Tempat Wisata

Air Terjun Guruh Gemurai – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Cab.Kuantan Singingi, Riau; map: pemeriksaan situs

Melakukan perjalanan memang merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika Anda mengunjungi wisata air. Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Air Terjun Guruh Gemurai. Wisata alam ini terletak di Kabupaten Kuantan Singing. Tempat wisata tersebut termasuk kawasan perbatasan Sumatera Barat dan Riau.

Tentunya bagi anda yang sangat menyukai wisata alam akan terkagum-kagum ketika datang ke air terjun tersebut. Anda tidak dapat menemukan keindahan dan keunikan di tempat lain. Selain itu, mengunjungi tempat ini akan membuat Anda rileks dari penatnya pekerjaan sehari-hari.

Nama Guruh Gemurai sendiri berasal dari bahasa setempat. Guruh berarti gemuruh air terjun dan Gemurai berarti gemericik air. Untuk informasi lebih lanjut tentang air terjun, berikut adalah atraksi, fasilitas, harga tiket dan hal lain yang perlu Anda ketahui.

Daya tarik utama Air Terjun Guruh Gemurai

Objek wisata air terjun Guruh GemuraiSumber gambar: Twitter Aries primer

1. Keindahan air terjun

Air Terjun Guruh Gemurai memang terkenal sebagai salah satu air terjun terindah dan terindah di Riau. Anda akan melihat air terjun yang terlihat bagus. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke tempat ini menyempatkan diri untuk berenang dan juga mandi.

Di ketinggian air terjun, Anda dapat dengan jelas mendengar percikan air yang saling berbenturan. Lokasi air terjunnya tidak kalah indah. Hal ini dikarenakan air terjun tersebut berada di kawasan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan besar. Keindahan inilah yang menarik banyak wisatawan.

Selain keindahan alamnya, air terjun ini juga memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya terletak pada tangga semen yang bisa Anda naiki. Menaiki tangga nantinya memungkinkan Anda untuk berdiri di atas aliran air terjun dan mengabadikan momen Anda berada di sana.

2. Jembatan yang indah

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan air terjun ini adalah adanya jembatan yang begitu indah. Jembatan ini dijadikan salah satu spot foto paling populer bagi para wisatawan. Seperti yang Anda ketahui, suasana di sekitar Air Terjun Guruh Gemurai sebenarnya sangat alami dan air di sana juga sangat jernih.

Dari atas air terjun ini kamu bisa melihat semua pemandangan yang terlihat begitu keren. Anda yang suka berfoto bisa memanfaatkan jembatan yang ada di air terjun sebagai tempat mengabadikan momen.

Halaman Instagram Anda pasti akan lebih indah dengan jembatan ini sebagai latar belakang foto.

3. Kolam renang

Akhirnya, banyaknya meter kubik air yang mengalir turun dari puncak air terjun menjadikan bagian bawahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebuah waduk air terbentuk di dasar air terjun yang sekilas terlihat seperti kolam renang.

Anda akan dapat melihat air mengalir yang terasa segar di dalam kolam. Airnya tidak hanya segar tetapi juga sangat jernih dan bersih. Sehingga tidak sedikit wisatawan yang berenang dan berendam di kolam ini.

Hiasan alam yang kiri dan kanan disini berupa pohon-pohon yang menjulang tinggi. Untuk menambah suasana terlihat begitu bagus. Anda harus menghabiskan waktu di tempat ini.

4. Udara yang sangat sejuk

Air terjun Guruh Gemurai yang digambarkan dikelilingi oleh banyak pohon yang menjulang tinggi. Anda dapat melihat dengan jelas bahwa hijau adalah warna dominan di area ini. Dengan begitu kamu bisa merasakan sejuknya udara di tempat ini.

Di lokasi ini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Datang bersama keluarga adalah ide yang tepat jika ingin berlibur ke air terjun.

Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Jadi bersantai dengan menghirup udara sejuk di sekitar air terjun ini merupakan ide cemerlang yang bisa dilakukan saat menjelang liburan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata air terjun Guruh GemuraiSumber gambar: Twitter Informasi Pekanbaru

Untuk mencapai kawasan wisata Air Terjun Guruh Gemurai, Anda bisa menggunakan kendaraan umum di sini atau membawa kendaraan pribadi. Akses menuju air terjun ini cukup mudah karena jalan beraspal.

Sesampainya di pertigaan pasar tradisional Lubuk Jambi, di sini Anda perlu belok kiri. Anda perlu berkendara sekitar 15 menit hingga akhirnya melihat gerbang masuk di kawasan sebelah kanan jalan sesampainya di desa Kasang.

