Berita Wisata

8 Rekomendasi Tempat Tahun Baru di Bandung yang Diincar Warga dan Wisatawan

Bandung

Menyambut tahun baru, detikers sudah punya rencana tahun baru di Bandung mana? Hampir setiap titik di Kota Bandung diperkirakan akan ramai hari ini. Ada banyak pilihan untuk Tahun Baru di Bandung. Simak rekomendasi venue tahun baru berikut tempat nonton kembang api di kota Bandung berikut ini.

1. Dalam perjalanan Asia Afrika

Kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung diperkirakan selalu menjadi primadona wisatawan yang berlibur ke Bandung. Di sini pengunjung bisa berfoto di terowongan legendaris dengan kutipan dari Pidi Baiq dan MAW Brouwer.

Selain itu, salah satu ciri khas jalan Afro-Asia adalah arena pameran para cosplayer superhero yang nongkrong di trotoar. Pengunjung bisa berswafoto sambil berkeliling Jalan Asia Afrika hingga Alun-alun Bandung. Di tempat ini, mereka ingin bertemu dengan para cosplayer yang berdiri di jalan.

2. Masjid Raya Bandung – Pasar Baru

Jalan Asia Afrika adalah pusat kota yang dekat dengan tujuan wisata yang berpindah-pindah. Selain itu di sepanjang jalur Asia-Afrika terdapat Alun-Alun Bandung yang menjadi andalan warga Bandung Raya untuk berkumpul.

Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak akan membuka Alun-alun Bandung untuk kepentingan umum selama perayaan Tahun Baru 2023. Penutupan itu untuk menghindari gangguan sosial, kesehatan, dan ketertiban umum.

Warga tidak membuang sampah sembarangan saat perayaan tahun baru

Meski begitu, bisa dipastikan masyarakat akan terus berbondong-bondong ke daerah tersebut. Karena setiap hari masyarakat dari berbagai penjuru Jawa Barat biasa berkerumun di sekitar Masjid Raya Bandung, Parahyangan Plaza, Pasar Baru dan sekitar Jalan Karapitan.

Di sini, traveler bisa melihat dua menara Masjidil Haram menjulang tinggi, berbelanja di kawasan Parahyangan Plaza, sambil menunggu awal tahun dan mulai menyalakan kembang api bersama.

Jika merasa lapar, Anda bisa berwisata kuliner di kawasan Pasar Baru. Tepatnya di sepanjang Jalan Otto Iskandar Dinata, Jalan Kalipah Apo dan sekitarnya. Misalnya warung nasi Ampera, Alam Sunda, Bu Imas, aneka jajanan pinggir jalan seperti bulat dan masih banyak lagi.

3. Jalan Braga

Sedikit meleset dari jalanan Asia Afrika, ada satu tempat indah di Kota Bandung, yakni Jalan Braga. Braga adalah wajah kota Bandung. Jalan bersejarah ini menjadi tujuan wisata bagi para pelancong yang menghabiskan waktu di Ville Fleurie.

Suasana di Jalan Braga seperti berada di Eropa karena bangunan di sepanjang jalan tersebut merupakan peninggalan arsitek zaman kolonial. Menurut situs resmi Dinas Bina Marga dan Penatagunaan Lahan Provinsi Jawa Barat (DBMTR), gaya bangunan di sepanjang Jalan Braga mengikuti perkembangan Kota Bandung pada periode 1920-1940.

Jalan Braga memang istimewa. Bahan jalan terbuat dari batu andesit. Sejak jaman Hindia Belanda, Braga memang menjadi tempat pertemuan, bahkan sampai sekarang masih sama.

Tak hanya soal estetika, Braga juga menyajikan kuliner yang tak ada habisnya. Dari pagi hingga sore, jalan ini tak pernah sepi. Semakin malam, semakin banyak wisatawan yang ingin berwisata kuliner pinggir jalan.

Banyak yang bisa dinikmati di sini. Dari warung nasi C’Mar, berbagai makanan ringan seperti dim sum, lumpia, kopi, es krim juga tersedia di Braga. Tentunya para wisatawan juga tidak lupa membawa kembang api untuk menyaksikan dari jalan yang menjadi pusat atraksi kota Bandung ini.

