu khusus oleh masyarakat setempat. Anda bisa datang untuk mencicipinya dan melihat sungai berpasir yang begitu indah.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau Cinta Teluk JeringSumber Gambar: Google Maps Oryza Agam

Tempat rekreasi di Pulau Cinta ini menawarkan fasilitas pendukung yang bisa digunakan pengunjung. Penyewaan peralatan permainan air tersedia di pantai pulau. Anda bisa menyewa perahu, banana boat dan ATV yang bisa membuat liburan Anda semakin seru. Untuk keamanan, peralatan tersebut juga dilengkapi dengan jaket pelampung.

Di sudut lain terdapat kamar mandi tempat Anda bisa membasuh diri di air setelah bermain. Kamar mandinya gratis karena tidak dijaga oleh petugas, tetapi wisatawan tidak boleh mengotorinya. Ada juga beberapa area tempat duduk di sekitar tepi sungai. Biasanya banyak traveler yang menghabiskan waktu bersantai di kursi ini.

Pulau Cinta juga menawarkan tempat parkir yang cukup luas. Alun-alun ini memiliki ruang untuk sepeda motor, mobil, dan bus, semuanya dijaga ketat oleh petugas. Selain itu, di kawasan wisata ini terdapat warung makan yang menjual makanan ringan dan minuman. Fasilitas dirancang untuk membuat tamu merasa nyaman.

Nah itulah beberapa penjelasan singkat tentang pulau Teluk Jering yang begitu indah. Traveler yang menginap di dekat Pekanbaru bisa mampir ke kawasan wisata tersebut. Ajak keluarga atau kerabat dekat untuk melakukan aktivitas seru selama berada di sana dan jangan lupa membawa kamera.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button