Tempat Wisata

Air Terjun Ibun Pelangi Majalengka – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Sukadana, Kec. Argapura, Cab.Majalengka, Jawa Barat.

Salah satu tempat wisata yang cukup menarik dan tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata di Bandung lainnya adalah Curug Ibun Pelangi. Air terjun ini terletak di daerah Majalengka. Jika Anda ingin merasakan berwisata di Green Canyon, tempat ini wajib Anda kunjungi.

Air terjun ini menghadirkan nuansa seperti di Green Canyon. Tempat wisata ini memang sangat indah dan memiliki pemandangan yang mempesona. Bahkan, pesona yang ditawarkan air terjun ini jarang ditemui saat menginap di tempat wisata lainnya.

Di titik ini Anda bisa melihat dua tebing yang mengapit sungai. Air terjun yang dihasilkan sangat jernih dan bersih serta memiliki aliran air yang deras. Mengajak keluarga, sahabat atau pasangan untuk berkunjung ke tempat tersebut tentunya merupakan ide yang tepat. Untuk lebih jelasnya tempat-tempat wisata tersebut diulas lebih detail di bawah ini.

Daya Tarik Air Terjun Ibun Pelangi

Obyek wisata Curug Ibun PelangiKredit foto: Google Maps Febry Artanto

1. Panorama pelangi yang indah

Jika Anda berencana berwisata ke tempat alam bebas maka Curug Ibun Pelangi memang pilihan yang tepat. Di sini Anda disuguhi pemandangan yang begitu indah. Selain itu, kesegaran air yang mengalir di bebatuan membuat pesona tempat ini begitu kuat.

Memang tempat ini merupakan daya tarik yang luar biasa, sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan adalah keindahan pelangi di antara dua tebing. Kedua batu lava tersebut mengapit sungai yang deras airnya.

Embun yang jatuh dari sungai kemudian menciptakan cahaya pelangi saat disinari matahari. Pelangi muncul di area sekitar tebing. Itu sebabnya tempat wisata ini dikenal dengan nama Ibu Pelangi. Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut, maka perlu mempersiapkan peralatan seperti kamera.

Karena fenomena ini terlihat begitu eksotik dan indah dan sangat layak untuk diabadikan dalam sebuah foto. Cukup banyak fotografer yang datang ke tempat ini. Anda juga bisa berfoto selfie dengan background cahaya pelangi yang begitu indah.

Sinar matahari yang muncul di area sekitar tebing terlihat semakin indah jika Anda datang pada sore dan pagi hari. Apalagi saat matahari miring 60 derajat, panorama yang tersaji di kawasan Curug Ibun Pelangi akan memukau Anda dengan keindahannya.

Anda juga akan memiliki pemandangan matahari yang lebih jelas sekitar jam 8-10 pagi. Momen-momen yang begitu menakjubkan di tempat ini bisa membuat para fotografer ingin mengabadikannya.

2. Jangan kalah seperti Grand Canyon

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan Grand Canyon, salah satu tempat terindah di Amerika. Memang air terjun ini menawarkan keindahan yang tak kalah menarik dari Grand Canyon.

Di Curug Ibun Pelangi inilah nantinya Anda akan menemukan tebing bebatuan yang terlihat begitu megah, pemandangan yang sangat indah dan sungai yang mengalir deras. Tempat eksotik ini memiliki air terjun dengan aliran air yang cukup deras serta bebatuan yang membuat pemandangan di sekitarnya terlihat begitu indah.

Oleh karena itu, wajar jika banyak wisatawan betah berada di tempat ini. Tebing-tebing besar yang ada di sana mengapit sungai, persis seperti di Grand Canyon.

Anda akan melihat bebatuan berukuran besar dan terlihat sangat indah. Karena itu, air terjun ini menjadi salah satu tempat yang paling populer dan diminati saat ini, khususnya di wilayah Majalengka.

3. Air terjun yang sejuk dan menyegarkan

Di Curug Ibun Pelangi kamu bisa melihat air terjun dengan ketinggian mencapai 87 meter. Airnya sendiri mengalir dari Muara Jaya. Sungai mengeluarkan uap, menciptakan embun. Dan saat matahari bersinar di atas embun, Anda bisa menyaksikan penampakan pelangi yang begitu indah.

Semakin cepat air terjun, semakin baik lanskap pelangi terlihat. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, pilihlah cuaca yang cerah dan tidak berawan. Karena jika Anda datang ke tempat ini saat mendung, Anda tidak bisa melihat pemandangan pelangi.

