Tempat Wisata

Pantai Goa Cemara Bantul – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Goa Cemara salah satu wisata pantai yang unik di Bantul, Yogyakarta. Pantai berpasir yang menawan ini memiliki barisan pepohonan berbentuk gua, penangkaran penyu, dan tempat perkemahan yang populer.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Sudkreuz, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Memang Jogja identik dengan tempat wisata dengan segudang pantai yang indah. Dan tidak disebut Jogja jika tidak ada wisata kekinian yang digemari anak muda.

Ada destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan dimana pantai yang bernama Pantai Goa Cemara ini cukup unik. Memang benar pantai ini akan berbeda dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta. Karena memiliki keunikan yang akan dirindukan oleh wisatawan yang datang ke Bantul.

Karena keunikannya ini, banyak wisatawan lokal bahkan mancanegara berbondong-bondong datang ke wisata ini. Pastinya Anda penasaran dengan apa saja yang bisa ditemukan di sana? Untuk melakukannya, ikuti ulasan di bawah ini:

Daya Tarik Pantai Goa Cemara

Objek wisata Pantai Goa CemaraSumber Gambar: Google Maps Pantai Goa Cemara

Destinasi wisata pantai yang terobsesi dengan Yogyakarta memang sudah tidak diragukan lagi. Semakin sering ke sini, ada banyak wisata baru yang patut dicoba. Nah berikut ini beberapa hal unik yang bisa kamu temukan saat datang ke Pantai Goa Cemara:

1. Ada pohon yang mirip Goa

Pantai ini memiliki banyak pohon yang sangat sulit ditemukan saat ini. Karena banyaknya pohon yang tumbuh di area pantai, bahkan ada pohon yang menyerupai gua karena sangat lebat.

Ini membuat pohon hampir mirip dengan gang gelap. Dengan demikian pantai ini memiliki nama Goa Cemara.

2. Mercusuar Tinggi

Daya tarik lain dari pantai ini adalah mercusuar yang menjulang tinggi, karena mencapai ketinggian 40 meter. Mercusuar ini dapat didaki oleh pengunjung untuk menikmati pemandangan laut biru yang indah.

Namun, hanya 2 orang yang diizinkan memasuki mercusuar. Hal ini memungkinkan Anda untuk menunggu giliran Anda bergiliran dengan pengunjung lain.

Hal ini perlu ditegakkan agar dapat menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung karena dapat menghalangi pengunjung untuk melakukan tindakan.

3. Konservasi Penyu

Hal unik lainnya yang bisa ditemukan adalah adanya tempat penampungan penyu. Pelestarian ini sendiri sengaja dikembangkan untuk merangsang minat pengunjung terhadap destinasi wisata tersebut.

Tak hanya itu, penangkaran penyu ini merupakan langkah awal untuk bisa melindungi nyawa para penemu di Pantai Goa Cemara. Tentu saja, Anda harus berkumpul dengan kerabat.

4. Vegetasi pantai

Pada umumnya, di pantai-pantai lain hanya terdapat sepetak pasir. Namun pantai ini berbeda karena terdapat vegetasi pantai berupa pepohonan yang sangat lebat bahkan spesies yang berbeda.

Namun, sebagian besar pohon yang tumbuh di kawasan pantai ini adalah pohon cemara. Dan pohon pinus ini tumbuh karena vegetasinya.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Alamat Pantai Goa CemaraKredit foto: Google Maps Mey Anggara Putra

Jika sudah tidak sabar untuk mengunjungi pantai unik ini, lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai terkenal di Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis. Bahkan terletak di jalan yang sama dengan pantai.

Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 20 km. Agar perjalanan lebih lancar, Anda bisa melewati jembatan layang Janti. Yang kemudian menuju ke Ringroad Selatan yang jaraknya sekitar 4 mil. Setelah itu, melewati Terminal Giwangan dan menuju Jalan Parangtritis.

Bagi wisatawan yang ingin mengetahui tentang tarif masuk ke pantai unik ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena harga tiketnya sangat murah, hanya Rp 5.000 per orang.

Namun, ada biaya bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tertentu. Parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 3.000, biaya parkir kendaraan roda empat sekitar Rp 5.000, sedangkan untuk wisatawan dengan rombongan menggunakan bus dikenakan biaya parkir Rp 10.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Goa Cemara

Aktivitas Menarik Pantai Goa CemaraKredit foto: Google Maps Hari Kusuma Dharmawan

1. Naik ATV keliling

Sambil menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa menaiki ATV yang biasanya disewakan di area pantai dan juga di hutan pinus. Untuk kegiatan yang satu ini, dibutuhkan keberanian dan keahlian dalam mengendarai ATV di tanah berpasir.

2. Foto bersama di area cemara

Pohon cemara pantai ini sering dijadikan sebagai background foto yang sangat menarik. Selain itu, cemara ini akan tumbuh di area jalan setapak.

Pengunjung biasanya mengubah cemara menjadi spot foto untuk mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga dan sahabat. Juga cemara ini memang sangat instagramable.

3. Berkendara

Tidak hanya bepergian dengan ATV, menunggang kuda juga merupakan aktivitas yang mengasyikkan. Dan anda tidak perlu khawatir karena saat anda menunggang kuda, anda akan ditemani oleh pemandu. Sepertinya ini mungkin satu-satunya pengalaman yang Anda bagikan dengan anak-anak.

