Berita Wisata

17 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar Cocok Untuk Liburan Tahun Baru 2023 : Okezone Travel

KECAMATAN Tawangmangu yang terletak di lereng barat Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Pesona alamnya membuat tempat ini cocok untuk liburan tahun baru.

Jika Anda masih belum tahu cara menikmati liburan, tidak ada salahnya mengunjungi Tawangmangu. Rasakan keindahan alam yang indah dan udara segar yang menyegarkan.

Berikut 17 tempat wisata di Tawangmangu Karanganyar:

Bukit Monkrang

Bukit ini juga memiliki pemandangan yang bagus sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik, terdapat hamparan ilalang yang banyak diburu untuk foto. Tempat ini juga dijadikan tempat berkemah untuk menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari.

Air Terjun Jumog Putri

Air Terjun Jumog Putri memiliki nuansa alam yang selalu asri meski tergolong air terjun kecil dan terletak di pinggir jalan di Dusun Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Namun tempat ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Agrowisata Desa Nglurah

Desa Nglurah merupakan desa agrowisata yang dikenal sebagai sentra tanaman hias dan obat. Di sepanjang desa ini, setiap rumah memiliki beragam tanaman hias yang cantik, Anda bisa membeli tanaman untuk dijadikan oleh-oleh.

Menggambar

Taman Wisata Balekambang

Taman Wisata Balekambang memiliki berbagai spot foto menarik yang menampilkan studio seni 3D, landmark dunia, mulai dari Arc de Triomphe Prancis, prasasti Hollywood, Patung Liberty, hingga London Bridge.

Candi Sukuh

Candi Sukuh, candi yang berdiri sejak abad ke-15 ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Pesonanya yang indah dan penampilannya yang mirip dengan piramida suku Maya membuat candi ini banyak dikunjungi wisatawan.

Menggambar

Candi Sukuh (Okezone.com/Bramantyo)

Kuil Keto

Candi Cetho merupakan salah satu candi yang terletak di dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Lawu. Candi religi Hindu ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di desa Cetho, Kabupaten Karanganyar.

Situs Purbakala Candi Menggung

Situs purbakala Candi Menggung merupakan peninggalan purbakala Tawangmangu. Tradisi dukutan sering dilakukan masyarakat untuk menjamin ketentraman masyarakat Jawa, dan tempat ini sering dijadikan tempat suci bagi masyarakat setempat.

Bukit Sakura

Sakura Hills memiliki konsep wisata ala Negeri Sakura dengan suasana Gunung Lawu. Dilengkapi dengan berbagai bunga sakura, supercamp, dan tutupan hutan. Anda juga bisa menyewa jeep untuk berkeliling dan menikmati suasana Sakura Hills.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Taman Lawu

Lawu Park merupakan sebuah taman hiburan yang menawarkan berbagai wahana seru dan menyenangkan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama balita dan keluarga.

Rumah Indonesia Atsiri

Rumah Essential merupakan pabrik minyak atsiri yang telah direvitalisasi menjadi pusat kajian minyak atsiri. Memiliki nuansa modern, namun tetap mempertahankan keaslian tahun 1963.

Perkebunan teh kuning

Kebun Teh Kemuning menjadi destinasi favorit para remaja dengan setting kebun teh yang asri dan Instagrammable. Harganya relatif murah, hanya Rp 3000/orang untuk tiket masuk.

Menggambar

Jeep di Kebun Teh Kemuning (Okezone.com/Bramantyo)

Air Terjun Pringgodani

Air terjun setinggi 100 meter ini sangat memanjakan mata. Alam yang indah dan suasana yang sejuk memaksa Anda untuk melintasi alam liar untuk mengunjunginya. Tempat ini juga memiliki petilasan yang sering dikunjungi oleh beberapa orang dengan kepercayaan tertentu.

Bukit Sekipang

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bukit Sekipang menawarkan berbagai wahana dan permainan menarik dan ada penginapan bertema, kamar kecil, vila, pondok Jepang, dan aula Titanic.

Gunung Lawu

Gunung Lawu salah satu gunung favorit para pemanjat tebing merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.265 mdpl. Memiliki 5 jalur pendakian, dengan pemandangan indah dan rangkaian cerita mistis.

Menggambar

Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun setinggi 80 meter ini sangat eksotik. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki 1.250 anak tangga. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan sambil melihat monyet.

Taman Ajaib Tawangmangu

Tawangmangu Wonder Park menawarkan berbagai jenis wahana seperti camping, outbond, mountain biking, menunggang kuda, jeep adventure. Wahana tersebut dapat dinikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Air Terjun Kedung Sriti

Air terjun ini memiliki suasana yang asri dan segar. Memiliki ketinggian hingga 10 meter dengan air yang sangat deras dan jernih. Memiliki lintasan yang cukup ekstrim melintasi jurang sambil berjalan menyusurinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button