Tempat Wisata

Tiket & Atraksi GUNUNG TIDAR Magelang Desember 2022

Harga tiket Gunung Tidar : Rp 3.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat: Magersari, Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 59214.

Magelang yang terletak di Jawa Tengah merupakan daerah yang dikelilingi oleh pegunungan besar. Misalnya, Merbabu, Merapi, Sindoro, dan Sumbing sepertinya menjadi tembok kota ini. Namun, ada satu gunung yang cukup unik karena berada di tengah kota Magelang. gunung itu Gunung Tidar. Berbeda dengan yang lain, gunung ini tidak terlalu tinggi dan lebih terlihat seperti bukit.

Kawasan ini merupakan obyek wisata alam dan religi. Alam yang indah dengan hutan yang masih sangat lebat menjadi ciri khasnya. Selain itu, kawasan ini juga menyimpan berbagai sejarah sejarah yang panjang. Di puncak gunung terdapat 3 makam yang dianggap keramat oleh masyarakat. Yakni makam Syekh Subakir, Kyai Sepanjang dan Kyai Semar. Lalu ada juga acara adat di gunung ini setiap tahunnya yaitu Slametan Paser Bumi.

Biaya masuk ke Gunung Tidar

Untuk menikmati keindahan alam Gunung Tidar atau mendaki puncaknya, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harga tiket di tempat ini sangat murah. Cukup bayar sekali, wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekaligus belajar sejarah.

Biaya masuk
tiket masuk Rp3.000

Baca: Tiket Masuk & Pesona KETEP PASS Magelang

Jam buka Tidar

Untuk mengunjungi objek wisata Gunung Tidar, wisatawan bisa datang kapan saja. Karena tempat ini selalu buka 24 jam.

jam buka
Setiap hari 24 jam

Pernah disebut sebagai gunung kematian

Suasana hutan begitu asri dan rindangPesona asri masih sangat terasa di tempat ini dengan pepohonan yang rindang. Foto: Gmaps/Trunan Tidar Magelang Channel

Pada zaman dahulu, gunung ini memiliki kekuatan mistik yang besar. Dinamakan Gunung Tidar karena gunung ini konon pernah angker di masa lalu. Menurut kepercayaan orang yang masuk gunung ini tidak bisa keluar lagi. Tidar sendiri merupakan gabungan dari dua kata, die dan modar. Namun di zaman modern ini, tempat ini justru berkembang menjadi objek wisata unggulan di Magelang.

Selama di sini, wisatawan bisa berwisata alam maupun edukasi. Gunung Tidar kini telah berubah menjadi kebun raya dengan koleksi ratusan spesies tumbuhan dan pohon. Wisatawan juga bisa melihat berbagai satwa asli dari tempat ini. Kemudian ada juga beberapa makam yang dianggap keramat dan sering dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Selain itu, masih banyak kegiatan menarik lainnya.

Baca: Tiket Masuk & Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Keindahan Kebun Raya Gunung Tidar

Salah satu zona yang paling populer di sini adalah area kebun raya. Di Kebun Raya Gunung Tidar, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai jenis tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang ada adalah Enau, Asem Jawa, Londo Asem, Bambu Cendani, Bringin, Benying dan masih banyak lagi. Berada di ketinggian 503 m dpl, udara di tempat ini cukup sejuk dan pastinya bebas dari polusi.

Wisatawan juga bisa melihat monyet bergelantungan di pohon atau aneka burung berwarna-warni. Sedikit tips untuk berkunjung ke sini: jika membawa makanan, simpan di dalam tas. Karena monyet biasanya sangat nakal dan tiba-tiba suka mengambil makanan dari turis.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN KYAI LANGGENG Magelang

Mencapai puncak Gunung Tidar

Mencapai naik turun Gunung TidarSebuah tangga disediakan pada titik ini untuk akses ke atas. Foto: Gmaps/Arya Bajak Laut Sneakerhead

Wisatawan juga bisa mencapai puncak Gunung Tidar. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak karena ketinggian gunung ini tidak lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Selain itu, terdapat pula akses ke atas berupa tangga dengan pegangan tangan di kedua sisinya.

Pemandangan hutan hijau yang menyegarkan menemani Anda di sepanjang jalan. Meski tidak terlalu tinggi, Anda tetap harus memperhatikan kondisi fisik sebelum memutuskan untuk mendakinya.

Baca: Tiket Masuk SVARGABUMI BOROBUDUR dan Tempatnya Indah

3 makam suci

Makam suci di Gunung TidarSalah satu dari ketiga makam tersebut adalah Makam Kyai Semar yang memiliki dinding melingkar. Foto: Gmaps/Andrey Sevotyasnov

Selain untuk menikmati keindahan alam pegunungan, alasan lain wisatawan datang ke tempat ini adalah untuk berziarah. Ada tiga makam keramat di Gunung Tidar. Ketiga makam itu milik Syekh Subakhir, Kyai Sepanjang dan Kyai Semar. Siekh Subakhir adalah seorang tokoh Islam yang menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa, khususnya di Magelang.

Kemudian Kyai Sepanjang adalah penjelmaan tombak yang digunakan Syekh Subakhir untuk mengalahkan Jin Gunung Tidar. Kemudian yang terakhir adalah Kyai Semar, arwah sakti yang menguasai Gunung Tidar di masa lampau. Biasanya masyarakat yang percaya mengadakan ritual di area makam pada malam-malam tertentu.

Baca: Tiket Masuk KRAGILAN PINE FOREST & Spot Selfie

monumen dan peringatan

Gunung dengan bangunan tugu di dalamnyaDi kawasan wisata ini terdapat bangunan tugu dan tugu yang memiliki arti tersendiri. Foto: Gmaps/Sun Chaser Magelang

Keunikan lain di tempat wisata ini adalah adanya dua buah bangunan tugu dan tugu. Yang pertama adalah tugu “Sa” yang merupakan simbol Gunung Tidar yang konon menjadi paku negara Jawa. Sa sendiri berarti Sapa, Shalat dan Seleh.

Lalu ada Monumen Tanah Air Satu Bangsa. Bangunan tersebut berdiri sebagai simbol persatuan atletik di Indonesia. Keberadaan tugu ini dikarenakan kawasan pegunungan ini juga sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk kegiatan olahraga.

Baca: Tiket Masuk SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Beragam Aktivitasnya

Acara Adat Ruwat Bumi

Juga akan ada acara Ruwat Bumi setiap tahunnya. Acara ini berlangsung pada setiap ulang tahun Maulid Nabi. Ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat setempat atas berkah dalam hidup. Berbagai rangkaian acara akan ditampilkan selama kegiatan berlangsung. Dimulai dengan pembersihan (cleaning) Gunung Tidar, malam wayang, pawai tari dan diakhiri dengan kirab budaya yang berlangsung di hari terakhir.

Fasilitas di Gunung Tidar

Obyek wisata alam sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Ada tempat parkir, toilet, mushola, bangku taman, paviliun dan warung makan.

Alamat Gunung Tidar

Secara administratif, Gunung Tidar terletak di Magersari, Kabupaten Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis karena hanya berjarak 2,4 km dari pusat kota yang hanya membutuhkan waktu 10 menit berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button