Air terjun ini berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Riau. Bagi Anda yang masih bingung dengan rutenya, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Jadi Anda tinggal mengikuti petunjuk dari Google Maps nanti.

Biaya masuk wisata alam

Tiket Wisata Air Terjun Guruh GemuraiKredit foto: Google Maps Kamparsky TV

Seperti tempat wisata lainnya, Anda akan dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi tempat ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tiket masuk Air Terjun Guruh Gemurai memang sangat terjangkau. Air terjun ini termasuk dalam anggaran tur.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 untuk menikmati keindahan panorama tempat wisata tersebut. Untuk anak-anak, tarifnya lebih murah hanya Rp 1.000.

Untuk alasan keamanan, yang membawa kendaraan pribadi harus memarkirnya dan ada biaya parkir yang juga sangat wajar. Biaya parkir kendaraan roda dua adalah Rp 1.000. Jika membawa kendaraan roda 4, biaya parkirnya hanya Rp 1.500.

Aktivitas menarik di Air Terjun Guruh Gemurai

Kegiatan wisata air terjun Guruh GemuraiKredit foto: Google Maps Dedi Guntora

1. Berburu foto

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Guruh Gemurai. Seperti yang sudah disebutkan, air terjun ini memiliki banyak spot foto yang instagramable. Ketinggian air terjun yang mencapai 20 meter ini tentunya bisa Anda abadikan dengan menggunakan rekaman kamera.

Atau bisa juga menaiki tangga semen yang tersedia untuk mengambil foto keindahan tempat wisata ini. Selain itu, bagian air terjun lainnya, seperti pepohonan yang menjulang tinggi, juga bisa dijadikan sudut pengambilan gambar yang bagus.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan memiliki banyak stok foto yang sangat instagic dan siap dipamerkan di laman Instagram.

2. Berenang

Di bagian bawah air terjun, seperti yang telah dibahas di atas, membentuk bagian seperti kolam. Karena itu, banyak wisatawan berduyun-duyun ke tempat ini untuk berenang.

Jangan lewatkan kegiatan ini. Air kolam terasa sangat segar dan jernih. Anda bisa saja membenamkan diri sambil merenungi pemandangan sekitar yang terlihat begitu alami.

3. Santai

Dengan gazebo yang disediakan oleh pengelola Air Terjun Guruh Gemurai, Anda bisa duduk santai sambil menikmati hidangan. Udaranya yang begitu sejuk seolah-olah kawasan wisata ini dikelilingi.

Anda yang tinggal di perkotaan dan padat penduduk akan sangat cocok jika datang ke air terjun ini untuk bersantai.

Kicauan burung dan pemandangan hijau di sekitar air terjun tentunya menjadi media yang pas untuk relaksasi. Saat Anda pulang dari tempat wisata ini, Anda pasti sudah segar dan siap beraktivitas seperti biasa.

4. Makan kuliner

Ada banyak warung makan di situs Wasserfall. Warung ini menyajikan menu yang sangat khas. Pecinta kuliner pun bisa menikmati menu yang ditawarkan di sana. Sungguh ide yang sangat menarik untuk makan makanan lezat seperti itu sambil merenungkan pedesaan sekitarnya.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Sarana wisata air terjun Guruh GemuraiSumber gambar: Twitter Informasi Pekanbaru

Air Terjun Guruh Gemurai memiliki panorama yang begitu sempurna. Ada banyak atraksi dan aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung di sana. Selain itu, fasilitas yang disediakan sangat memadai. Oleh karena itu, para wisatawan pun merasa lebih nyaman berada di tempat ini.

Meski lokasi tempat wisata dipenuhi pepohonan yang rimbun, namun fasilitas di sana cukup lengkap. Anda akan menemukan mushola. Jadi kalau sudah masuk waktu sholat, jangan bingung. Selain itu, paviliun berukuran besar tersedia untuk wisatawan. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk bersantai.

Fasilitas lain yang bisa ditemui adalah ruang ganti dan toilet. Jika Anda berganti pakaian setelah berenang atau selesai berenang, tidak perlu bingung. Di sekitar area air terjun juga terdapat warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan begitu Anda tidak akan merasa lapar saat berada di sana.

Itu tadi gambaran lengkap tentang atraksi, fasilitas, harga tiket, dll dari Air Terjun Guruh Gemurai. Saat berkunjung ke Kabupaten Kuantan Singing, sempatkanlah untuk berlibur ke air terjun. Segala atraksi dan keseruan yang bisa dilakukan di tempat ini akan membuat Anda tidak menyesal.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button