Tempat Wisata

Tiket & Atraksi MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Januari 2023

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung: Rp 2.000 – Rp 10.000. Jam buka: 09.00 WIB – 15.00 WIB. Nomor telepon: 022-7213822. Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40122.

Museum Geologi Bandung didirikan pada 16 Mei 1928, bertepatan dengan peresmian IV Pacific Science. Bangunan museum direnovasi dan dibuka kembali pada tanggal 23 Agustus 2000. Saat itu, museum difungsikan sebagai gedung perkantoran dengan unit laboratorium geologi dan gudang koleksi hasil penelitian geologi.

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer dan banyak dikunjungi untuk study tour. Di dalamnya terdapat berbagai material geologi yang sangat berharga dan dilindungi oleh pemerintah.

Museum ini berisi segala sesuatu yang berkaitan dengan geologi dan juga koleksi hasil penelitian geologi. Salah satunya adalah fosil Tyrannosaurus Rex Osborn, tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia, dan artefak dari zaman purba.

Serta sejarah perkembangan makhluk hidup dari zaman prasejarah hingga zaman modern. Dan masih banyak lagi materi yang dapat mencerahkan pengunjung tentang bidang geologi.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Lengkap

Tiket masuk Museum Geologi Bandung

Biaya masuk Museum Geologi Bandung cukup terjangkau bagi pengunjung. Anda hanya perlu merogoh kocek beberapa ribu saja untuk mendapatkan banyak pengalaman baru di museum ini.

Tiket masuk Museum Geologi Bandung
Tiket masuk umum Rp3.000
Tiket masuk siswa/mahasiswa Rp 2.000
Tiket Masuk Turis Internasional Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Lalu Lintas Bandung

Persyaratan untuk mengunjungi Museum Geologi:

  • Menerapkan protokol kesehatan.
  • Reservasi dengan menghubungi 022-7213 822.
  • Pembayaran tiket tunai atau QRIS.

Jam Operasional Museum Geologi Bandung

jam buka
Selasa Rabu Kamis 09.00 – 15.00 WIB
Sabtu Minggu 09.00 – 14.00 WIB
Jumat & libur nasional TUTUP

Pengunjung dapat mengunjungi Museum Geologi Bandung pada hari Selasa hingga Kamis mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB. Museum tidak buka pada hari Jumat dan hari libur nasional. Jadi, pengunjung yang berencana berwisata ke sini perlu mengingat jadwal operasional museum.

Aktivitas dan wahana di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi BandungMuseum Geologi Bandung. Gambar:

Berbagai kegiatan di dalam museum yang dapat menambah pengetahuan antara lain:

wisata pendidikan

Seperti namanya, Museum Geologi Bandung merupakan tempat yang penuh dengan edukasi dengan harga yang cukup terjangkau. Di dalamnya pengunjung akan menemukan berbagai koleksi museum dengan informasi tentang setiap objek.

Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi tentang nilai sejarah kehidupan manusia dan lingkungan alam. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pengunjung khususnya siswa SD hingga SMA.

Museum ini menawarkan berbagai pengetahuan tentang geologi, seperti hipotesis pembentukan bumi. Selain itu, ada juga tata surya, formasi tektonik regional, fosil manusia purba, pemetaan sumber daya mineral dan sebagainya.

Di ruangan lain juga terdapat informasi jenis bencana geologi seperti tanah longsor atau letusan gunung berapi. Ada juga informasi penggunaan mineral dalam aktivitas sehari-hari.

malam di Museum

Aksi ini pertama kali dilakukan pada tahun 2015 dalam rangka Hari Pertambangan dan Energi. Acara Night at The Museum ini rutin dilakukan setiap bulannya, dengan jadwal diumumkan di media sosial Twitter @geomuzee.

Memasuki museum mengingatkan pengunjung pada film Night at the Museum karena awal perjalanan disambut dengan kerangka dinosaurus. Ini adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk merasa seperti mengunjungi museum di malam hari.

museum 3D

Terdapat sebuah ruangan di ujung barat bangunan museum yang dipenuhi gambar prasejarah 3D. Pengunjung bisa berfoto ria, yang hasilnya bisa langsung dicetak sebagai kenang-kenangan.

Wisata ini unik karena pengunjung merasa seperti hidup di zaman prasejarah. Tentunya para pengunjung akan terus diinformasikan agar mengetahui keberadaan yang ada pada masa tersebut.

