Tempat Wisata

Kebun Buah Mangunan, keindahan negeri di atas awan dari Bantul Jogja

Kebun Mangunan salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan di Bantul, Jogja yang menawarkan pemandangan seperti negeri di atas awan dan kebun buah-buahan yang menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 05:30-17:00, Alamat: J L. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Jogjakarta adalah kota yang terkenal dengan segala yang dimilikinya. Kota Jogja sangat kaya akan budaya, oleh karena itu kota ini disebut kota budaya. Selain itu, Jogja juga dikenal dengan berbagai destinasi wisata yang ditawarkannya. Hampir setiap sudut kabupaten memiliki ikon wisata tersendiri.

Salah satu kabupaten yang memiliki destinasi wisata yang tak terhitung jumlahnya adalah Kabupaten Bantul. Ada destinasi wisata laut dan alam di kabupaten ini. Kali ini wisatawan diajak trekking ke Kebun Buah Mangunan. Salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan panorama alamnya.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya, jangan lupa untuk menjadikan Jogjakarta sebagai destinasi wisata. Kota ini memang istimewa, begitu juga dengan kebun buah-buahan di Mangunan. Saat wisatawan memasuki kebun buah ini pasti ketagihan dan tidak mau beranjak, yang tentunya karena beberapa hal.

Daya Tarik Kebun Mangunan

Objek wisata Kebun Buah MangunanSumber gambar: Google Maps Wong Desa

1. Pesona yang mempesona di atas awan

Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan pasti tidak akan meninggalkan penyesalan sedikit pun. Lalu apa penyebabnya? Tentu saja, kebun ini menjanjikan keindahan alamnya. Ini benar. Dan bagi wisatawan yang datang ke sana, pasti akan terbayarkan langsung dengan pesona panorama yang indah di depan mata.

Ketika wisatawan tiba di tempat wisata, mendaki bukit kecil sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Begitu sampai di puncak bukit, wisatawan disuguhi dan disuguhi panorama di atas awan. Dari ketinggian ini, Anda bisa menikmati keindahan awan yang perlahan berlalu dan hijaunya lanskap dengan hamparan sawah yang terhampar.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kebun ini adalah pada pagi atau sore hari. Karena banyak wisatawan yang ingin berburu foto dengan panorama alam yang indah di pagi atau sore hari. Karena saat itu warna langit sangat indah dengan rona kemerahan. Juga, karena udaranya masih segar.

Namun, banyak wisatawan lebih memilih pemandangan pagi daripada pemandangan sore. Jadi Anda siap untuk pergi saat langit masih gelap. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk tiba di tempat wisata disambut oleh matahari terbit.

2. Sungai Oya dan Sudut Pandang

Setelah terpesona dan terkagum-kagum dengan keindahan di atas awan, daya tarik kebun buah selanjutnya adalah Sungai Oya dan Pandang Viewpoint. Jika sebelumnya kita berbicara tentang keindahan awan yang disajikan, kali ini mari kita beralih ke keindahan yang ada di bawah objek wisata ini.

Sungai Oya merupakan salah satu sungai yang berada di bawah Taman Mangunan. Sungai ini juga terlihat dari ketinggian kebun buah ini. Keberadaan sungai ini sangat menarik bagi wisatawan karena airnya yang indah dengan warna hijau tosca. Spot foto yang populer di kalangan wisatawan ini terletak di bukit ini dengan latar belakang Sungai Oya yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebun Buah MangunanSumber gambar: Google Maps m. Zainuddin

Tentunya wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di kebun buah ini pasti mengetahui keberadaan tempat wisata ini. Jangan sampai jika Anda berniat untuk berlibur di tempat wisata ini, ternyata Anda tersesat di wisata yang lain. Tentu saja, sangat disayangkan ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. Maka solusinya adalah Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps di Google Maps ponsel pintar Anda atau bertanya kepada gereja setempat.

Jika Anda masuk ke Kebun Buah Mangunan di Google Maps, alamat akan muncul secara otomatis. Yakni, di sebuah daerah bernama Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini juga dekat dengan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Imogiri yang keduanya juga memiliki destinasi wisata menarik lainnya.

Tentunya jika anda sudah mengetahui keberadaan kebun buah ini, anda juga harus mengetahui jalan menuju tempat ini. Keberadaan kebun buah ini sangat mudah diapresiasi wisatawan. Jarak objek wisata dengan Kabupaten Bantul adalah 15 km. Jarak ke kota Yogyakarta sekitar 35 km.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi untuk menuju tempat wisata ini. Untuk memudahkan akses menuju lokasi, Anda bisa melewati Jalan Imogiri Timur setelah melewati Terminal Giwangan. Ikuti saja jalan tersebut sampai akhirnya sampai di pertigaan pertama lalu belok kiri. Begitu seterusnya, ikuti jalan tersebut hingga menemukan tulisan “Kebun Mangunan”.

Namun, jika ingin menggunakan angkutan umum yang tersedia seperti bus atau Trans Jogja, kendaraan ini tidak bisa mengantar wisatawan ke lokasi. Jika masih ingin menggunakan angkutan umum, langkah selanjutnya adalah menggunakan jasa masyarakat sekitar, seperti ojek online.

Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Bantul

Tiket masuk ke Mangunan OrchardSumber Gambar: Google Maps Khaisa Amora

Tentunya bagi yang berniat mengunjungi kebun buah ini perlu menyiapkan uang terlebih dahulu. Santai saja karena tiket masuk ke berbagai fasilitas berbayar yang disediakan di sini tidak akan membebani kantong Anda. Harga yang dipatok tentu saja harga yang bersahabat. Untuk memasuki area kebun buah ini, Anda akan dikenakan biaya tiket hanya Rp 5.000.

Selain biaya masuk kawasan wisata, wisatawan juga dikenakan beberapa biaya yang berguna untuk menunjang sarana dan prasarana yang disediakan. Biaya tambahan tersebut sudah termasuk tiket parkir mobil yang dipisah sesuai jenis kendaraan.

Tiket parkir motor dikenakan biaya Rp 2.000, sedangkan tempat parkir dikenakan biaya Rp 5.000. Beberapa fasilitas yang berada di kawasan wisata ini juga membutuhkan biaya operasional yang tentunya tetap nyaman bagi penggunanya. Tentunya bagi yang tidak menggunakan fasilitas berbayar tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Waktu yang tepat dan juga direkomendasikan bagi Anda yang datang berkunjung adalah pagi hari. Sebelum pukul 06:00 WIB. Sehingga wisatawan bisa mendapatkan panorama matahari terbit.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Mangunan

Aktivitas di Taman MangunanKredit foto: Instagram Tirta Perwitasari

1. Memetik buah

Sesuai dengan nama tempat wisata alam ini yaitu Kebun Buah Mangunan, kegiatan utama yang menarik di tempat ini adalah memetik buah. Tentu saja, sebelum memetik buah, para wisatawan dididik dan diperkenalkan tentang pohon-pohon yang tumbuh di kebun ini.

Setelah mempelajari berbagai pohon di kebun ini, wisatawan diperbolehkan memetik dan mencicipi buah-buahan yang ada. Tentunya dengan syarat sudah memasuki musim buah. Jika ingin membawa pulang buah, wisatawan akan dikenakan biaya pembelian buah.

2. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Hal ini dikarenakan keberadaan kebun buah ini terletak di perbukitan. Selain itu, berfoto selfie saat matahari terbit atau terbenam menjadi salah satu tempat favorit wisatawan, ditemani kabut tipis yang menghiasi langit.

3. Lihat koleksi hewan di Kebun Buah Mangunan

Kebun buah ini tidak hanya menjadi tujuan wisata alam di Jogja, tetapi juga wisata edukasi yang menarik. Dikatakan wisata edukasi karena tentunya wisata ini dapat mengedukasi pengunjung melalui apa yang ditawarkan.

Siapa yang mengira bahwa ada binatang di kebun? Di kebun ini terdapat satwa yang dilindungi oleh pemerintah. Hewannya adalah rusa timor (Cervustimorensis) apa yang telah dilakukan penangkaran untuknya. Rusa ini berada dalam sangkar berpagar besi. Namun, keberadaan rusa ini masih bisa dilihat melalui luar pagar.

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

Fasilitas Kebun Buah MangunanKredit foto: Google Maps kasiyanta deka

Bagi yang belum tahu fasilitas apa saja yang tersedia di kebun ini, kali ini kami akan menjelaskan fasilitas yang disediakan. Fasilitas ini termasuk tempat parkir mobil. Pengaturan yang satu ini terlihat sepele. Namun, tanpa lahan parkir yang memadai, dipastikan kendaraan yang datang akan tidak teratur dan berantakan.

Fasilitas selanjutnya adalah toilet atau toilet. Lokasi ini harus tersedia di setiap objek wisata. Tanpa fasilitas toilet tersebut, wisatawan akan kewalahan saat berwisata. Biasanya di sebelah toilet ada bangunan kecil yang disebut mushola. Masjid ini diperuntukkan bagi wisatawan yang beragama Islam dan ingin beribadah.

Sebuah tempat wisata akan terasa hampa jika tidak ada pendopo atau pendopo di dalamnya. Gazebo juga menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan wisatawan. Pasalnya, wisatawan bisa duduk di pendopo ini dan bersantai sambil mengobrol. Atau jika memungkinkan, wisatawan bisa berdiskusi di gazebo yang disediakan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makan siang yang dibawa dari rumah.

Sudut pandangnya pun tak kalah menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini wisatawan disuguhkan dengan panorama yang tentunya tidak akan mengecewakan. Di area pandang ini, Anda dapat mengambil foto di waktu senggang untuk mengabadikan keindahan yang sangat menawan ini. Sayang sekali jika Anda tidak menikmati keindahan pos jaga ini dan sekaligus mengabadikannya.

Bagi Anda yang perutnya keroncongan setelah bermain ria di Kebun Buah Mangunan, maka jangan khawatir dan juga jangan khawatir. Karena di sekitar tempat wisata mudah ditemukan berbagai tempat wisata gastronomi dan kuliner. Tempat makan ini biasanya menyajikan berbagai macam masakan khas Jogja dan tentunya harga untuk seporsi makanan berat ini sangat bersahabat.

Jika Anda sudah merasa kenyang tapi mungkin masih malas untuk pulang, maka jangan khawatir juga. Di sekitar kebun buah ini terdapat berbagai jenis penginapan dengan tingkat harga yang berbeda-beda.

Demikian pembahasan singkat laporan Kebun Buah Mangunan yang ternyata sangat menarik. Buat kamu yang sedang berada di Jogja jangan lupa untuk mencoba wisata alam yang satu ini ya!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button