Tempat Wisata

Tiket Masuk Gunung Bromo 2022 dan Informasi Wisata Sekitarnya

Gunung Bromo merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang menawarkan pesona alam pegunungan yang indah. Jika Anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja maka liburan ke Bromo adalah ide yang tepat.

Gunung Bromomelalui instagram/iew_reflex

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp 29.000,00 – Rp 320,000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Saksikan matahari terbit, lihat matahari terbenam, lihat kawah, ambil foto, naik jeep, naik kuda
Waktu terbaik: Saat matahari terbit dan matahari terbenam
Membawa: Jaket, syal, sepatu, masker, kacamata, kamera
Melarang: Tidak membuang sampah sembarangan, tidak ada polusi, tidak bersandar pada pagar kawah
Alamat: Kawasan Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur
Fasilitas umum: Mushola, kamar mandi, sewa kuda, sewa jeep, pos satpam
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur. Tempat ini menawarkan pemandangan berupa bentang alam pegunungan yang hijau, asri dan masih sangat alami dipadu dengan keramahan masyarakat setempat yang selalu memberikan sambutan hangat kepada setiap wisatawan yang datang.

Ada banyak aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan di kawasan pegunungan ini. Selain 5 objek wisata yang biasanya paling banyak dicari oleh para traveler, sebenarnya ada beberapa objek lain yang tak kalah seru untuk dijelajahi.

pecinta gunung bromovia instagram/iluh.sukreni.58

Gunung Bromo di atas kudavia instagram/nawwarsulthanrafiq

Mendaki Gunung Bromo 1melalui instagram/estercp_

Penanjakan Gunung Bromo 2via instagram/melnisamelia_

Gunung Bromo Kawah Bromomelalui instagram/architexas

sekilas

Gunung ini merupakan gunung berapi aktif di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut sehingga tergolong gunung sedang.

Bentuk gunung ini unik karena terdiri dari lembah dan ngarai. Selain itu, terdapat kaldera dengan luas 9 kilometer persegi yang terbentang luas. Di tengah gunung ini terdapat kawah berdiameter 800m yang membujur utara-selatan dan sepanjang 600m membujur barat-timur.

Gunung ini terletak di empat kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang.

cerita

Gunung ini merupakan gunung suci terutama menurut kepercayaan umat Hindu. Nama Bromo yang merupakan nama gunung ini bahkan berasal dari nama dewa dalam agama Hindu yaitu Dewa Brahma.

Adapun asal mula banyaknya penduduk yang tinggal di daerah tersebut konon berawal dari terjadinya perang besar di kerajaan Majapahit. Orang-orang yang tidak tahan dengan kejamnya perang akhirnya memutuskan untuk pindah ke dua tempat: lereng Gunung Bromo dan pulau Bali.

Karena itu, penduduk di daerah itu sebagian besar beragama Hindu.

Suku Tengger

Suku asli yang mendiami kaki gunung ini adalah suku Tengger. Penamaan Tengger bukan tanpa alasan.

Pada zaman dahulu, daerah ini didiami dan dikuasai oleh Raja Majapahit. Raja memiliki seorang putri bernama Rara Anteng dan menikah dengan seorang keturunan Brahmana bernama Joko Seger.

Desa tersebut dikelola oleh sepasang suami istri, maka suku itu disebut Tengger, terdiri dari kata An Teng dan Se Ger.

sejarah wabah

Secara historis, Baan Geologi telah mencatat dan menganalisis letusan atau aktivitas gunung ini sejak tahun 1804. Sejak 1804, gunung ini telah mengalami lebih dari 46 kali letusan.

Letusan gunung berapi ini tidak dapat diprediksi kapan terjadi, terkadang memiliki fase yang pendek, terkadang memiliki fase yang panjang. Fase terpendek dari letusan gunung berapi ini hanya beberapa hari, tetapi fase terlama bisa bertahan sebulan.

Sementara masa istirahat gunung ini bisa bertahan selama satu tahun, bahkan masa tidur terlama bisa bertahan hingga 16 tahun.

pembentukan kawah

Bagaimana kawah itu terbentuk? Kawah ini awalnya merupakan gunung yang ketinggiannya lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut. Kemudian terjadi letusan gunung berapi yang sangat dahsyat yang menciptakan kaldera besar dengan diameter 9 km.

