Berita Wisata

Obyek wisata Magetan diharapkan selesai akhir tahun 2022, Disparbud akan melaksanakan pembukaan dan penutupan

SURYA.CO.ID, MAGETAN – Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magetan diperkirakan akan ramai bahkan penuh pengunjung mulai periode Natal 2022 hingga akhir tahun depan. Kondisi ini diantisipasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan melalui koordinasi dengan instansi terkait, khususnya untuk menjaga keamanan wisatawan.

Kepala Disparbud Kabupaten Magetan Joko Trihono merinci tempat wisata yang akan dikunjungi wisatawan. Dan semua objek wisata harus penuh, tidak hanya Telaga Sarangan yang melegenda.

Ia menyebut Air Terjun Tirto Sari, Taman Refugia, Taman Wisata Genilangit, Tirto Gumarang, Taman Hutan Raya Mojosemi, Hutan Hijau Lawu, Kampung Susu Singolangu. “Kemudian ada wisata desa Jabung, wisata desa Sumber Dodol, wisata desa pemandian Sumber Sawit,” jelas Joko, Senin (26/12/2022).

Kemudian di Kota Magetan, lanjut Joko, ada destinasi Taman Magetan, Wisata Pemandian Gorang Gareng dan Kuliner Sumber Bening, Wisata Kampung Madigondo dan Kuliner Ayam Bakar Gandu.

“Terkait antisipasi lonjakan, kami sudah memulai rapat koordinasi dengan Polres Magetan dan beberapa dinas terkait. Kami sudah memberikan informasi beberapa destinasi wisata, agar kunjungan wisatawan bisa merata”, ujar Joko.

Jika objek wisata sudah penuh sesak, pihaknya akan menerapkan sistem buka tutup sebagai langkah antisipasi kunjungan. Alternatif terakhir adalah menerapkan jalur terbuka dan tertutup ke tujuan.

“Wisata di Kabupaten Magetan tidak hanya tentang Telaga Sarangan. Tiket masuk dewasa Rp 20.000 dan anak-anak Rp 10.000. Sarangan biasanya buka 24 jam, ada penjaganya juga”, demikian ungkapnya.

Diakui Joko, terjadi peningkatan kunjungan ke tempat wisata. Ia juga menyebut hotel-hotel juga sudah mulai dipesan. “Kami perkirakan akan ada peningkatan. Di hari biasa bisa mencapai tiga kali lipat di akhir pekan,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan dan perayaan libur Natal dan Tahun Baru, Joko berharap pengunjung tetap memperhatikan keselamatan dirinya dan keluarganya, baik saat berwisata maupun di rumah atau tempat wisata. “Semoga liburan di Magetan bisa membawa kenangan indah,” kata Joko. *****

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button