Berita Wisata

Lihatlah keindahan Taman Pracima Tuin, tujuan wisata solo baru

Merdeka.com – Kota Solo memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak tempat wisata yang bermunculan. Bahkan tempat wisata yang sudah ada sejak lama pun terus berkembang.

Salah satu tempat wisata yang mewujudkan pengembangan tersebut adalah Puro Mangkunegaran. Ada wahana wisata baru bernama Taman Pracima Tuin. Sejak peresmiannya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengundang ratusan warga untuk mengunjunginya.

taboola tengah artikel

“Akan ada 200 orang. Perwakilan warga. Sekaligus berusaha,” kata Gibran dikutip ANTARA, Sabtu (24/12).

Lantas seperti apa keindahan taman wisata baru Solo itu? Berikut ini lebih lanjut:

2 dari 4 halaman

Bentuk komitmen

Taman Pracima Tuin

©Instagram/@erickthohir

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pembangunan Taman Pracima Tuin merupakan bagian dari proyek revitalisasi Istana Mangkunegaran. Ia juga mengatakan pembangunan tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong pengembangan pariwisata yang mengutamakan wisatawan domestik.

“Bangga berpartisipasi dalam pelestarian warisan leluhur. Candi Mangkunegaran merupakan bagian besar dari sejarah budaya tanah Jawa yang telah berdiri selama ratusan tahun,” tulis Erick melalui akun Instagramnya.

3 dari 4 halaman

Demi kemajuan Kota Solo

Taman Pracima Tuin

©Instagram/@erickthohir

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan, dalam kunjungan tersebut, pihaknya ingin mendengar pandangan warga terhadap kemajuan Kota Solo. Selain itu, pihaknya juga ingin meluncurkan logo dan maskot Kota Solo.

“Kami ingin menginformasikan kepada warga bahwa logo dan maskot bisa digunakan oleh siapa saja. Yang punya produk UMKM bisa mencantumkan logo dan maskotnya. Yang punya baju, distro, logo dan maskotnya bisa diganti dengan gaya yang berbeda-beda,” kata Gibran. .

4 dari 4 halaman

lima bulan penuh

Taman Pracima Tuin

©Instagram/@erickthohir

Sebelumnya, KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo mengatakan revitalisasi memakan waktu lima bulan dan selesai bulan ini. menurutnya, bangunan tersebut terinspirasi dari zaman Mangkunegara ke-7 atau sekitar tahun 1920. Terdapat tiga bangunan utama di Taman Pracima Tuin, yaitu Pracimasono, Pracimawisik dan Pracimaloka.

Kedepannya, taman ini akan dibuka sebagai tujuan wisata umum sekaligus sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya. Rencananya, Taman Pracima Tuin akan dibuka untuk umum pada 21 Januari 2023.

(mdk/shr)

TOPIK TERKAIT

Mengikuti

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button