4. Berkemah

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Goa CemaraKredit foto: Google Maps fardhani binarsanti

Anda tidak hanya bisa menikmati suasana pantai di pagi atau sore hari. Pantai ini sendiri juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat perkemahan.

Yang harus Anda lakukan adalah membawa perlengkapan berkemah. Yang nantinya akan menunjang kenyamanan dan keamanan menginap di pantai ini.

5. Nikmati aktivitas keluar

Bagi Anda yang sangat menyukai kegiatan seperti itu, Pantai Goa Cemara Bantul adalah pilihan yang tepat. Selain itu, fasilitas yang ada di kawasan pantai sangat mendukung.

Tak heran jika pantai yang sejuk ini sering dijadikan tempat berkumpulnya anak-anak sekolah atau pelajar untuk beraktivitas di luar negeri. Tentu saja menyenangkan bersama teman-teman.

6. Fitur air

Bermain air tentu menjadi aktivitas yang tidak terlupakan di pantai manapun. Begitu pula dengan Pantai Goa Cemara di Bantul. Pengunjung bisa bermain atau berenang dengan bebas di air pantai.

7. Bermain pasir

Bermain pasir saat itu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak Anda. Selain itu, anak-anak dapat melatih kreativitasnya dengan bermain pasir. Hubungan antara orang tua dan anak menjadi lebih dekat.

Akomodasi murah di sekitar pantai Goa Cemara Pantai

Akomodasi Pantai Goa CemaraSumber Gambar: Google Maps Pak Busan

1. Akomodasi dan galeri Puri Brata Resort

Pertama, ini adalah penginapan yang sangat dekat dengan destinasi wisata Pantai Goa Cemara Bantul. Harga per malamnya juga sangat terjangkau mengingat banyaknya fasilitas pendukung.

Ada karya seni Jawa, Madurai dan Bali di setiap kamar yang pasti akan memanjakan mata. Kondisi kamar yang selalu bersih tentunya akan membuat nyaman pengunjung saat menginap.

2. Akomodasi Oyo 3845 Paris Syariah

Suasana penginapan ini sangat menyenangkan karena pengunjung bisa langsung melihat kawasan pantai di pagi hari. Dengan pemandangan yang sangat luas dan indah pasti akan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Biaya per malam sangat murah. Pelayanan dari penginapan ini juga sangat memuaskan. Selain itu, layanan resepsionis 24 jam akan membantu Anda jika Anda memiliki masalah di kamar hotel Anda.

3. Akomodasi Villa Alcheringa

Pengunjung yang ingin menginap di Villa Alcheringa dapat memilih tipe kamar yang diinginkan. Karena ada 4 kamar yang berbeda.

Untuk fasilitas yang bisa didapatkan adalah sarapan kemudian pengunjung bisa mengakses Wi-Fi dengan leluasa. Pengunjung juga tidak perlu khawatir soal parkir. Karena pengunjung tidak perlu membayar biaya parkir apapun.

4. Penginapan Queen of South Beach Resort

Penginapan ini memang sangat unik karena kamarnya didesain seperti rumah khas panggung Sumatera. Selain itu, pengunjung dapat melihat pantai dan pegunungan kapur dari dalam ruangan.

Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas spa hotel. Hal ini tentunya sangat cocok bagi anda yang sedang kehabisan tenaga setelah melakukan aktivitas seru di Pantai Goa Cemara Bantul. Tentu saja, Anda dapat mematikan dengan sangat baik di penginapan ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Goa Cemara Bantul

Fasilitas Pantai Goa Cemara BantulKredit Foto: Google Maps Rewhat “PAPAKAKA” Prakarsa

1. Fasilitas Mushola

Fasilitas di Pantai Goa Cemara Bantul adalah mushola yang notabene merupakan salah satu tempat ibadah terpenting bagi umat Islam. Karena saat berkunjung ke pantai ini tentunya anda tidak hanya menghabiskan waktu 1 jam atau 2 jam saja, namun anda bisa menghabiskan waktu seharian penuh di pantai.

2. Tempat makan

Jika perut Anda kosong dan lelah dari wahana pantai, Anda bisa menikmati menu-menu di warung makan. Tempat makan di area pantai ini menawarkan makanan khas yang pasti akan menggugah selera Anda.

3. Toko suvenir

Saat Anda sedang berlibur, tidak ada salahnya memberikan hadiah kepada kerabat atau teman. Souvenir di kawasan pantai ini juga sangat beragam. Mulai dari pernak pernik yang unik, ada pakaian khas Pantai Goa Cemara bahkan makanan.

4. Ada tempat parkir

Seperti yang kita ketahui, tempat parkir tempat wisata ini cukup luas. Hal ini menjadikannya sebagai fasilitas umum yang sangat penting bagi pengunjung.

Anda tidak perlu khawatir tentang mobil lagi. Karena tentunya dijaga oleh pengelola tempat parkir.

5. Fasilitas toilet umum

WC merupakan salah satu fasilitas umum yang harus tersedia, apalagi WC merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Toilet di pantai ini juga sangat bersih dan sangat nyaman saat digunakan.

Tentu tidak mungkin tidak langsung pulang setelah berenang tanpa membersihkan tubuh. Apalagi saat bermain di pantai, pasir secara alami menempel pada pakaian atau badan.

Demikian sekilas informasi yang dapat diberikan kepada anda tentang destinasi wisata Pantai Goa Cemara di Bantul. Jika Anda berniat datang ke Yogyakarta, tak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk datang ke wisata ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button