Kemudian, seiring bertambahnya usia bumi, material vulkanik yang keluar dari gunung berubah menjadi lautan pasir di sekitar kawah utama.

alamat

Gunung ini terletak di kawasan Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Gunung ini membentang di empat kabupaten, sehingga ada empat jalur yang bisa Anda gunakan untuk menuju Bromo.

Karena ketinggiannya yang mencapai 4.000 meter di atas permukaan laut, Gunung Tengger menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia saat itu.

5 tujuan wajib

Berikut lima tempat yang wajib Anda kunjungi:

sisi gunung bromo

Tempat populer untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam adalah sisi gunung ini.

kawah

Destinasi utama yang harus Anda kunjungi adalah Kawah Bromo yang dapat Anda capai dengan sangat mudah karena terdapat tangga dengan pegangan tangan besi di sisi kanan dan kirinya.

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah gurun yang dulunya sangat sepi. Saat ada embusan angin, suara pasirnya seperti bisikan, makanya gurun ini disebut Pasir Berbisik.

Bukit Teletubies

Mengapa disebut Bukit Teletubies? Karena bukit ini memiliki bentuk bergelombang seperti Bukit Teletubies di serial TV anak-anak.

Bukit ini juga menjadi spot populer bagi wisatawan untuk berfoto. Dengan latar belakang bukit karst menambah eksotisme Bukit Teletubies.

Anda bisa mengunjungi objek wisata apa saja yang Anda suka, namun umumnya wisatawan yang berwisata ke Bromo ingin melihat matahari terbit atau terbenam.

Biaya masuk

Pengelola objek wisata menetapkan biaya masuk yang berbeda untuk hari biasa dan hari libur, serta menawarkan harga yang berbeda untuk wisatawan domestik dan asing.

Wisatawan Hari biasa liburan
Lokal Rp 29.000,00 Rp 34.000,00
Luar negeri Rp220.000,00 Rp320,000.00

pembalasan kendaraan

jenis transportasi harga tiket
Kuda Rp 1,500.00
sepeda Rp 2.000,00
dua roda Rp5.000.000
empat roda Rp 10.000.00

Jika ingin berhemat, Anda bisa memanfaatkan paket wisata atau travel. Banyak biro perjalanan menawarkan paket wisata ke Bromo.

Baca Juga : Daftar Wisata Hutan Pinus di Malang

penginapan murah

Perjalanan ke Bromo membutuhkan waktu minimal 2 hari 1 malam jika ingin menikmati sunrise atau sunset. Jika Anda bingung ingin bermalam di mana, berikut daftar penginapan terdekat dengan harga terjangkau:

OYO 1048 Rahayu

  • J L. Raya Bromo Nomor 0, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Rp 289.051,00/malam

Homestay Tengger Indah

  • J L. Raya Bromo, Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur/ 0852 3295 6606
  • Rp 271.730.00/malam

hotel yoschi

  • J L. Raya Bromo, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggi, Jawa Timur/ 0822 5544 6000
  • Rp 198.000,00/malam

Hotel Cemara Indah Probolinggo

  • J L. Cemara Lawang, Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur/ 0335 5410 019
  • Rp 446.900,00/malam

budaya sekitar

Penduduk asli daerah ini adalah suku Tengger, dimana suku ini masih menganut ajaran Hindu. Mereka percaya bahwa gunung ini atau juga dikenal sebagai Gunung Brahma adalah gunung suci.

Suku Tenggeresen selalu mengadakan upacara adat atau upacara kasada atau kasodo yang diadakan di pura di kaki gunung. Usai melakukan ritual di Pura Poten, masyarakat suku Tengger melanjutkan prosesi upacara ke puncak gunung.

perabot

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola TNBTS cukup lengkap yang dapat digunakan wisatawan untuk menikmati segala aktivitas:

  • ruang sholat
  • kamar mandi
  • sewa kuda
  • Sewa Jeep
  • Pos satpam

Penyewaan kuda atau jip biasanya disediakan oleh pemerintah kota di sekitar kawasan pegunungan ini.

pertanyaan dan jawaban

Kesimpulan

Mendaki Gunung Bromo adalah cara unik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota. Jika Anda menyukai petualangan, Anda harus mengunjungi semua atraksi di kawasan TNBTS.

Di sini adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam dan matahari terbit, jadi jangan sia-siakan liburan Anda. Ayo segera lebih dekat dengan Bromo.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button