Berita Wisata

Diserbu Ribuan, Kunjungan Wisata ke Indrokilo Boyolali Meningkat Hampir 50% – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengunjung berjalan-jalan di sekitar gerbang Passingsingan Kebun Raya (KRIB) Indrokilo Boyolali di Desa Kemiri, Mojosongo, Boyolali. (Solopos-Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, BOYOLALI — Jumlah pengunjung Kebun Raya Indrokilo Boyolali meningkat hampir 50% sejak liburan sekolah.

Direktur Teknik Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Yunus Puratmoko mengatakan, jumlah pengunjung Kebun Raya Indrokilo mengalami peningkatan sejak awal Desember 2022. Jumlah pengunjung terbanyak tercatat sebanyak 2.767 orang. akhir pekan dan ada 955 orang saat ini hari dalam seminggu.

Promosi Green Tokopedia mengajak UMKM dan masyarakat untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Hari dalam seminggu sebaliknya pada hari libur umumnya jumlah pengunjung sekitar 100 sampai 200 orang. Apakah akhir pekan biasanya sekitar 2.000 orang,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kantor dinasnya, Senin (26/12/2022).

Sementara itu, Yunus mengungkapkan pengunjung selama perayaan Hari Natal kemarin, Minggu (25/12/2022) hanya mencapai 1.357 orang.

Menurut dia, penurunan jumlah pengunjung disebabkan cuaca yang kurang mendukung. Bahkan, Yunus sempat memprediksi puncak pengunjung akan terjadi pada hari Natal.

Baca Juga: Taman Hias dan Vineyard Tematik Akan Menambah Koleksi Kebun Raya Indrokilo Boyolali

“Kita perkirakan puncak pengunjung sekitar 3.000 orang, lihat akhir pekan Sebelumnya bisa mencapai 2.700 pengunjung,” jelasnya.

Namun, kata Yunus, pengunjung terlihat antusias meski diguyur hujan di kebun raya. Yunus menjelaskan, faktor cuaca sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung yang datang ke kebun raya.

“Karena kita wisata alam, terbuka, jadi kalau hujan otomatis tidak jalan [berwisata],” jelasnya.

Yunus menjelaskan pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari sekitar Soloraya, seperti Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Solo dan Karanganyar. Kebanyakan pengunjung datang berkelompok keluarga atau piknik sekolah.

Saat ditanya soal promosi, Yunus menjawab bahwa harga tiket masuk ke Kebun Raya Indrokilo tidak berubah. Harga tiket selalu Rp 5.500 per orang, dibagi Rp 5.000 untuk biaya masuk dan Rp 5.00 untuk biaya kebersihan.

Baca Juga: Ada 5 Jenis Pohon Langka di Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Apa Saja?

“Tidak ada promosi atau kenaikan harga,” jelasnya.

Karena kita menggunakan retribusi daerah, kata Yunus, kita tidak bisa sembarangan mengambil keputusan. Selama sepekan terakhir sejak Selasa (20/12/2022) hingga Minggu (25/12/2022), pendapatan Kebun Raya dari penjualan tiket sekitar Rp 24.634.500.

Kemudian, untuk jumlah koleksi yang ada di kebun raya ini ada sekitar 1.700 tanaman. Dari total tumbuhan tersebut, ada sekitar 300 jenis tumbuhan.

“Tanaman-tanaman itu dibagi menjadi tujuh tema kebun, ada tema buah lokal, tema bambu, pakis, obat-obatan, tanaman rambat, dan tema konservasi tanah dan air, dan lain-lain”, jelasnya.

Kebun Raya Indrokilo buka hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB dan tutup pada hari Senin.

Baca Juga : Wah! Begitu banyak pengunjung Kebun Raya Indrokilo Boyolali saat libur lebaran

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button