Baca: Saung Angklung Udjo Bandung: Tiket Masuk, Atraksi dan Pertunjukan 2018

Wisata kuliner

Di area Food Bazaar dengan aneka jajanan, pengunjung bisa mencoba berbagai kuliner yang nikmat. Cemilan di sini tergolong jajanan setelah jelajah malam di museum.

Pengunjung yang ingin mencoba aneka jajanan dapat terlebih dahulu singgah di beberapa tenda yang berjejer. Makanan yang dibeli dapat dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Penggalian fosil

Museum Geologi Bandung menawarkan wahana penggali fosil untuk anak-anak dengan tujuan sebagai media pembelajaran. Bentuk arena penggalian berupa cekungan pasir yang berisi berbagai replika fosil.

Kemudian anak-anak belajar bagaimana merekonstruksi tulang sehingga menyerupai binatang. Selain menyenangkan untuk anak-anak, kegiatan ini tentunya sangat mendidik untuk pengetahuan mereka.

Taman batu

Wahana ini merupakan wahana belajar praktis bagi pengunjung yang ingin mempelajari ilmu kebumian. Materi-materi tersebut merupakan ilustrasi sederhana yang mengajarkan bagaimana batuan terbentuk.

Ada puluhan batu yang dikelompokkan menurut jenisnya dan berisi informasi tentang nama dan lokasinya. Misalnya marmer dari Sukabumi, batu sabak dari Banten, batu kapur dari Klaten dan sebagainya.

Melalui bongkahan batu tersebut, pengunjung bisa belajar lebih dalam tentang proses pembentukan batu dan melihat contohnya. Seperti batuan sedimen dan batuan metamorf yang terbentuk dari batuan beku yang mengalami proses pelapukan, pengendapan dan latifikasi.

Setiap jenis batu dikumpulkan dari seluruh wilayah Indonesia untuk dipajang di taman. Sekarang batu-batu itu sudah hampir hilang dari tempat asalnya karena banyak yang menjualnya ke luar negeri.

Lihat fosil dinosaurus

Di ruang utama, pengunjung pertama kali akan disambut oleh fosil gajah purba dan mammoth. Ada juga fosil T-Rex yang akan ditemui pengunjung di ruang peraga lantai 1. Tiap lantai memiliki tema yang berbeda, misalnya lantai 1 bertema geologi Indonesia dan lantai 2 bertema kehidupan manusia.

Selain menyuguhkan pengalaman edukasi, di sini juga memiliki sisi hiburan yang bisa dinikmati pengunjung.

Mengambil gambar

Pengunjung yang tidak ingin melewatkan pengalaman menarik di Museum Geologi Bandung tentunya akan tertarik untuk mengabadikannya dengan foto. Banyak sekali spot foto menarik yang bisa dijadikan background untuk berfoto.

Pengunjung bisa diabadikan di taman batu, museum 3D atau tempat menarik lainnya. Namun pengunjung harus tetap tenang saat mengambil foto agar tidak mengganggu pengunjung lainnya.

Fasilitas di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki fasilitas berupa auditorium untuk penyelenggaraan seminar, pemutaran film, ceramah dan lain-lain. Ada juga ruang pelatihan yang digunakan sebagai tempat diskusi dengan kapasitas 40 orang.

Selain itu, terdapat toko oleh-oleh yang menjual berbagai suvenir yang berhubungan dengan geologi, seperti buku, kaos, gantungan kunci, berbagai aksesoris, dan lainnya. Ada juga fasilitas lain seperti masjid, poliklinik dan toilet bagi pengunjung.

Transportasi umum menuju Museum Geologi Bandung

Ada dua jalur alternatif yang bisa dipilih pengunjung Museum Geologi Bandung, yaitu Pintu Selatan dan Pintu Utara. Untuk masuk melalui dua jalur tersebut, pengunjung dapat menggunakan angkutan hijau dan hitam nomor 05 jurusan Cicaheum-Ledeng. Kedua rute tersebut dilalui oleh angkutan umum 05 dengan rute Cicaheum-Ledeng.

Alamat dan Kontak Museum Geologi Bandung

Lokasi Museum Geologi Bandung berada di Jalan Diponegoro No. 57 Bandung Jawa Barat 40122. Kontak yang dapat dihubungi untuk keperluan tertentu di 022-7213822. Atau bisa email [email protected]. Pengunjung juga dapat mengikuti akun Twitter Museum Geologi Bandung di @geomuzee untuk informasi berbagai event menarik.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button