4. Gedung Negara

Ikon kota Bandung ini pasti akan menjadi andalan untuk dikunjungi menyambut tahun baru. Gedung Sate merupakan salah satu bangunan tua yang ikonik di Kota Bandung. Sejak tahun 1980 hingga sekarang, gedung yang terletak di Jalan Diponegoro No. 22 Kota Bandung ini pernah digunakan sebagai kantor Gubernur Jawa Barat.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghabiskan malam tahun baru 2023 di kantornya di Gedung Sate. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu akan memantau aktivitas warga agar tidak terjadi euforia berlebihan selama perayaan.

Situs resmi Humas Kota Bandung menyebutkan Gedung Sate memiliki gaya arsitektur hybrid, yakni campuran dari beberapa gaya arsitektur multi bagian.

Bangunan ini menggunakan model Renaisans Italia, desain jendelanya mengusung konsep Spanish Moorish, dan atapnya mengadopsi arsitektur Asia seperti pura di Bali.

Bangunan ini juga dipengaruhi oleh ornamen Hindu dan Islam. Tata letak bangunan ini simetris, dengan elemen lengkung berulang, menciptakan irama yang indah dan unik.

Di bagian atas atap bangunan terdapat ornamen 6 buah tusuk sate. 6 tusuk sate ini mewakili 6 juta Gulden yang digunakan untuk membangun gedung ini.

5. Taman Kiara Artha

Salah satu tempat wisata yang mengusung konsep alam, ramah lingkungan dan menawarkan banyak wahana adalah Taman Kiara Artha. Lokasinya di Jl. Banten, Kebonwaru, Bandung.

Dibangun pada 17 Agustus 2019 dengan luas total 12 hektar, Taman Kiara Artha menawarkan sepuluh fasilitas bermain dan spot foto tak terbatas. Atraksi utamanya adalah Air Mancur Menari di Danau, Desa Korea, dan Taman Lentera.

Saat area wahana Taman Kiara Artha ditutup, pengunjung masih bisa bermain di Taman Kiara Artha yang sangat luas. Bisa naik sepeda, makan, main atau main kembang api bareng.

Perlu menonton kembang api dari tempat yang lebih tinggi? Tiga tempat favorit di kota Bandung berikut ini bisa kamu coba, tapi hati-hati mungkin jalanan akan cukup ramai.

6. Lembang

Keindahan Lembang selalu menjadi primadona pariwisata. Pengunjung akan selalu disuguhkan pemandangan dan berbagai taman bermain. Lembah Dingin Atas menawarkan banyak tempat indah untuk berhenti dan menonton kembang api.

Bersantai dari padatnya beban kerja sambil menyenangkan keluarga tercinta. Kawasan Lembang Bandung memiliki puluhan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dijamin, bermain Lembang akan membuat Anda terhibur dan lebih sehat dengan segarnya udara dataran tinggi. Sebut saja The Lodge Maribaya, Orchid Forest dan masih banyak lagi restoran dan kafe lokal.

7. Ketepatan waktu

Punclut artinya Puncak Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi banyak orang karena terdapat berbagai destinasi wisata. Sembari menunggu tahun baru, Anda bisa menikmati pemandangan sunset di tempat ini karena letaknya yang berada di ketinggian.

Pengunjung bisa menikmati sunset di Punclut sambil mencicipi aneka hidangan di rumah makan lesehan yang berjejer di sepanjang jalan. Jalan menuju tempat ini juga cukup mudah diakses dari kota Bandung. Beragam destinasi kuliner bisa dikunjungi, antara lain Dago Bakery Punclut atau Cakrawala Nature Sparkling Resto.

8. Dago

Dago Pakar merupakan salah satu tempat terkenal untuk melihat sunset di Bandung. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan pegunungan dan lembah yang indah, serta menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat.

Daerah Dago juga terkenal dengan banyak kafe estetis, pemandangan indah, dan beragam makanan. Tak heran jika banyak anak muda atau orang tua menghabiskan akhir pekannya di Dago.

Misalnya 372 Kopi Dago Pakar, Jurnal Risa Coffee Dago, Dua Tangan Penuh, Cafe D’Pakar, Congo Gallery and Cafe, dan masih banyak lagi. Berbagai kafe dan kafe di Dago pun menawarkan harga bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Nah detikers, ini dia rekomendasi tempat untuk malam tahun baru nanti. Menurut Anda, di mana Anda menyiapkan rencana Tahun Baru?

(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button