Karena itu, sebaiknya pilih waktu saat musim kemarau. Sehingga Anda mendapatkan tampilan yang maksimal. Ajak keluarga, kerabat atau pasangan agar kegiatan liburan nanti semakin seru. Di sini pun suasananya sangat alami, sehingga Anda dan pasangan bisa bersantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kredit foto: Google Maps Ivan Kristiana

Lokasi air terjun Ibun Pelangi berada di desa Sukasari Kaler. Lebih tepatnya terletak di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, jika berangkat dari pusat kota Majalengka akan memakan waktu sekitar 30 menit. Jarak yang harus ditempuh sendiri kira-kira 16 km.

Tempat wisata ini tidak sulit untuk Anda kunjungi. Berkat koneksi jalan yang baik, Anda juga bisa membawa kendaraan sendiri, baik roda dua maupun roda empat. Selama perjalanan Anda juga bisa melihat pemandangan yang indah.

Jika Anda masih bingung mencari lokasi air terjun tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Menggunakan fungsi Google membuat pencarian tempat wisata menjadi lebih mudah.

Sesampainya di tempat yang bertuliskan Curug Ibun Pelangi, Anda harus memarkir kendaraan Anda. Dari tempat ini Anda harus berjalan kaki untuk mencapai tempat air terjun tersebut. Jarak yang harus Anda tempuh sekitar 200 meter.

Biaya masuk wisata alam

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Ibun PelangiKredit foto: Google Maps AR91 Digital

Sama seperti tempat wisata lainnya, Anda harus membayar tiket masuk bagi Anda yang ingin menikmati pesona alam kawasan tersebut. Tiket masuknya sendiri sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang.

Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4. Waktu operasional tempat wisata ini dibuka pada pukul 06.00 dan tutup pada pukul 17.00.

Sebaiknya Anda memilih waktu di mana Anda bisa melihat pelangi muncul di area air terjun. Selain itu, pastikan Anda memilih waktu saat musim kemarau. Hal ini tentu saja akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Ibun Pelangi

kegiatan wisata Curug Ibun PelangiSumber Gambar: Google Maps Mang ib

1. Berburu foto

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Ibun Pelangi. Karena pemandangannya begitu indah dan mempesona, salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah hunting foto. Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu temukan dan tentunya sangat instagramable.

Pastinya kalian semua sudah tidak sabar menunggu momen munculnya pelangi di antara dua tebing besar. Itulah satu-satunya cara Anda dapat mengambil gambar yang begitu bagus. Dan tentunya hasil gambar yang didapat sangat berharga untuk disajikan di media sosial seperti Instagram, Facebook, dll.

Anda pasti tahu bahwa air terjun ini memang menjadi tempat favorit bagi sebagian orang untuk melakukan aktivitas foto prewedding. Tebing-tebing yang terlihat begitu megah dan eksotik menjadikan tempat ini banyak aktivitas. Selain itu, ada pelangi di tepi tebing.

2. Mainkan air

Anda juga bisa bermain air saat berada di sungai atau air terjun. Oleh karena itu, jika ingin pergi ke tempat wisata, pastikan sudah menyiapkan baju ganti. Airnya terasa sangat menyegarkan dan udaranya juga sangat sejuk. Sehingga Anda bisa merasa rileks saat berada di tempat ini.

3. Santai

Jika sudah puas berburu foto dan bermain air di air terjun, maka aktivitas selanjutnya adalah bersantai. Suasana alam yang begitu alami, berpadu dengan pemandangan alam yang begitu indah dipandang mata, pasti bisa membuat Anda langsung rileks. Anda bisa melupakan sejenak pekerjaan sehari-hari.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas wisata air terjun Ibun PelangiKredit foto: Guru Geografi Google Maps

Meski Curug Ibun Pelangi merupakan tempat wisata yang baru-baru ini populer di kalangan masyarakat, namun fasilitas yang disediakan di sana sudah memadai. Kompleks utama adalah motif foto yang sangat instagic. Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas pendukung lainnya di lokasi ini.

Fasilitas tersebut antara lain, tempat parkir mobil yang luas dan aman, toilet umum, dan warung makan. Di dalam kabinnya nanti kamu bisa memilih aneka menu yang begitu enak dan bisa membuat lidah bergoyang. Makan suguhan lezat sambil menikmati pemandangan air terjun hanyalah bagian dari itu.

Fasilitas Curug membuat wisatawan betah berlama-lama. Dengan cara ini tentunya Anda sebagai seorang turis dimudahkan jika ingin melakukan berbagai jenis aktivitas.

Itu tadi ulasan lengkap Air Terjun Ibun Pelangi yang wajib Anda ketahui. Air terjun ini merupakan destinasi wisata alam paling populer dan populer di kawasan Majalengka. Maka dari itu, Curug wajib Anda masukkan sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur di Majalengka.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button